Serba Kodok di Swike Purwodadi cabang Green Ville

Setelah sekian lama, akhirnya aku kembali lagi makan di Rumah Makan Swike Purwodadi cabang Green Ville ini. Swike Purwodadi ini sudah terkenal sejak aku masih kecil dan tempat makan ini sudah menjadi favorit keluarga sejak puluhan tahun lalu. Mereka menjual masakan khas Semarang serba kodok yang cukup digemari banyak orang. Lokasinya ada di seberang kompleks perumahan Green Ville, awalnya hanya rumah makan biasa 1 lantai dan tanpa AC, namun pertengahan tahun 2012 lalu mereka sudah pindah ke lokasi yang baru, masih di jalan yang sama tapi kali ini berbentuk ruko 2 lantai dan ber-AC, berdampingan dengan mini market Indomaret. Tempatnya kecil tapi cukup bersih dan terang di dalamnya.

 Tampak Swike Purwodadi dari depan

 

Dulu makanan di sini hanya ada beberapa menu kodok saja, dan seiring pergantian tahun, mereka menyediakan banyak variasi masakan kodok yang unik seperti Kodok Penyet, Pepes Kodok, Kodok Goreng Mayonaise dan lain sebagainya. Cukup menarik memang, tapi aku tetap memesan menu kodok favoritku yaitu Kodok Goreng Tepung dan Kodok Goreng Mentega yang termasuk best seller menu dan selalu jadi favorit pengunjung (hampir setiap meja memesan kedua menu tersebut). Karena penasaran dengan menu baru mereka, aku pun mencoba salah satunya, yaitu Pepes Kodok. 

  • Nasi Putih, IDR 6K + Teh Hangat Tawar, IDR 2K 

Nasi Putih dan Teh Tawar Hangat

 

  • Kodok Swike Goreng Tepung, IDR 30K 
    Dalam 1 porsi ini isinya sekitar 6-8 potong kodok swike. Ukurannya lebih besar dibandingkan ukuran kodok biasa, makanya disebut kodok swike. Dagingnya cukup banyak dan lembut, sama sekali tidak berbau amis. Disajikan dengan bumbu kremes, gurih & crunchy! Bagi yang suka dengan kremes, kita bisa minta tambah lagi kremesnya (biasanya aku suka gadoin kremes dengan nasinya juga hehe.. 😀 ).


Kodok Swike Goreng Tepung

 

  • Kodok Swike Goreng Mentega, IDR 30K 
    Selain yang garing, aku juga suka dengan Kodok Goreng Mentega ini. Bumbu menteganya meresap sampai ke dalam daging kodok. Di atasnya ada taburan bawang bombay membuatnya harum, dan sebelum makan kasih perasan jeruk nipis yang disajikan, terasa lebih enak, harum jeruk dan segar. Aku selalu makan sampai bersih sampai tidak ada daging kodok yang tersisa, haha.. It’s so yummy! 


Kodok Swike Goreng Mentega

 

  • Pepes Kodok, IDR 12K
    Inovasi masakan kodok yang dilakukan oleh Swike Purwodadi ini betul-betul menarik. Daging kodok yang sudah dikupas tanpa tulang, dibungkus daun pisang seperti makanan pepes pada umumnya. Harum wangi dari pepes kodok ini langsung tercium begitu makanan disajikan di atas meja, aroma daun pisang yang dibakar dengan bawang putih dan bumbu pepes begitu enak. Porsinya kecil, rasanya sedikit pedas and it’s yummy! 

 

 

Pepes Kodok

 

Meskipun hanya rumah makan sederhana, tapi pelayan disini cukup cekatan untuk menerima pesanan. Dan tempat makan ini recommended sekali bagi teman-teman yang gemar makanan kodok, terutama bagi kalian yang kangen dengan masakan khas Semarang ini. It’s my fave place to eat frog legs, nothing else. Hope you’ll experience the same way like me, have a good one friends! 🙂  

Swike Purwodadi 
Jl. Mangga Raya No. 18 Green Ville – Duri Kepa Jakarta Barat
Phone : (021) 5694 2791
Price Range : Rp. 30.000,- – Rp. 50.000,-
 

 

 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.