Cooking Class Tempura Omurice with Ten Ten Restaurant

Aku super excited ketika mendapat undangan Cooking Class di restoran Ten Ten Plaza Indonesia bersama komunitas Food Blogger Indonesia. Restoran Ten Ten yang masih satu group dengan Boga Group ini sudah menjadi resto favorit aku sejak lama dan aku paling suka dengan Udang Tempura yang mereka sajikan. Lokasinya cukup strategis dan mudah untuk ditemukan karena berada tepat di depan escalator naik dan turun yang ada di area tengah Mal Plaza Indonesia.

Nuansa Dekorasi di Ten Ten

Pagi itu belum banyak peserta yang hadir, jadi aku menyempatkan diri untuk mengambil foto suasana di dalam resto Ten Ten dan berkenalan dengan beberapa peserta lainnya yang sudah hadir di sana. Dekorasi yang minimalis dengan nuansa netral didominasi warna coklat kayu muda ditambah lagi penerangan yang temaram membuat suasana makan di dalamnya terasa nyaman dan cozy. Banyak pajangan imut di lemari pajangan yang digunakan sebagai sekat ruangan resto. Sementara itu di dalam ruangan resto sudah terdapat 5 set meja makan lengkap dengan peralatan masak dan bahan-bahan yang akan digunakan. Semua peserta terbagi menjadi 5 grup dimana pada masing-masing group terdiri dari 5 peserta.

[slideshow_deploy id=’4370′]

 

Akhirnya acara pun dimulai ketika semua peserta cooking class sudah berkumpul dalam ruangan. Acara dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh Mbak Tika Hapsari yang mewakili komunitas Food Blogger Indonesia. Setelah itu, ada brand knowledge dari Mbak Rika Fardani, seorang Marketing Manager Resto Ten Ten yang kemudian dilanjutkan oleh Chef Dian yang memberikan sedikit intro pengenalan akan temperatur masak dan dilanjutkan dengan demo cara memasak Tempura yang baik. Adapun kedua menu yang diajarkan dalam acara cooking class ini adalah satu menu utama, Tempura Omurice dan satu menu dessert, yaitu Pannacotta. Seperti apakah demo yang dilakukan oleh Chef Dian? Teman-teman bisa melihatnya dalam slide show gambar di bawah ini… 🙂

[slideshow_deploy id=’4412′]

 

RECIPE : Tempura Omurice

A. Persiapan membuat Udang Tempura : 

1. Udang Jerbung yang besar, dicuci bersih, dikerat buang uratnya di badan bawah, lalu belah tengah badan udang tapi jangan sampai putus.

2. Pijat-pijat badan udang hingga badan udang lurus, namun hati-hati jangan sampai badan udang putus.

3. Lapis udang yang sudah lurus badannya dengan tepung Tempura Nissin yang kering.

4. Siapkan wadah mangkuk kecil, campurkan tepung Tempura Nissin yang kering dengan air dingin secukupnya. Atur supaya adonan ini tidak terlalu encer, dan jangan terlalu kental.

5. Setelah itu, celupkan udang tadi (3) ke dalam adonan tepung Tempura Nissin yang basah (4).

6. Siapkan wajan berisi minyak goreng secukupnya. Minyak goreng jangan terlalu banyak agar udang tidak tenggelam dan berubah bentuk nantinya.

7. Masukkan udang yang sudah dilapis adonan basah (5) ke dalam minyak yang sudah panas.

8. Goreng sampai udang menjadi matang dan lapisan tepung luarnya berwarna kuning coklat muda.

9. Lakukan langkah yang sama dari nomor (1) dan seterusnya untuk bahan-bahan alternatif lainnya, bisa menggunakan potongan Wortel, Buncis, dll.

B. Persiapan membuat Omurice (Butter Rice) : 

1. Panaskan minyak di wajan, tumis potongan wortel, bawang bombay, buncis dan jagung sampai agak layu.

2. Masukkan nasi putih + beri lada dan garam secukupnya. Aduk rata.

3. Masukkan butter 20 gr sesaat sebelum diangkat. Aduk rata.

4. Angkat dan sisihkan.

C. Persiapan membuat Demiglace Sauce :

1. Campurkan Demiglace Powder 27.5 gr dengan air panas 250 ml.

2. Aduk terus di atas api kecil sampai merata. Angkat dan sisihkan.

D. Persiapan membuat Tamagoyaki : 

1. Campurkan 2 butir telur dengan air sagu (2gr tepung sagu campur dengan air secukupnya), kocok rata.

2. Panaskan minyak di wajan, lalu tuang adonan telur (1) hingga merata ke seluruh permukaan wajan.

3. Bentuk seperti telur dadar, biarkan hingga matang. Angkat dan sisihkan.

4. Tata dan bentuk Butter Rice yang sudah jadi tadi (B) ke dalam Tamagoyaki ini (D).

5. Tuang sekitar Omurice dengan saus Demiglace yang sudah jadi (C).

6. Tata semua gorengan Tempura (A) di atas Omurice, beri hiasan dengan saus tomat atau variasi lainnya.

 

Setelah Chef Dian melakukan demo membuat Tempura Omurice, semua peserta berkesempatan untuk mencoba di grupnya masing-masing. Dalam waktu yang terbatas kurang lebih 20 menit, akhirnya grup aku berhasil membuat “I Heart You Tempura Omurice” yang kemudian terpilih menjadi Grup Juara dengan hasil masakan yang paling enak diantara grup lainnya, yeaaaay… 😀 Alasan pemilihan nama ini adalah karena aku sering mampir ke Ten Ten dan memang suka sekali dengan Udang Tempura yang mereka sajikan. Selain itu juga, penataan gorengan Tempura yang berbentuk Heart Shape cocok dengan judul yang kami ciptakan. Mau lihat hasil kreasiku? Yuk diintip langsung di slide show gambar di bawah ini.. :p

[slideshow_deploy id=’4418′]

 

Tanpa terasa, waktu sudah menunjukkan jam makan siang. Sambil menunggu makanan utama kami datang, Chef Dian memberikan demo cara membuat Pannacotta. Ternyata membuat Pannacotta itu begitu mudah, hanya dalam 5-10 menit bahan Pannacotta sudah siap. Hanya saja untuk proses pendinginan agar Pannacotta menjadi set membutuhkan waktu yang agak lama, oleh karena itu kami tidak dapat langsung melihat hasil Pannacotta dari demo tersebut.

Ten Ten sebagai penyelenggara acara Cooking Class ini pun bermurah hati dengan menyediakan aneka pilihan main course untuk setiap peserta. Adapun menu makan siang yang sudah aku pilih di awal acara cooking class, antara lain ada Tendon Seaweed dan Tenbara Donburi untuk suamiku. Untuk minuman, kami berdua hanya memesan Cold Ocha yang netral dan ringan rasanya. Sebelum main course datang, setiap meja mendapat menu appetizer berupa seporsi daging udang berlapis tepung panir yang disebut Ebi Yose, mirip seperti Ebi Katsu dan rasanya enak sekali karena lapisan tepungnya gurih dan ada saus coklat yang manis di atasnya seperti saus teriyaki.

Cold Ocha dan Ebi

Tenbara Donburi yang merupakan salah satu menu favorit di Ten Ten ini juga wajib untuk kalian coba. Seporsi nasi putih dengan banyak potongan daging ayam berlapis tempura yang crunchy dengan taburan wijen putih,  irisan nori dan saus berwarna kecoklatan tendon sauce yang manis rasanya, it’s so yummy! Must try! 

Tenbara Donburi

Ten Ten memiliki varian rasa Tendon (Tempura Donburi) baru yang bisa kamu pilih, ada Tendon Curry, Tendon Seaweed dan Kinoko Tendon. Aku mencoba Tendon Seaweed sebagai makan siangku waktu itu. Seporsi nasi putih dengan isi mixed tempura, ada sayuran tempura bentuk daun, ubi tempura, buncis tempura dan udang tempura yang dibumbui dengan seaweed powder. Tempuranya garing dan ukuran udang tempuranya besar. Agar tidak hambar, bisa juga kita beri siraman kecap asin khas Ten Ten atau beri chilli powder yang sudah disiapkan di masing-masing meja makan. Porsinya banyak sekali dan disajikan lengkap dengan kuah miso berisi potongan tahu, daun bawang dan nori di dalamnya. Simply love it!

Aneka Rasa Tendon di Ten Ten

Selain main course, aku juga mendapat dessert lezat dari Ten Ten, antara lain ada Cookies and Cheese Cup, dan Foret Noir Cup. Meskipun disebut sebagai Cheese cup, namun rasanya tidak terlalu cheesy, teksturnya sedikit creamy, lembut dan ketika dimakan rasanya lebih mirip vanilla. Di atasnya ada cookies crumble dan biskuit oreo sebagai toppingnya. Dessert satunya lagi, Foret Noir Cup juga recommend sekali untuk kalian coba. Teksturnya lembut, rasanya seperti Black Forest Cake dan Rhum-nya terasa. Love it very much! Must try! 

2 Macam Dessert di Ten Ten

I was really happy to be here at Ten Ten Cooking Class, I can meet a lot of new friends and specially to learn how to make a good Tempura. Thank you so much Ten Ten and Indonesian Food Blogger community for the invites. Here’s a memorable pic of our fun moments after the cooking class ends. It was nice to meet all of you, and I hope we can meet again some other times. Sayonara! :’)

Foto Bersama Semua Peserta Cooking Class Ten Ten

Ten-Ten Restaurant
Plaza Indonesia, Level Basement #16-#19, Jl. MH Thamrin Kav 28-30, Thamrin
Phone: 021-29923730
Price Range : Rp. 50.000 – Rp. 100.000
Free Wifi : Yes
Power Plug : None
Twitter : @tentenjakarta

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: