[NEW MENU] Gastro Alley PIK : Modern Gastronomy Food

Yeaay. aku sempat mencoba menu masakan yang dimasak dengan teknik modern gastronomy di Gastro Alley PIK (Pantai Indah Kapuk) awal Mei 2013 lalu. Restoran Gastro Alley sudah exist sejak July 2012 lalu dan lokasinya pun tidak susah untuk ditemukan, berderetan dengan restoran Ikkudo Ramen yang ada di PIK. Acara food tasting ini di-arrange oleh Ruby dari Wanderbites dan tentunya Ruby juga mengundang beberapa food blogger lainnya. Siang itu belum ada satu pun peserta yang datang, terus terang aku adalah orang pertama yang hadir di sana dan aku sempat mengira aku salah tempat haha.. Untung saja ada Chef sekaligus Owner yang sedang duduk di area teras resto, Chef Darmawan kemudian menyambut aku dan membenarkan adanya acara ini. Lega rasanya hati ini, maka aku pun langsung mengambil beberapa foto akan suasana restoran sambil menunggu peserta lain datang.

Tampak Depan Resto Gastro Alley

Meskipun kecil tempatnya tapi restoran Gastro Alley ini cukup layak untuk dikunjungi. Tempatnya bersih dan semuanya tertata rapi. Nuansa restoran ini banyak didominasi oleh warna coklat kayu. Di area depan terdapat meja bar dan beberapa sofa minimalis. Begitu masuk ke dalam, langsung terasa suasana yang homeycomfortable dan cozy dengan penerangan yang minimalis dan terdengar iringan musik easy listening seperti audiophiles, light jazz dan lainnya.

Suasana di dalam Gastro Alley

Adapun siang itu Chef Darmawan secara khusus memasak sendiri menu makanan yang akan disajikan untuk kami, dan beberapa di antaranya adalah menu-menu baru yang akan diluncurkan nanti. Makanan yang dicoba cukup banyak namun semuanya di share ber-8 dengan peserta lainnya. Mulai dari appetizer, ada Signature Salad dan Escargot, lalu main course yang tersedia ada Norwegian Salmon, Gastro Burger dan Artisan Sirloin, yang kemudian ditutup dengan dessert lezat, Truffle Chocolate Ganache dan Deconstructed Lemon Custard.

Appetizer : Signature Salad, IDR 39K 

Seporsi fresh salad yang disajikan dengan beberapa potong tomat kecil, telur puyuh dan edible sauce from black olives. Porsinya memang tidak terlalu banyak tapi rasanya enak dan semua sayurannya segar.

 Signature Salad

Appetizer : Escargot, IDR 53K

To be honest it was my first time to eat Escargot, and I really like it! Escargot adalah masakan yang berbahan dasar berupa daging bekicot. Mendengar kata bekicot awalnya terasa ngeri bagiku, tapi setelah mencobanya aku jadi ketagihan dan jatuh cinta dengan masakan ini. Porsinya lebih banyak dibandingkan penyajian di restoran western food lainnya, dan harum aroma bawang putih langsung tercium ketika makanan ini disajikan. Escargot ini juga diracik dengan herbs butter yang membuatnya terasa gurih dan kaya rasa. Must try! 

Escargot

Main Course : Norwegian Salmon (new menu)

Penyajian menu ini terlihat begitu menarik. Di bagian tengah piring ada kentang yang tekstur dan rasanya mirip seperti hash brown potato. Sedangkan di sisi kiri dan kanannya ada potongan ikan salmon yang dimasak dengan cara berbeda, yang satu di baked dan satu lagi di seared dan disajikan dengan mixed vegetables. Foam putih yang ada di atas ikan salmon juga menjadi bagian dari kreasi dan experiment dari Chef Darmawan. Sayangnya aku mendapat bagian daging ikan salmon baked yang sedikit over cooked, but overall the taste is good. Dimakan begitu saja sudah enak, tapi bagi yang ingin mencoba variasi lain bisa juga memakai lemon herb sauce yang disediakan.

Norwegian Salmon

Main Course : Gastro Burger, IDR 63K

Gastro Burger ini menjadi salah satu favorit menu pada acara food tasting siang itu. Porsinya cukup banyak, rotinya lembut, dan isi di dalam burgernya cukup banyak. Seperti yang teman-teman bisa lihat pada gambar, isi di dalam burger cukup komplit, ada lembaran keju, daging babi cincang yang sudah diolah dengan bumbu, pork bacon, potongan jamur dan beberapa jenis sayur seperti tomat, selada, dan lainnya. French fries yang menjadi pelengkapnya juga enak, ukuran kentangnya besar dan gurih. Alternatif lain, pengunjung bisa juga memesan Gastro Burger ini dengan isi daging sapi. Recommended!

Gastro Burger

Main Course : Artisan Sirloin (new menu) 

Here’s the top favorite main course on that day, Artisan Sirloin yang merupakan menu baru di Gastro Alley. Penyajian yang simple tapi unik dari makanan ini sudah mencuri hati perhatian aku siang itu. Seporsi daging steak sirloin yang dimasak dengan teknik khusus yang dimasukkan ke dalam vacuum bag dalam air panas dengan suhu tertentu oleh Chef Darmawan dan disajikan dengan beberapa macam sayuran serta Red Wine sauce sebagai pelengkapnya. Tingkat kematangan daging yang dipilih adalah medium. Tekstur daging sirloinnya betul-betul empuk, bukan hanya saat dipotong tapi ketika dimakan juga empuk sekali! Red wine saucenya enak terasa wine-nya, tapi aku pribadi lebih suka daging sirloinnya dimakan begitu saja karena rasanya sudah gurih dan enak sekali. Must try! 

Artisan Sirloin

Dessert : Truffle Chocolate Ganache (new menu)

Dessert ini merupakan signature dessert kreasi Chef Darmawan yang sempat memenangkan hati para juri pada kompetisi bulan lalu. Dark chocolate ball dengan taburan bubuk cabe di atasnya disajikan di atas wadah unik terbuat dari bebatuan alam asli. Rasa dari coklat ini secara keseluruhan enak sekali, not too sweet as it’s looks and I like it much when it comes without the chilli powder on it! White choco crumbs-nya juga enak, crunchy saat dimakan..

 Truffle Chocolate Ganache

Dessert : Deconstructed Lemon Custard (new menu)

Another signature dessert, here is the Deconstructed Lemon Custard. Don’t know why they named it as deconstructed but it tastes really good! Love the lemon taste and peanut crumbles around it. Di sekitarnya juga terdapat bubble putih yang ternyata berisi lemon sauce, agak asem tapi seru rasanya!

Deconstructed Lemon Custard

Drinks : Seaweed Mocktail, IDR 33K

Begitu mendengar judul minuman ini, aku mengira isi di dalam minumannya terbuat dari rumput laut. Tapi ternyata isi di dalamnya adalah serabut yang dibuat dari buah peach asli dengan campuran blue curacao, apple juice dan lemon juice. Looks good and the taste is too.. eventhough it’s too sweet for me, I still like it!

Seaweed

Drinks : Rose Shandy, IDR 40K 

Minuman ini juga recommended untuk dicoba. Dibuat dari campuran beer, soda dan rose syrup dengan buah cherry di dasar minuman. Rasanya segar sekali apalagi ketika diminum saat masih dalam keadaan dingin.

Rose Shandy

Usai bersantap, kami semua sempat sharing langsung dengan Chef Darmawan mengenai pendapat kami terhadap makanan yang sudah disajikan di atas. Aku pribadi merekomendasikan restoran ini bagi teman-teman funfoodiers yang ingin menikmati makanan enak dari teknik masak yang berbeda dibandingkan restoran pada umumnya, yaitu modernist gastronomy style. Restoran Gastro Alley juga menerima customize menu lho.. Bagi yang tertarik untuk memesan menu yang dicustomize personally oleh Chef Darmawan, bisa langsung menghubungi nomor ini 021.9355.1964

Last but not least, Thank you Chef for all the delicious food! And thanks Ruby for organizing it for us… Here’s the family pic with the chef, say cheese! 🙂

Foto Bersama Food Blogger lainnya

Gastro Alley Restaurant
Rukan Crown Golf Blok D/23, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk
Phone : 021-9355 1964
Price Range : Rp. 50.000,- – Rp. 100.000,-
Free Wifi : Yes
Twitter : @gastroalley

 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

2 Comments

  1. deconstructed dish is a style of dish that dismantle all the dish component into individual part rather than “construct” it into conventional style , here the cake are separated, into crumble, cake, topping/foam etc, and can be eaten separately or mixed

    Post a Reply
    • thank you mas Arie untuk info tambahannya, mantap banget nih! very helpful, makasiii ya sudah mampir.. ^^

      Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.