[EXCLUSIVE] Dinner Invitation with Chef Will Meyrick at E&O Jakarta

Early July 2013, I had a special dining invitation from E&O Jakarta, the newest venture by Chef Will Meyrick. E&O ini berlokasi di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Restoran E&O yang baru dibuka sejak 6 Maret 2013 lalu merupakan sebuah kolaborasi unik dari Chef Will Meyrick (yang sukses dengan kedua restorannya di Bali, yaitu Sarong dan Mama San) dengan pemilik restoran Loewy dan Union yang berada di Jakarta. Nama E&O sendiri merupakan kependekan dari kata Eastern dan Oriental yang mencerminkan aneka menu Asian dan Thai-Vietnamese cuisine yang menjadi andalan menu di restoran ini.

E-INVIT2-f

Saat tiba di lokasi, Raechel Temily, the pretty lady and the PR for Sarong Group ini langsung menyambut ramah dan menemani aku bincang-bincang tentang E&O Jakarta dan peran Chef Will Meyrick bagi restoran ini. Pada undangan spesial malam itu, Chef Will Meyrick bersama dengan partnernya, Chef Palm Amatawet, mempersiapkan beberapa hidangan khusus untuk kami semua, para tamu undangannya, yang langsung dimasak oleh mereka berdua. Raechel also explained that it is very rare to see both of them cooking in the same kitchen for just one table like that night. Awesome! So it was a rare opportunity, a special night and that makes us special, too. 🙂

Me and Raechel Temily, the PR of Sarong Group

Sambil berbincang-bincang dengan Raechel dan beberapa peserta undangan lainnya, aku pun menikmati suasana di dalam restoran E&O ini yang terasa begitu elegan, modern, hangat dan romantis dengan pencahayaan lilin kecil di masing-masing meja makannya. Di area depan terdapat meja bar dengan kursi-kursi tinggi yang siap menyambut para pengunjung yang ingin menikmati aneka cocktails dan wide range of Wine di E&O. Juga terdapat banyak meja panjang dengan gelas-gelas wine tertata rapi, ada area makan dengan sofa cantik minimalis, dan ada pula area non smoking yang menghadap ke sisi jendela restoran. Teman-teman funfoodiers bisa melihat keindahan suasana di dalam E&O ini melalui slide show gambar di bawah ini.. 🙂

[slideshow_deploy id=’5567′]

Sambil menunggu peserta lainnya datang, kami diberikan welcome drink berupa salah satu cocktails yang best seller di sana, yaitu Pineapple and Coriander Margarita ini. Alkoholnya tidak terlalu strong dan lebih cenderung seperti sedang minum jus nanas, I like it! 

Pineapple and Coriander Margarita

Disediakan pula beberapa macam Canapes yang hadir dalam ukuran mini dan cocok untuk dipasangkan dengan minuman cocktails tadi. Ada Crispy Pork Belly Canape, Salmon Betel Leaf Canape, dan Chicken Prawn Egg Net Canape. Semua canapes-nya enak! Aku tidak mencoba banyak canape karena saat itu acara dinner sudah akan dimulai dan aku segera menuju ke dining area yang sudah disiapkan.

Various Canapes at E&O Jakarta

Sebelum acara makan malam dimulai, Chef Will Meyrick pun keluar sebentar dari dapurnya, menghampiri meja kami dan memberikan kata sambutan. I must say that he is a very kind, talented and humble person.  I’m glad I can be part of this special evening with Chef Will Meyrick. Di meja sudah terdapat list menu makanan yang dimasak langsung oleh Chef Will dan Chef Palm untuk kami pada malam itu, semuanya terdiri dari 3 menu appetizer, 3 menu main course dan 2 menu dessert. Aku juga sempat mencicipi satu jenis White Wine yang mereka sediakan seperti pada gambar di bawah ini. Aku suka dengan white wine ini, rasanya fruity dan aromanya enak.

White Wine

Our Special Menu

Selection of Northern Thai Relishes with “Nam Prik Ong”, “Nam Prik Goong”, “Nam Prik Num” & Crispy Tempura Vegetables

Seporsi udang tempura lengkap dengan tempura sayuran disajikan dengan 3 macam dipping sauce khas Northern Thailand antara lain Nam Prik Ong yang dibuat dari daging ayam dicampur dengan tomat, Nam Prik Goong yang dibuat dari udang dan campuran air lemon, dan Nam Prik Num yang dibuat dari cabe hijau dicampur dengan terong, rasanya mirip seperti cabe terasi. Tempuranya gurih dan garing lapisan tepung luarnya. Sayuran tempuranya pun macam-macam, ada dari ubi, bayam, dan lainnya. Aku paling suka dengan dipping sauce Nam Prik Ong yang terasa sedikit pedas berisi banyak daging ayam cincang, dan Nam Prik Goong yang segar sausnya. Cara memakannya pun unik, tempura dibungkus dengan daun sayuran yang disediakan, beri dipping sauce yang disuka dan langsung dimakan seperti dalam hidangan Korea. It’s so yummy! Must try!

Selection of Northern Thai Relishes with "Nam Prik Ong", "Nam Prik Goong", "Nam Prik Num" & Crispy Tempura Vegetables

Southern Hot & Sour Soup of Fish with Tamarind Leaves, Turmeric, Chillies, Lime Leaves & Coriander

Appetizer kedua yang dimasak untuk kami adalah sup ikan kakap (snapper) yang dimasak dengan kuah pedas. Rasanya asem asem segar seperti tom yum soup, tapi yang ini kuahnya lebih pedas daripada biasanya. Meskipun terasa lebih pedas, tapi aku sangat menikmati rasa dari sup ini, betul-betul enak sekali. Must try! 

Southern Hot & Sour Soup of Fish with Tamarind Leaves, Turmeric, Chillies, Lime Leaves & Coriander

Grilled Beef Salad with Green Mango, Shallots, Peanut, Mint & Nahm Jim Jiaw

Appetizer berikutnya adalah seporsi salad dengan irisan daging sapi panggang, diberi banyak irisan mangga, daun mint, kacang-kacangan, bawang merah dan spicy sauce, disajikan lengkap dengan sayur lalapan. Slow cook method menghasilkan daging sapi yang empuk sekali. Kombinasi semua bumbu dalam salad ini enak sekali, terutama lagi rasa yang keluar dari kacang dan saus pedasnya yang tidak terlalu pedas, love it! Must try! 

Grilled Beef Salad with Green Mango, Shallots, Peanut, Mint & Nahm Jim Jiaw

“Choo Chee” of Crispy Barramundi with Chilli and Thai Basil

Memasuki menu makanan utama yang pertama, inilah daging ikan Barramundi yang digoreng garing dimasak dengan bumbu cabai dan thai basil yang memberikan aroma mint yang kuat dalam masakan ini. Bumbu pedasnya wangi dan terlihat sedikit berminyak, tapi enak sekali rasa bumbunya. Teksturnya agak kental dan ketika dimakan, rasa pedas semakin lama semakin terasa pedas. Daging ikannya pun garing dan renyah saat digigit. I love it very much! It’s so delicious! Must try! 

"Choo Chee" of Crispy Barramundi with Chilli and Thai Basil

Massaman Curry of Slow-Braised Lamb Shank with Cardamom, Shallots, Pumpkin & Tamarind

Main course kedua yang aku coba adalah Lamb Shank yang dimasak dengan metode slow cook juga seperti daging sapi pada menu salad di atas. Terus terang aku bukan penggemar masakan pedas, tapi aku suka sekali dengan bumbu curry dalam masakan ini. Meskipun bumbu currynya pedas sekali, tapi aku bisa menikmatinya karena rasa bumbu curry yang enak, ada rasa asam-asamnya, ditambah lagi daging sengkel kambing atau lamb shank ini juga empuk sekali. So far it is the best lamb shank I’ve ever taste. Must try!

Massaman Curry of Slow-Braised Lamb Shank with Cardamom, Shallots, Pumpkin & Tamarind

Twice-Cooked Beef Short Ribs with Sweet Fish Sauce, Cucumber & Nam Pla Prik

Masih dengan hidangan menu utama, kali ini ada Beef Short Ribs yang dimasak dua kali, diberi sweet fish sauce dan cabai dalam saus ikan (Nam Pla Prik). Daging beef short ribs ini empuk sekali dan terasa manis. Sebelum makan, bisa juga kita beri perasan jeruk lemon, rasanya jadi lebih enak dan segar ada aroma jeruknya. Dagingnya begitu harum karena dimasak dengan bubuk rempah-rempah, ada cinnamon, dan lainnya sehingga menghasilkan rasa daging ribs yang berbeda daripada restoran pada umumnya. It is one of my winning dish, too. Must try! 

Twice-Cooked Beef Short Ribs with Sweet Fish Sauce, Cucumber & Nam Pla Prik

Cocoa Ganache with Peanut Butter Palm Sugar Ice Cream & Honeycomb Crumble

Dessert lezat pertama adalah Cocoa Ganache dengan Peanut Butter Palm Sugar Ice Cream dan Honeycomb Crumble. Teksturnya lembut dan enak, didominasi oleh rasa kacang dan sedikit rasa coklat di dalamnya. Love it! Recommended! 

Cocoa Ganache with Peanut Butter Palm Sugar Ice Cream & Honeycomb Crumble

Durian Panna Cotta with White Sticky Rice

Dessert kedua yang disediakan untuk kami adalah Durian Panna Cotta yang disajikan dengan White Sticky Rice. Rasa Panna Cotta yang unik dibuat dari buah Durian murni, menghasilkan rasa dan aroma Durian yang kuat sekali. It is so soft! It is so smooth and smells good! I fall in love with this Panna Cotta since the first bite! Must try!

Durian Panna Cotta with White Sticky Rice

I also took some pictures with Chef Will Meyrick, Chef Palm Amatawet, Wati Meyrick (Will’s wife) and other food blogger that night. Thanks so much E&O Jakarta and Raechel for invited me. Thanks so much for this opportunity. I appreciate it! It was a great night, full of laugh, good friends, fabulous chef and excellent food! You can enjoy all the pictures from the slide show below.. 🙂

with Chef Will Meyrick and Chef Palm

[slideshow_deploy id=’5592′]

E&O Jakarta
Menara Rajawali 1st Floor, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan
Phone : (021)  2902.3418
Price Range : Above Rp. 50.000,-
Free WIFI : Yes
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.