[NEW] LIN Artisan Ice Cream

LIN Artisan Ice Cream yang berlokasi di Taman Kemang ini adalah sebuah tempat makan es krim yang menggunakan teknologi Liquid Nitro dalam pembuatannya. Outlet pertama ini baru dibuka pertengahan Juni 2013 lalu dan menjadi outlet es krim pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Liquid Nitrogen untuk menghasilkan es krim yang sangat lembut, padat dan lezat. Awalnya agak susah untuk menemukan tempat ini karena plank nama outlet mereka yang kurang terlihat jelas. Ternyata lokasinya persis di bawah Umbra dan di belakang restoran Tamani Cafe, Kemang. Tempatnya cukup luas dengan area makan yang terbagi 2, ada area indoor (non smoking area) dan outdoor (smoking area). Meskipun dekorasinya minimalis tapi penataan yang rapi dan tanaman hijau yang diletakkan di beberapa lokasi membuat suasana jadi terlihat asri dan nyaman.

Suasana LIN Ice Cream

Tidak jauh dari pintu masuk, langsung terlihat di sisi sebelah kiri terdapat open kitchen dimana pengunjung yang datang bisa melihat langsung proses pembuatan es krim yang dipesan dengan menggunakan teknik Liquid Nitrogen tersebut. Jangan heran jika kalian berkunjung ke sana, kalian juga akan menemukan satu kotak box rapi berisi pajangan aneka permen Papabubble karena ternyata, pemilik dari Papabubble Caramel Artisan Candy yang buka di Mal Grand Indonesia tahun lalu adalah satu pemilik yang sama dengan LIN Artisan Ice Cream ini, yaitu Mrs. Astrid.

Suasana LIN Ice Cream - Kemang

Setelah semua peserta undangan resmi dari LIN Artisan Ice Cream hadir lengkap, Mrs. Astrid mulai memberikan kata sambutan dan sedikit intro mengenai proses pembuatan, resep yang digunakan serta keunikan dari LIN Artisan Ice Cream itu sendiri. Umumnya pembuatan es krim konvensional yang menggunakan freon CFC (Mesin Es Krim) akan memakan waktu yang sangat lama. Namun melalui teknik pembekuan dengan menggunakan Nitrogen Cair seperti ini, proses pembuatan es krim hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Bahan-bahan yang digunakan pun semuanya fresh, tanpa pengawet, tanpa tambahan perasa, dan tanpa pewarna karena LIN Artisan Ice Cream membuat es krim langsung dari bahan baku segar dan resep asli langsung di depan konsumen sebelum disajikan. Mrs. Astrid juga menjelaskan bahwa teknik dan resep yang digunakan ini berasal dari Itali dan sudah diuji coba selama 4 generasi turun temurun. Penggunaan Nitrogen Cair seperti ini pun sudah banyak digunakan oleh para chef di luar negeri dalam proses kreasi kuliner mereka, sehingga LIN Artisan Ice Cream aman untuk dikonsumsi.

Opening Speech dari Mbak Astrid

Ice Coffee, IDR 28K 

Minuman Es Kopi ini disediakan lebih dulu untuk teman-teman food blogger yang tidak berpuasa. Es kopi ini layaknya es kopi pada umumnya dan mereka menggunakan Javabica Coffee.

Ice Coffee

Hot Espresso, IDR 32K 

Variasi lainnya adalah minuman Hot Espresso dengan foam putih bertuliskan LIN di atasnya.

Hot Coffee

French Fries (IDR 29K)

Prawn & Squid Balls (IDR 22K), Chicken Nugget (IDR 22K) & Fish Nugget (IDR 22K)

Selain minuman Kopi di atas, kami juga disuguhkan dengan aneka macam Snack atau Light Bites untuk berbuka puasa. Dari keempat macam snack ini, aku paling suka dengan Prawn & Squid Balls-nya karena tidak bau amis, rasanya enak, lembut dan kenyal saat digigit.

Light Bites

LIN Artisan Ice Cream menyediakan 2 jenis es krim yang berbeda, ada Gelato (dibuat dari campuran susu segar dan krim) dan Sorbet (campuran langsung dari bahan mentah). Inilah beberapa menu yang disediakan oleh Mrs. Astrid pada malam undangan tersebut.

Lemon Sorbet, IDR 36K 

Inilah proses pembuatan Lemon Sorbet yang diperlihatkan oleh Mrs. Astrid pada malam itu. Prosesnya begitu singkat dan mudah sekali, dalam sekejap kurang dari 5 menit, Lemon Sorbet ini sudah tersaji di depan mata. Harus diakui memang, kualitas es krim di sini berbeda daripada es krim pada umumnya. Lemon Sorbet yang dihasilkan lembut sekali, ada sedikit tekstur dari lemon zest dan rasa asem manisnya pas. It’s one of my favorite! But hurry up friends, you have to finish it fast because the ice cream melts easily.. Check out the video on this link : http://instagram.com/p/cTsSxir9zX/ and http://instagram.com/p/cTs7pnL90B/

Proses LIN 1

Lemon Sorbet

Affogatto, IDR 62K

Demo kedua yang diperlihatkan oleh Mrs. Astrid adalah pembuatan Affogatto. Perpaduan gelato Vanilla dari bahan alami Vanilla Stick, kemudian disiram dengan satu shot kopi Espresso dari Javabica Coffee ini juga enak sekali. Gelato Vanilla jadi cepat meleleh saat terkena siraman kopi hangat tersebut dan untuk menikmatinya kopi bisa diaduk dahulu dengan es krim yang sudah mencair sehingga teksturnya jadi agak kental dan rasanya menjadi unik ketika pahitnya kopi bercampur dengan manisnya Vanilla. Love it! See the video on this link : http://instagram.com/p/cTu3PhL91y/

Proses LIN 2

Affogatto

Smiley Baileys, IDR 69K

Bagi yang menyukai Es Krim versi ber-Alkohol, harus mencoba Smiley Baileys ini. Teksturnya begitu creamy, padat, lembut dan aroma serta rasa Baileys-nya enak sekali! Though it’s too sweet for me, it’s become my most favorite ice cream that night! Es Krim ini disajikan juga dengan waffle hangat dan lembut sebagai paduannya.

Proses LIN 3

Smiley Baileys

Merry Strawberry, IDR 39K

Warna merah menyala yang didapatkan dari buah Strawberry asli ini terlihat begitu menarik. Masih dengan tekstur yang sama, lembut dan padat, namun kali ini rasanya kemanisan menurutku. Hal ini mungkin saja terjadi karena kebetulan buah strawberry yang digunakan saat itu memang manis, tidak asem seperti biasanya sehingga hasil akhirnya menjadi lebih manis lagi.

Merry Strawberry

Meskipun pengunjung memesan menu es krim yang sama, rasa yang didapatkan akan berbeda karena manis dari buah yang digunakan akan berbeda setiap harinya tergantung buah yang didapatkan. Itulah mengapa LIN Ice Cream disebut sebagai Artisan Ice Cream. Perpaduan teknologi Liquid Nitrogen pada pembuatan es krim on the spot ini membuat LIN Artisan Ice Cream banyak dikunjungi dan digemari oleh banyak orang. Tertarik untuk mencoba? 🙂

Last but not least, thanks so much Mrs Astrid yang sudah mengundang aku dan beberapa teman food blogger lainnya ke dalam acara food tasting ini. Thanks for the goodie bag, too! 🙂

Family Pic with Mrs Astrid, the Owner

LIN Artisan Ice Cream
Jl. Taman Kemang 1 No. 6, Jakarta Selatan 
Phone : (021) 7179.4393
Price Range : Rp. 30.000,- – Rp. 50.000,- 
Operation Hours : 11 am-11pm
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: