Tjap Toean : Peranakan Chinese Malay Food

Awal Juli 2013 lalu aku mengunjungi satu restoran yang menyajikan makanan Peranakan bernama Tjap Toean yang berlokasi di FX Sudirman ini untuk dinner bersama mama dan hubby. Lokasi restoran ini agak tertutup dengan restoran lain, namun area makan di sini cukup luas dan terbagi menjadi 2 area, indoor maupun outdoor (smoking area). Dekorasi interiornya fusion peranakan, suasana makan terkesan vintage, unik dan serba tradisional ala chinese kuno jaman dulu. Terdapat banyak sangkar burung yang digantung, pajangan kaleng kerupuk, celengan kuno, meja kayu dan kursi kayu jaman dulu tertata rapi dan terlihat lukisan wanita cantik berkulit putih yang mengenakan pakaian Shanghai berkerah.

Suasana di Tjap Toean FX

Suasana Outdoor Tjap Toean FX

Makanan yang disajikan oleh Tjap Toean adalah aneka makanan Peranakan yang menarik untuk dicoba. Bukan cuma nama restoran saja yang menggunakan ejaan lama, namun penggunaan ejaan lama ini juga terlihat pada nama-nama yang ada di buku menu. Semua nama di buku menu unik dan lucu sekali, membuat siapapun yang membacanya akan tertawa terbahak-bahak. For example, Roti Ngai, Gue Kasih Tau Lu Ya, Mabok Kepayang, Haotche, Kukuruyuk, Lu Orang, dan masih banyak lagi nama menu unik lainnya yang membuatku geli tertawa. Bahkan buku menunya pun unik, hanya berupa selebaran koran kuno yang menarik. Inilah beberapa menu yang menjadi perhatianku dan akhirnya aku pesan karena menu-menu ini adalah menu favorit di Tjap Toean.

Teh Tarik, IDR 23.5K
Minuman khas Melayu (Malaysia dan Singapura) ini boleh juga rasanya. Perpaduan teh dan susu kental manis yang menyegarkan, cocok sekali untuk menemani menu makan malam yang dipilih. Proses pembuatannya pun unik, yaitu dengan cara menuangkan segelas teh dari satu gelas ke gelas lain dengan cara “menarik” agar bahan-bahan dalam minuman ini tercampur sempurna dan menghasilkan rasa yang lebih nikmat. Recommended! 

Teh Tarik

Nasi Babah, IDR 39.5K 
Nasi Babah yang berwarna biru keunguan ini rupanya sama dengan nasi lemak, atau jaman dulu disebut sebagai nasi uduk. Menurut informasi yang aku dapat dari seorang pelayan di sana, warna biru ini diambil dari bunga kelopak mata (kembang wangi), sehingga natural dan aman untuk dikonsumsi. Nasi yang rasanya gurih ini disajikan dengan ayam panggang, telur, kacang panjang, orek tempe, kerupuk dan sambal terasi.

Nasi Babah

Laksa Tjetun, IDR 38.5K
Laksa Tjetun dengan kata lain sama dengan Curry Laksa. Kuah karinya sedikit kental, gurih, terasa sedikit pedas dan porsinya pun banyak. Menu ini disajikan dengan telur 1/2 buah, bakso otak-otak ikan, dan banyak toge di dalamnya. It’s become one of my favorite menu! 

Laksa Tjetun

Ama, IDR 35.5K
Ama adalah sebutan untuk menu Roti Canai di Tjap Toean yang disajikan dengan kuah kari, potongan daging ayam dan kentang berukuran besar. Aku suka sekali dengan Ama ini, karena Roti Canainya enak dan bumbu karinya pas sekali perpaduan rasa gurih, manis dan asinnya; mirip seperti bumbu kari pada masakan India yang pernah aku makan di resto lain. Recommended! 

Ama

Pengalaman dinner malam itu cukup berkesan bagiku dan keluargaku. Aku berencana untuk kembali mengunjungi resto Tjap Toean ini dalam waktu dekat untuk mencoba beberapa menu best seller lainnya, karena banyak sekali makanan Peranakan unik dan menarik yang bisa dicoba di restoran ini. Tempatnya yang bersih dan nyaman serta pelayanan yang baik, layak sekali untuk teman-teman funfoodiers coba. Selain cabang FX Sudirman, restoran Tjap Toean juga bisa ditemukan di Pondok Indah Mall dan Citywalk Sudirman.

Tjap Toean
fX Lifestyle X’nter, Lt. 1, Unit 04, Jl. Jend. Sudirman No. 1, Sudirman
Phone : (021) 2555.4158 
Price Range : Rp. 30.000,- – Rp. 50.000,- 
Free WIFI : Yes
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.