[NEW] Weekend Live Cooking Demo at Tien Chao, Gran Melia Hotel

Restoran Tien Chao yang berlokasi di Gran Melia Hotel, Jakarta kini memiliki program baru yaitu “Weekend Live Cooking Demo” dimana setiap minggu siang, setiap pengunjung dapat melihat secara live proses pembuatan menu yang dipesan. Interior design pada restoran terlihat simple minimalis modern dengan banyak sentuhan Chinese artistic. Suasana makan di dalam restoran ini juga begitu tenang, nyaman sekali, area restoran begitu luas dan terlihat banyak meja makan bundar yang tertata rapi bersebelahan dengan jendela kaca sehingga tamu yang datang bisa menikmati makan siang sambil melihat pemandangan pohon dan kolam ikan yang berada di samping restoran. Bagi yang menginginkan privasi, tersedia pula 4 kamar private dining area yang disediakan di Tien Chao.

Suasana Restoran di Tien Chao

Tien Chao menawarkan aneka hidangan Sichuan dan Cantonese yang lezat karya Executive Chef, Chef Ken Choy. Pada Weekend Live Cooking Demo ini, semua bahan makanan untuk dimasak sudah tersedia, lengkap dengan various food sample atau contoh menu yang dipajang untuk memudahkan pengunjung saat memilih menu dari lembar pesanan yang sudah disediakan di masing-masing meja makan.

Aneka Pilihan Makanan di Tien Chao Weekend Live Cooking Demo

Sebagian menu a la carte akan dimasak oleh para Chef langsung di depan para tamu, sehingga tamu yang memesan makanan pun bisa bertanya langsung mengenai tips memasak atau bahan yang digunakan. Pengalaman makan sambil menambah ilmu memasak inilah yang ditawarkan oleh Tien Chao pada program Weekend Live Cooking Demo yang diadakan sejak bulan September 2013 hingga Desember 2013 dan available khusus setiap hari Minggu siang.

Weekend Live Cooking Demo at Tien Chao

Fresh Orange Juice

Segelas jus jeruk yang disajikan dingin dan dibuat fresh made dari buah orange ini terasa begitu segar. Cocok sekali untuk menemani hidangan santap siang hari itu.

Fresh Orange Juice

Dari 71 pilihan menu a la carte Weekend Live Cooking Demo, aku mencoba beberapa menu menarik dari masing-masing kategori, antara lain Appetizer, Steamed Dim Sum, Baked Dim Sum, Soup, Congee, From the Wok dan tentunya aneka Dessert yang tidak boleh dilewatkan.

Seared Cod Fish with Orange and Pomelo Dressing, IDR 68K++ per portion

Inilah menu pembuka (Appetizer) yang tidak boleh dilewatkan oleh teman-teman funfoodiers. Beberapa potong ikan fillet Gindara yang sudah berlapis tepung ditata cantik di atas buah jeruk dan diberi saus Pomelo dalam wadah jeruknya. Tekstur ikan begitu renyah, lembut dan saus pomelo yang dibuat dari perpaduan buah jeruk menghasilkan rasa yang enak sekali; rasa manis dipadu rasa asam dari jeruk dan sedikit pedas dari sausnya sungguh nikmat. Must try!

Seared Cod Fish with Orange and Pomelo Dressing

Soft Shell Crab with Steamed Bun, IDR 68K++ per portion

Appetizer kedua yang aku coba adalah Kepiting Soka ini yang disajikan dengan Bakpau. Kepiting Sokanya crunchy dan mudah rapuh sehingga mudah untuk digigit. Daging soka bisa diselipkan pada bagian tengah bakpau sebelum disantap dan enak sekali dinikmati dengan saus hoisin yang disediakan. Must try!

Soft Shell Crab with Steamed Bun

Tiger Prawn in Mango Cream Salad, IDR 33K++ per portion

Masih pada menu appetizer, kali ini aku mencicipi Udang Macan berukuran sedang, ditata pada gelas kecil dan disajikan dengan saus mayonaise bercampur krim mangga di dalamnya. Love it!

Tiger Prawn in Mango Cream Salad

Pecking Duck, IDR 98K++ (1/4 portion)

Pecking Duck dari bagian Appetizer menu ini bisa dipilih ukurannya, antara 1/4 porsi, 1/2 porsi atau utuh 1 ekor. Irisan daging bebek dengan saus hoisin disajikan dengan kulit bebek yang sudah dibungkus dengan kulit lumpia. Recommended!

Pecking Duck

Shrimp Ball with Mozarella Cheese & Scallop and Dragon Fruit Roll, @IDR 33K++ per portion

Inilah Bola Udang dengan isi potongan keju mozzarella dan Lumpia panjang berisi saus mayonaise dengan potongan udang dan buah naga di dalamnya. Masing-masing berisi 3 pcs dalam satu porsi. Keduanya enak, padat berisi udang, renyah dan enak dinikmati dengan saus sambal yang disediakan.

Shrimp Ball with Mozarella Cheese & Scallop and Dragon Fruit Roll

Sichuan Soup, IDR 38K++ per portion

Sup Sechuan yang khas dan biasanya selalu ada di Chinese Food Restaurant, memang selalu jadi favorit sup-ku. Sup Sechuan di Tien Chao ini terasa gurih namun cenderung pedas sekali. Meski demikian, aku suka dengan tekstur kuah yang tidak terlalu encer dan komposisi isi keseluruhan di dalamnya membuatku tidak berhenti menikmati sup ini. Recommended!

Sichuan Soup

Various Steamed Dim Sum, @IDR 22K++ per portion

Dari 12 macam pilihan menu Steamed Dim Sum, aku sempat mencoba 4 di antaranya, yaitu Crystal Shrimp Dumpling (biasa disebut Ha Kao, Tim Pangsit berisi udang), Shanghai Xiao Long Bao (Tim Pangsit ala Shanghai berisi Daging Ayam, padat daging ayam namun sayang kuahnya hanya sedikit, cenderung kering di dalamnya), Scallop Dumpling with Caviar (Tim Pangsit Remis dengan telur ikan “Caviar” di atas daging Scallop) dan Chicken Feet with Chilli and Black Pepper (Tim Kaki Ayam dengan bumbu cabai dan lada hitam, my all time favorite dimsum menu!).

Various Steamed Dim Sum

King Prawn with Cheese, IDR 138K++ per pcs 

Dari bagian Baked Dim Sum, teman-teman funfoodiers harus mencoba menu yang satu ini. Daging udang berukuran besar (King Prawn) disajikan dengan lapisan keju yang berlimpah di atasnya, lengkap dengan potongan buah naga, melon dan pepaya. Daging udang terasa juicy, manis dan gurih keju menjadikan udang ini kaya rasa. Must try!

King Prawn with Cheese

Sliced Beef in Spinach “Chang Fen”, IDR 28K++ per portion

Penggemar Cheong Fen atau Chang Fen juga harus mencoba menu ini. Lapisan kulit luarnya yang terbuat dari tepung beras ini cukup bagus, tekstur lembut dan tidak mudah sobek. Di dalamnya berisi padat sayuran bayam dengan daging sapi cincang, disajikan dengan kuah kecap light soy sauce yang khas. Alternatif lainnya, tersedia pula Cheong Fen Vegetarian, Cheong Fen Udang, dan Cheong Fen Chicken Charsiew (Ayam Panggang). Recommended!

Sliced Beef in Spinach "Chang Fen"

Wok Fried Australian Beef with Dragon Fruit, IDR 138K++ per portion

Dari menu “From the WOK” aku mencoba seporsi Daging Sapi Australia yang dimasak dengan bumbu Black Pepper dan disajikan di atas wadah buah naga. Presentasi yang cantik semakin menambah selera makan. Meskipun menurutku rasa bumbunya kurang gurih, tapi aku menyukai tekstur daging sapi ini yang empuk dan juicy. Recommended!

Wok Fried Australian Beef with Dragon Fruit

Wok Fried Rice with Diced Chicken & Salted Fish, IDR 68K++ per portion

Belum lengkap rasanya jika makan siang belum memakan nasi. Aku pun mencoba nasi goreng ini yang diberi banyak potongan daging ayam dan ikan asin kecil. Nasinya terlihat simple tapi rasa gurih dan asinnya enak untuk dinikmati. Porsinya memang tidak besar dan cukup untuk sharing 1-2 orang bila tidak ingin makan terlalu kenyang. Recommended!

Wok Fried Rice with Diced Chicken & Salted Fish

Various Desserts

Inilah beberapa aneka dessert yang tidak boleh dilewatkan, ada Mango Pudding (IDR 28K++), Gui Ling Kao (Cincau Hitam, IDR 28K++), Lemon Grass Gluten (Puding Sereh, IDR 28K++) dan Coconut Pudding (IDR 58K++). Semua dessert rasanya enak dan aku paling suka dengan Pudding Kelapa karena rasa kelapanya begitu terasa, banyak terdapat daging kelapa di dalam pudding dan diberi es krim vanilla juga, rasanya jadi manis segar kelapa bercampur vanilla.

Various Dessert at Tien Chao

Last but not least, thanks so much Tien Chao and Gran Melia Hotel for having me last Sunday. 🙂

 Teman-teman funfoodiers yang sudah penasaran dan ingin mencoba aneka masakan Chinese Food lezat di atas, bisa segera mengunjungi Tien Chao Restaurant di Gran Melia Hotel untuk menikmati Weekend Live Cooking Demo setiap hari Minggu, lunch time starts from 11 am until 14.30 pm.

Family Pic with others

 

Tien Chao Restaurant
Gran Melia Hotel, Lobby 2nd Floor, Jl. H.R. Rasuna Said Kav X-0 – Kuningan
Phone : (021)  526-8080
Operation Hours : Lunch starts from 11.30 – 14.30 & Dinner starts from 18.00 – 22.30
Price Range : Above Rp. 100.000,-
Maps Direction : http://goo.gl/maps/bERz3
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.