[Kuliner Bandung] Restoran Boemi Joglo

Makan apa di Bandung? Kuliner Part 2 : Makan Siang di Restoran Boemi Joglo, Bandung. Status : Mission accomplished.

Date visited : Sun, Sept 15, 2013.

Hari kedua di Bandung aku sudah menentukan tempat makan siang atas rekomendasi seorang teman food blogger, Mas Rian. Restoran Boemi Joglo yang sudah berdiri sejak lama ini memang sedikit susah untuk ditemukan karena jalanan menuju tempat ini curam, apalagi lokasinya berada di perbukitan Dago Pakar. Dari depan hanya terlihat area parkir yang sempit, namun ternyata area makan di dalamnya luas sekali. Konsep restoran yang berupa rumah Joglo ini terlihat unik, sesuai dengan nama restorannya. Di sana aku bisa menikmati udara yang sejuk sambil melihat kehijauan pepohonan dan pemandangan di sekitarnya meskipun matahari siang itu sedang teriknya.

Suasana di restoran Boemi Joglo 01

Untuk menuju tempat makan kita harus menuruni beberapa anak tangga dan ketika menelusuri ke dalam restoran, aku melihat beberapa area makan yang bisa dipilih oleh pengunjung. Ada area outdoor dengan gazebo dan pemandangan alam, ada area lesehan, dan ada pula area indoor dengan perabotan kuno khas Jawa yang menghiasi, seperti lampu gantung tradisional, lemari kayu, meja kayu, dan sebagainya.

Suasana di restoran Boemi Joglo 02

Restoran Boemi Joglo menyediakan aneka hidangan bercita rasa Jawa dan terkenal dengan menu Nasi Liwet serta Tempe Mendoan, karena itu langsung saja aku memesan kedua menu ini. Nasi Liwet yang disediakan ada 2 pilihan, bagi yang menyukai rasa asin bisa memilih Nasi Liwet Ikan Asin, dan bagi yang menyukai rasa manis bisa memilih Nasi Liwet Ayam Jamur seperti menu yang aku pesan di bawah ini.

Nasi Liwet Ayam Jamur for two persons, IDR 40K++

Nasi Liwet ini disajikan dalam wadah mangkuk keramik berisi komplit, ada potongan daging ayam dan jamur berlimpah dengan banyak daun singkong, potongan cabai merah dan cabai hijau di dalamnya. Porsi nasinya cukup banyak karena aku memesan Nasi Liwet untuk porsi berdua. Warna nasinya agak kuning, rasanya enak dan manis gurih. Nasi Liwet ini enak dimakan begitu saja atau bisa juga disantap bersama lauk lainnya, seperti Sate Maranggi dan Tempe Mendoan yang aku pesan siang itu. Recommended!

Nasi Liwet Ayam Jamur for two persons

Sate Sapi Maranggi Tanpa Lemak, IDR 26K++

Sate Sapi Maranggi ini wajib juga untuk teman-teman funfoodiers coba. 10 tusuk sate sapi tanpa lemak disajikan di atas wadah panas hotplate. Waktu disajikan tampak asap keluar bercampur aroma harum sate. Tekstur daging satenya bagus, empuk dan tidak berlemak. Aku lebih suka sate ini dimakan begitu saja karena rasanya sudah gurih asin enak sekali, karena saos kecap bercampur acar yang sudah disediakan itu rasanya tidak seperti kecap biasanya, terlalu manis menurutku. Must try!

Sate Sapi Maranggi Tanpa Lemak

Tempe Mendoa, IDR 8K++

Tempe Mendoan di Restoran Boemi Joglo juga terkenal enaknya. Memang tekstur tempe mendoan ini tidak garing seperti tempe lainnya, namun lapisan tepung luarnya yang lembut, tidak terlalu tebal dan rasa tempe yang empuk alot ini membuat siapapun yang mencobanya ketagihan. Enak sekali dimakan selagi masih hangat dengan saos kecap dan bumbu rawit yang disediakan di tengah piring. Mantap!

Tempe Mendoan

Hot Lemonade, IDR 8K++

Berhubung waktu itu aku belum pulih betul dari sakit radang tenggorokan yang menyiksa selama 2 minggu lebih, maka dari itu aku memesan minuman yang aman seperti jeruk lemon hangat ini. Minuman ini disajikan masih panas suam suam kuku sesuai permintaanku, enak sekali karena dibuat dari fresh lemon fruit dan terasa adem di tenggorokan yang gatal karena radang. Love it!

Hot Lemonade

Masih penasaran dengan menu lainnya di Restoran Boemi Joglo? Teman-teman bisa melihat daftar menu pada gambar di bawah ini. Lihat saja, harga makanan di sini sangat bersahabat, bukan? Pelayanan di sini termasuk cepat dan rasa makanannya juga enak, recommended sekali bagi yang ingin menjalani wisata kuliner di Bandung. Aku pun ingin segera kembali ke restoran ini dan mengajak anggota keluarga untuk santap siang bersama sambil menikmati semilir udara sejuk kota Bandung dan menikmati aneka hidangan khas Jawa yang disediakan Boemi Joglo. I’ll be back!

Menu Makanan di Boemi Joglo

Tips on How to get there? Arahkan kendaraanmu menuju area atas Dago. Lurus terus jalan Juanda, lalu ketika ada cabang 2 ambil jalur kanan yang mengarah ke Taman Hiburan Rakyat Juanda (THR Juanda). Lurus terus ikuti jalan mengikuti plank Hotel Marbella atau Dago Pakar Resort. Di depan plank Dago Pakar Resort, belok kiri tapi sebelum masuk gerbang perumahan Dago Pakar Resort ini, langsung saja belok kanan. Tidak jauh dari turunan ini, teman-teman bisa melihat plank nama restoran Boemi Joglo di sebelah kiri.

Restoran Boemi Joglo
Jl. Ranca Kendal Luhur No. 7 Lembang, Bandung
Phone : (022) 2501344 / (022) 91121679
Price Range : Rp. 30.000,- – Rp. 50.000,-
Free Wifi : Yes
Maps Direction : http://goo.gl/maps/UcJ6Y
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say “Hi”. Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

1 Comment

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: