[NEW COFFEE SHOP] Warung Tinggi Koffie d/h Tek Soen Hoo

Akhir January 2014 lalu, hadir satu Coffee Shop baru yaitu, Warung Tinggi Koffie d/h Tek Soen Hoo yang berlokasi di Mall Grand Indonesia lantai 5 area West Mall. Warung Tinggi Koffie merupakan warung kopi paling legendaris di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1878. Warung Kopi ini pun dikembangkan dari sebuah warung kopi tradisional menjadi sebuah Coffee Shop modern di bawah naungan manajemen OPCO Group yang telah sukses dengan beberapa brand restoran diantaranya yaitu restoran Yellow Fin, Portico, Domain, Stark Bierhaus dan banyak brand lainnya. Warung Tinggi Koffie ini memiliki area yang sangat luas, namun sayangnya, smoking area dengan non-smoking area tidak dipisah dengan penyekat khusus sehingga asap rokok masih bisa tercium hingga ke  non-smoking area. 

Koffie Warung Tinggi

Menurut sejarahnya, dahulu kala, setiap hari ada seorang perempuan dengan bakul di atas kepalanya yang mengirim biji kopi segar kepada pemilik mula-mula warung kopi ini. Hingga kemudian gambar perempuan penjaja kopi dengan bakul diatas kepala ini mulai digunakan sebagai logo resmi kopi dengan label Tek Soen Hoo. Namun, di tahun 1965, ketika penamaan dalam bahasa asing menemui kendala, sejak saat itu nama Tek Soen Hoo beralih menjadi Warung Tinggi sesuai dengan posisi toko mereka yang lebih tinggi dibanding dengan bangunan sekitarnya saat itu. Beragam kualitas kopi pun diproduksi dan diekspor ke mancanegara, seperti ke Jepang dan Amerika Serikat.

Ambience di Warung Koffie Tinggi

Selain sofa-sofa minimalis dan sofa kuno berukuran panjang, di sini juga terdapat area Coffee Bar dimana pengunjung bisa mengenal dan mencium aroma kopi yang berbeda dari beberapa jenis biji kopi yang disediakan oleh mereka sebelum memesan. Suasana tempo dulu pun tetap dibawa dan dipadukan dengan interior lainnya yang modern classic looks. Perabotan berupa kursi, meja, jendela, pintu dan rak-rak kopi yang kesemuanya hadir dengan elemen kayu membuat nuansa kuno semakin terasa. Tak ketinggalan juga, beberapa barang classic pun menghiasi coffee shop ini. Penerangan yang temaram kekuningan dan alunan easy listening music yang diputar membuat atmosfernya lebih cozy dan pengunjung betah berlama-lama di sana.

Coffee Bar at Warung Koffie Tinggi

Besides Coffee, Warung Tinggi Koffie also serves Indonesian-Dutch-Chinese influenced food with reasonable price. Di antaranya ada pannekoek dengan beberapa pilihan toppings, bitterballen, martabak, dan banyak lagi menu ringan lainnya.

Menu Snack Warung Koffie Tinggi

Koffie Peranakan, IDR 30K

Menurut seorang pelayan yang bertugas malam itu, Warung Tinggi Koffie terkenal dengan Koffie Peranakan yang aku pesan ini. Rupanya yang dimaksud adalah kopi tubruk ala jaman dahulu yang disajikan dengan sepotong kue cubit berukuran kecil. Minuman ini dibuat dari perpaduan kopi Robusta dan Arabika house blend yang diberi susu kental manis di dalamnya. Rasa kopinya memang enak sekali, kental, kaya rasa, pahit namun cenderung manis, mirip seperti kopinya orang Medan. Love it!

Kopi Peranakan

Snickers Mochaccino, IDR 38K

Varian kopi lainnya dari kategori Cold Coffee, inilah Snickers Mochaccino yang juga merupakan signature kopi mereka. Single espresso coffee, diblended bersama dengan Snickers chocolate bar, fresh milk dan ice cream vanilla. Bentuk penyajian minuman ini mirip seperti frappe coffee yang dijual oleh coffee shop lainnya, namun rasanya lebih unik, karena di dalam minuman ini terdapat serpihan biji kopi halus dari 1 sendok teh biji kopi house blend yang diblended saat pembuatan minuman. Rasa manisnya minuman seketika berubah menjadi pahitnya kopi ketika kamu menggigit serpihan biji kopi halus yang ada di dalamnya. I simply love it!

Snickers Mochaccino

Bitterballen, IDR 38K

Untuk cemilan pendamping minuman kopi di atas, aku memesan Bitterballen yang juga direkomendasikan oleh mereka. A simple dutch meatballs with a crispy coating on the outside. It’s simply delicious! Recommended!

Bitterballen

Overall, pengalaman bersantai sambil menikmati sajian kopi dan snack di Warung Tinggi Koffie ini cukup menyenangkan bagiku. Tempatnya begitu tenang dan nyaman, tidak seramai coffee shop lainnya. Belum lagi, harga minuman dan makanan yang disediakan semuanya begitu terjangkau. Tak lupa juga, tiap pengunjung dimanjakan dengan fasilitas FREE WIFI yang cukup kencang koneksinya. It’s a good place to enjoy coffee over conversations with friends. Nice ambience, friendly staff, good coffee and good food with affordable price.

Warung Tinggi Koffie d/h Tek Soen Hoo 
Mall Grand Indonesia, 5th Floor West Mall, Jl. M.H Thamrin, Jakarta Pusat
Phone : (021) 2358 0312
Price Range : Rp. 50.000,- – Rp. 100.000,-
Free Wifi : Yes
Power Plug : Yes
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.