[TAIWAN] 7 Hari Jalan ke Taiwan Tanpa Tour – Part 1: Sun Moon Lake

Bisa gak sih jalan Backpacking Travel Jalan Hemat ke Taiwan sendiri, tanpa ikut tour guide? Bisa banget! Di postingan ini, secara khusus aku akan share beberapa panduan jalan ke Taiwan serta itinerary perjalanan ketika aku pergi ke Taiwan sendiri (TANPA TOUR) pada tanggal 12-18 Agustus 2013 lalu. Terus terang saja ini adalah perjalananku yang pertama kali ke Taiwan, dengan modal bahasa Mandarin yang seadanya, perjalanan jadi semakin seru! Hahahaha… Meskipun tidak banyak yang bisa berbahasa inggris, aku menemukan banyak juga signage serta petunjuk jalan dengan bahasa Inggris. Dengan itinerary yang aku bagikan di sini, aku harap teman-teman funfoodiers jadi semakin mudah untuk travel tanpa tour ke Taiwan. :p

Tentunya, tanpa mengikuti tour, aku jadi lebih bebas menentukan perjalanan sendiri dengan budget yang lebih hemat! Memang tidak pernah dalam sejarah kita berdua jalan-jalan menggunakan Tour, karena kita lebih enak mengatur travel itinerary sendiri, juga waktunya pun bisa lebih flexible tidak perlu diburu-buru oleh petugas tour bila sedang ingin lama-lama berfoto pemandangan dan sebagainya.. Judulnya kan mau Jalan-jalan murah ke Taiwan.. Hehehe.. Mulai dari mengurus sendiri Visa Taiwan, mengunjungi danau terindah dan terluas di Sun Moon Lake Taiwan, bermain puas di Theme Park terbesar di Taiwan Formosan Aborigin Culture Village, menginap dan jajan street food di Ximending area, berendam air panas tanpa busana (Onshen) di Xinbeitou Taiwan, makan malam di Hello Kitty Cafe, jajan street food di Rao He Night Market, mengunjungi kebun binatang terbesar di kawasan Asia, yaitu Taipei Zoo, makan malam lezat ala fine dining restaurant di Barbie Cafe, makan siang di Toilet Cafe Taiwan, naik ke atas Taipei 101 sebuah tower tertinggi di Taiwan yang memiliki 101 lantai, dan jajan cemilan di salah satu Night Market paling terkenal di Taiwan, yaitu Shilin Night Market.

Semuanya benar-benar seru dan berkesan!! Karena itulah aku ingin mengabadikan semua pengalaman dan kenangan indah dari perjalanan ke Taiwan ke dalam diary online ini. Yeaaay! Sebagian besar tempat wisata yang aku kunjungi ini sudah ditulis dalam rangkuman travel blog milik suami, jadi teman-teman funfoodiers bisa langsung meluncur ke http://happytravelista.com dan sebagian lagi sudah ditulis dalam blog ini. Berhubung banyak destinasi wisata di Taiwan yang ingin aku ceritakan disini, maka postingan 7 Hari Jalan-Jalan ke Taiwan Sendiri akan terbagi menjadi 5 bagian. Happy Reading! 🙂

Flight Ticket: Garuda Airlines Return Jakarta – Taiwan – Jakarta around Rp. 2.500.000,-/person

Our Flight to Taiwan by Garuda Airlines - Myfunfoodiary

Mengurus Visa Taiwan sendiri ternyata mudah dan biayanya pun tidak semahal Visa ke negara Eropa. Silahkan cek link berikut ini untuk informasi lengkapnya : Applying Taiwan Visa

operational-hours

———————————————————————————————————————————————-

1 NT Dollars = RP. 340, – (conversion rate based on Aug 2013. For today’s rate, please click here)

Day 1 : 12 Agustus 2014

Tiba di Taoyuan Airport & Menginap di City Inn Hotel, Taichung

Pesawat Garuda Airlines yang aku tumpangi tiba sekitar jam 10 malam di Taoyuan International Airport, Taipei. Setelah mengurus bagasi dan segala macam, kami pun bergegas mencari Bus Malam FreeGo! 5503 untuk menuju kota Taichung. Tiket Bus ini bisa dibeli di area loket bus yang ada di Bandara, dan per orang dikenakan biaya NT$ 240.

FreeGo Night Bus to Taichung - Myfunfoodiary

Perjalanan menuju Taichung memakan waktu sekitar 2 1/2 jam dan setibanya di sana, kita bisa turun di Taichung Main Station. Dari posisi ini, kita cukup berjalan kaki sekitar 15 menit untuk menuju City Inn Hotel yang berada tepat di belakang stasiun bus ini. Pemesanan kamar hotel tentu sudah dilakukan jauh-jauh hari melalui reservasi online via Agoda.com sehingga harga kamar lebih murah dan terjamin tersedia saat kita tiba di lokasi.

City Inn Hotel – Room Type City Inn Double: USD$ 57.62 per night

Taichung City Inn Hotel - by Myfunfoodiary

Hotel berbintang 4 ini ternyata memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ada coffee and tea lounge dimana tamu hotel bisa mengambil kopi dan teh sepuasnya, ada working area dengan beberapa komputer tersedia dan ada akses wifi super kencang di setiap lantai. Dekorasi tembok setiap kamar di setiap lantai berbeda-beda lho, unik banget hotelnya!  Tapi sayangnya kamarku tidak mendapat bagian yang berdekorasi unik ini karena aku hanya memesan kamar tipe standard. Meskipun kamarku tidak terlalu besar, tapi semua tertata rapi, bersih sekali dan begitu nyaman. Staff hotel-nya juga sangat ramah terhadap tamu. Recommended! Info lengkap tentang hotel ini bisa lihat di link ini: City Inn Hotel Taichung Station Branch

My Room 307 City Inn Hotel Taichung Taiwan - by Myfunfoodiary

———————————————————————————————————————————————-

Day 2 : 13 Agustus 2014

Breakfast & Check Out from City Inn Hotel, Visit Sun Moon Lake Taiwan

Buffet Breakfast yang disediakan hotel ini sangat bervariatif, dan semuanya enak! Saat itu ada sedikit music entertainment dari seorang pria yang pandai bermain biola dan dia bernyanyi dengan suara merdunya untuk menemani para tamu yang sedang sarapan. He’s pretty cool meski hanya bercelana pendek dan memakai sendal jepit… 😀

Click Play Button to see the Short Video:

Sekitar jam 9 pagi, kami berdua keluar dari hotel sebentar untuk membeli Sim Card Mobile Phone di toko handphone terdekat (dari hotel belok kiri, lurus saja). Harga Sim Card yang paling murah adalah NT$500 dengan Top Up pulsa NT$ 100 agar bisa menggunakan paket data unlimited selama 5 hari.

Sebelum jam 12 siang, kami sudah siap check out dari Hotel dan bergegas menuju Sun Moon Lake. Sambil berjalan kaki dengan membawa koper dan lain-lain, kami menemukan banyak tempat makan di ruko-ruko yang aku lewati. Jadinya aku jajan sedikit untuk bekal perjalanan ke sana. Jajanan pertama di Fuxing Road, Taichung adalah Pork Kuotieh dan minuman Preso Tea. Inilah yang membuat aku langsung jatuh cinta dengan negara ini, Taiwan memiliki banyak jajanan, makanan dan minuman yang murah-murah, bahkan lebih murah daripada di Jakarta dan berkualitas tentunya. Seriously!

10 pcs Signature Pork Kuotieh = NT$ 40

Full Review click here: Pork Kuotie Taichung

Large Size House Special Milk Tea NT$ 35

Full Review click here: Presotea Taiwan

Jam 1.30pm: Menuju Sun Moon Lake by Yellow Cab – NT$ 700

Sebetulnya kita mau naik Bus tapi setelah dihitung-hitung, biayanya dengan naik taxi kurang lebih sama, dan bisa tiba lebih cepat karena kalau naik Bus rutenya harus mampir ke kota Puli dulu, akhirnya Taxi pun jadilah. Lagipula sopir-sopir yang ada di halte bus sepertinya agak tricky, jadinya aku memutuskan untuk naik Taxi Kuning saja dengan argo resmi. Berangkat dari halte bus sekitar jam 1.30pm dan tiba di TanXiang Resort, sebuah penginapan yang sudah aku booking online via Agoda.com di daerah Sun Moon Lake, Taiwan sekitar jam 2.30pm (lama perjalanan berarti hanya 1 jam, lebih cepat daripada menggunakan Bus).

Jam 2.30pm: Tiba di TanXiang Resort, Sun Moon Lake

Begitu tiba di Resort, ternyata kita belum bisa Check In karena kamar masih belum siap. Jadinya kita titip bagasi di receptionist dulu dan saat itu, si Pemilik Resort menawarkan apakah kita ingin membeli Boat Ticket via mereka karena lebih murah menurut mereka. Berhubung waktunya sangat singkat, tanpa pikir panjang aku langsung membeli Boat Ticket di resort ini seharga NT$100 per orang dan bergegas menuju pelabuhan agar tidak ketinggalan kapal. Boat ticket ini ternyata resmi dan memang lebih murah daripada kalau beli langsung di pelabuhannya. Oya, tampak depan tempat tinggal kita memang agak kurang meyakinkan (lihat gambar), tapi begitu masuk ke kamar ternyata besar sekali kamarnya, bersih, nyaman, free WIFI connection yang super kencang dan sudah dapat breakfast enak! Recommended to stay!

Tan Xiang Resort Sun Moon Lake Taiwan by Myfunfoodiary 01

Jam 3pm: Exploring the Beauty of Sun Moon Lake Water Land

Sun Moon Lake is the largest body of water in Taiwan as well as a tourist attraction, situated in Yuchi, Nantou. Divided by Lalu Island, the Sun Moon Lake scenic area got its name from the unique terrains that look like sun on one side and crescent moon on the other. Crowned as one of the Eight Wonders of Taiwan, Sun Moon Lake is also the most famous source of hydroelectric power; offering key tourist themes – “high mountain and lake”, “indigenous culture”, and ”nature ecology.”

Sun Moon Lake View by Myfunfoodiary

Read more about Sun Moon Lake on www.sunmoonlake.gov.tw/English/AboutSMLEng/about01en.htm

Sun Moon Lake ini areanya luas sekali dan banyak tempat atraksi menarik di sekitarnya, karena itu agar bisa eksplorasi semua, kita harus menyebrang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Bagi yang ingin membeli tiket kapal, bisa langsung ke Harbor Yacht ini dan perhatikan jadwal kapan kapal akan berangkat pada signboard neon yang ada di depan loketnya.

Sun Moon Lake Harbor Yacht Taiwan - by Myfunfoodiary

Dari Shueishe Harbour, kita naik kapal melewati Lalu Island dan tiba di Pier ke-2, Shuanguang 10 menit kemudian.

Click Play Button to see the Short Video:

Di Shuanguang ini, kita harus menanjak ke atas bukit agar bisa melihat view Sun Moon Lake yang indah secara keseluruhan. Di atas bukit juga ada sebuah Vihara, tidak heran banyak juga turis yang memasang dupa dan sebagainya di sana. Ternyata selain menyebrang dengan kapal, ada pula akses jalan raya untuk menuju tempat ini. Banyak turis yang bersepeda di atas bukit ini dan sebagian besar pengunjung lainnya menikmati pertunjukan musik lokal yang ada di sana.

Kegiatan di Shuanguang Pier Sun Moon Lake Taiwan - by Myfunfoodiary

Dari Shuanguang, kami pun lanjut menaiki kapal untuk pindah ke Pier ke-3 yaitu Ita Thao Pier. Nah, di lokasi ini banyak tempat jajanan yang seru untuk dicoba. Berhubung kelaparan dan belum makan siang, kami pun jajan Pork Satay seharga NT$ 100 for 3pcs dan sate babi hutan (wild boar pork satay – mirip seperti daging lapchiong, must try!) seharga NT$60 for 2pcs.

Pork Satay NT$ 100 for 3 pcs

Wild Boar Pork Satay NT$60 for 2pcs – Must Try!

Berhubung hari sudah semakin gelap, kami pun segera kembali ke Shueishe Harbour. Sebelum kembali ke Resort, kami juga sempat berfoto-foto dari atas bukit dan pulang berjalan kaki sambil berbelanja minuman dingin Lemon Drink Tea Fresh seharga NT$ 35. Bila kalian sempat berkunjung kesini, jangan lupa dicoba ya karena lemon mereka berbeda dengan yang Jakarta punya. Rasanya segar sekali dan manisnya pas!

Tips : Sebelum jam 6 sore sebaiknya sudah standby di Pier Ita Thao karena harus mengantri untuk masuk ke dalam kapal. Pengalaman kemarin karena orangnya banyak sekali, kami harus mengantri selama 20 menit lebih.

Antrian sebelum masuk Kapal di Sun Moon Lake Taiwan - by Myfunfoodiary

Lemon Drink Tea Fresh NT$ 35 – Must Try!

Jam 7pm: Kembali ke TanXiang Resort, Mandi & keluar lagi untuk cari makan malam

As I said before, kamarnya besar sekali meskipun harga sewa per malam cukup murah saat itu. Yah, memang bukan seperti ranjang di hotel berbintang, tapi aku cukup puas dengan ukuran ranjang yang besar (1 kamar bisa untuk tidur 4 orang), rapi, nyaman dan ada wifi connection yang super kencang (Ini penting banget untuk update-update status di sosial media, kan? Hahaha.. :D). Breakfast paginya juga enak lho!!

TanXiang Resort Hotel Sun Moon Lake – Room Type Family Room: USD$ 70.51

Setelah mandi, kami pun kembali berjalan kaki berkeliling area Sun Moon Lake. Karena tempat ini bukanlah pusat kota, jadi hampir semua tempat makan di sini tutup cepat sekitar jam 9 malam.

Late Night Snack at Sun Moon Lake Taiwan - by Myfunfoodiary

Dari sekian banyak tempat makan, akhirnya kami memutuskan untuk makan di salah satu tempat makan yang ada. Harganya murah sekali dibandingkan tempat makan lain, tapi untuk rasa makanan juga standard saja. Paling tidak, kami tetap harus makan agar bisa melanjutkan aktivitas esok hari.

Dinner: Nasi Kari NT$ 170 + Beef Noodle NT$ 105 + Wonton Soup NT$60 = total NT$ 335

Rasa karinya tidak seperti kari Jepang yang biasa aku makan, sedikit aneh rasanya di lidah. Beef Noodle-nya lumayan kuahnya seperti kuah bakut-teh, dan Wonton Soupnya keliatannya enak tapi isi daging di dalamnya tipis banget!

Yang menyenangkan setelah dinner, aku menemukan snack jamur goreng di depan pelabuhan, jadinya aku jajan lagi deh! Jamur gorengnya enak, ukuran besar-besar dan sudah dibumbui. Recommended!

Fried Mushroom NT$ 35

Click Play Button to see my Video on YouTube:

Di bagian ke 2 dibahas tentang serunya salah satu amusement park terbesar di Taiwan, berlokasi di Yuchi Township, Nantou Country, Taiwan dimana di dalam theme park ini juga terdapat the tallest free-tall ride sekaligus menjadi Taiwan’s largest European gardens. Aku juga share tempat menginap di daerah Ximending, Taiwan dan jajanan lezat di sekitarnya.

Khusus untuk jajanan di Ximending, teman-teman bisa membaca artikelnya di sini : Where to Eat in Ximending Night Market, Taiwan

Baca kelanjutan cerita ini: PART 2: 7 Hari Jalan-Jalan ke Taiwan Sendiri (Tanpa Tour)

Sun Moon Lake Taiwan

Bus Route From Taichung City, Ticket and Timetable: Click here

SUBSCRIBE NOW on Myfunfoodiary’s YouTube to see our Travel Tips Videos!

Click Here —> Backpacking Itinerary 2 Weeks in Japan Guide for your reference

Japan TIPS <— Click Here

I also have other posts related to my visit to Taiwan. Please do check them out for your travel reference.. 🙂

7 Hari Jalan ke Taiwan Sendiri (Tanpa Tour) – Part 2: Formosan Aborigin Village + Ximending Night Market

7 Hari Jalan ke Taiwan (Tanpa our) – Part 3: Xinbeitou Hot Spring + Hello Kitty Cafe + Rao He Night Market

Modern Toilet Cafe, Ximending, Taiwan

♥ ———- ♥ ———- ♥ ———- ♥———- ♥ ———- ♥ ———-
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^