[KULINER BANDUNG] Spot Kuliner Baru yang Happening di Sudirman Street

Pernah mendengar Sudirman Street? Nah, baru saja aku kembali dari short trip ke Bandung bersama keluarga, dan kami mampir ke satu spot kuliner terbaru bernama Sudirman Street yang kini menjadi tujuan kuliner Bandung yang mulai happening sejak tempat ini dibuka sekitar 2 bulan lalu (November 2015). Spot kuliner kekinian ini terletak persis di sebelah Martabak Intisari Capitol yang ada di jalan Sudirman, Bandung, dan konsepnya mirip seperti food court terbuka dimana ada satu manajemen yang mengelola semuanya.

Tampak Depan Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary Keramaian di Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary

Ketika tiba di lokasi kuliner baru di Bandung ini pada sabtu malam kemarin, area kuliner Sudirman Street sudah ramai sekali dipenuhi oleh pengunjung. Untung saja tempat duduk yang disediakan ada banyak sekali, namun sangat disayangkan karena semua area makan ini terbuka, pengunjung bebas untuk merokok dimana saja. Dengan rasa penasaran, kami pun masuk lebih dalam menelusuri area makanan yang berada di dalam kawasan Sudirman Street sampai menembus menuju ke jalan Cibadak yang berada di sisi jalan satunya lagi. Jadi, bila kalian sedang berada di jalan Cibadak, kalian pun bisa mampir untuk berwisata kuliner ke Sudirman Street; cukup parkir mobil di sekitar Wedang Ronde Alkateri saja.

Click PLAY Button on below short video about Sudirman Street from our YouTube Channel:

Tembusan Cibadak - Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary

Bila kalian masuk dari sisi jalan Cibadak, kalian akan langsung menemukan mural-mural cantik dan seru untuk berfoto-foto ria. Mural-mural ini pun segera mengingatkan kami akan mural-mural cantik yang berada di Hajilane, Singapore. Seru yah!

Tembusan ke jalan Cibadak Bandung by Myfunfoodiary

Dengan area makanan yang begitu luas, tak heran bila pilihan makanan yang disediakan di Sudirman Street sangat bervariasi, mulai dari jajanan kue pukis, bakso goreng, nasi campur, yamin, sate babi, martabak, aneka dessert dan lain sebagainya. Untuk area makanan yang lebih dekat ke jalan Cibadak biasanya sudah ada yang buka dari jam 10 pagi, atau dari jam 12 siang hingga malam hari karena banyak food stall makanan permanen di sisi ini. Sedangkan area makanan yang lebih dekat ke jalan Sudirman, kebanyakan berupa roda makanan dan biasanya buka sekitar jam 6 sore setelah kios toko tutup.

Mural Cantik di Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary

Tak jauh dari pintu masuk utama di jalan Sudirman, aku langsung tergoda dengan aroma Baso Goreng dari gerobak Baso Tahu Siomay 33. Baso goreng ini terbuat dari campuran adonan ikan dan ayam, teksturnya mirip seperti batagor, renyah, dan enak dimakan dengan saus sambal yang disediakan.

Baso Tahu Siomay 33 at Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary

Baso Goreng, IDR 5K per satuan

Selain itu, Sate Wibisana juga menjadi target selanjutnya! Aku mengetahui tempat ini berkat informasi dari teman foodieku yang tinggal di Bandung, thank you Melisa buat infonya! Aroma sate babi yang sedang dipanggang dengan arang ini sungguh menggoda dan tanpa berpikir panjang, kami langsung memesan 2 porsi Sate Babi Manis (IDR 65K per 10 tusuk), 1 porsi Bakut Sayur Asin (IDR 30K), dan 2 porsi nasi putih (IDR 6K each). Memang betul saja, daging sate babi begitu padat daging dan hanya ada satu lemak saja di bagian paling bawah tusuk satenya. Ukuran satenya juga lumayan besar dan tak lupa juga, Bakut Sayur Asin-nya juga enak sekali! Sayur asin di dalamnya cukup banyak dan potongan iga bakut yang diberikan lumayan banyak. Dalam sup bakut ini kemarin kita mendapat sekitar 4 tulang iga dengan daging yang lumayan tebal. Overall, kami sekeluarga puas banget deh makan di Sate Wibisana ini!

Sate Wibisana Bandung by Myfunfoodiary 01

Tampak Food Stall Sate Wibisana di Sudirman Street

Sate Babi Manis at Sate Wibisana Bandung by Myfunfoodiary

Sate Babi Manis – Sate Wibisana (IDR 65K per 10 tusuk)

Close up Sate Babi Manis at Sate Wibisana Bandung by Myfunfoodiary

Close up Sate Babi Wibisana

Bakut Sayur Asin at Sate Wibisana Bandung by Myfunfoodiary

Bakut Sayur Asin – Sate Wibisana (IDR 30K)

Bila kalian ingin makanan yang unik, bisa juga mampir ke El Paso yang berada persis di sebelah Sate Wibisana. Aku tak menyangka bahwa makanan yang kakak iparku hunting ini ternyata enak juga! El Paso menjual aneka ragam Log Cabin Sandwich dengan 2 roti yang dapat dipilih, antara Black atau Oregano Parmesan. Kakak iparku memesan 2 makanan favorit di sana yaitu Cubanos dan Bahn-Mi (IDR 30K each). Cubanos yang disajikan dalam roti Oregano Parmesan ini berisi pork bacon, babi panggang mojo, acar timun, jalapeno, keju amerika, lengkap dengan saus mayo mustard. Sedangkan Banh-Mi yang hadir dalam roti hitam ini berisi babi panggang ala Vietnam, ham asap (smoked ham), dan banyak sayuran seperti acar wortel, lobak, daun ketumbar, timun, dan dilengkapi dengan saus mayo. Tekstur rotinya lembut dan komposisi isi di dalamnya yang cukup banyak semua terasa lezat! Recommended!

El Paso Mexican Food at Sudirman Street by Myfunfoodiary

Food Stall El Paso – Log Cabin Sandwich at Sudirman Street

Cubanos at El Paso Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary

Cubanos Sandwich at El Paso Sudirman Street (IDR 30K)

Bahn Mi at El Paso Sudirman Street Bandung by Myfunfoodiary

Banh Mi Sandwich at El Paso Sudirman Street (IDR 30K)

Sebelum pulang, kami pun sempat membeli salah satu dessert yang lumayan ramai. Letaknya tak jauh dari seberang Sate Wibisana dan El Paso ini, yaitu Happy Time. Food Stall Happy Time ini menyediakan dua pilihan dessert utama, antara Coconut Bowl atau Melon Bowl. Karena Coconut Bowl lebih menarik, kami pun memilih Coconut Bowl. Dengan membayar Rp. 25.000,- saja kita sudah mendapat 1 pilihan es krim, dan 4 macam topping yang bebas dipilih. Namun untuk es krim Green Tea, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000,- saja. Topping yang kami pilih antara lain, mochi, peach pudding, lychee dan oreo. Es krim Green Tea dan semua kombinasinya sungguh enak, apalagi ada potongan daging kelapa juga di dalamnya. Dessert ini segera menjadi penutup manis acara kuliner kami bersama keluarga malam itu.

Green Tea in Coconut Bowl at Happy Time Dessert Bandung by Myfunfoodiary

Secara keseluruhan, kami senang sekali berada di tempat ini malam itu. Satu spot kuliner yang menyediakan hampir semuanya, letaknya juga strategis di pusat kota, dan adanya mural cantik untuk berfoto, menjadikan food court ini jadi happening di Bandung. Bila kalian hendak ke Bandung, jangan lupa mampir ke Sudirman Street ya!

SUBSCRIBE NOW on Myfunfoodiary’s YouTube to see our Travel Tips Videos!

Click Here —> Backpacking Itinerary 2 Weeks in Japan Guide for your reference

Japan TIPS <— Click Here

Sudirman Street
Jl Sudirman, Bandung
Opening hours: 10.00 am – 23.00 pm
Price: starts from Rp. 50.000,-
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through:

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

2 Comments

  1. Ajib memang bandung, jadi pingin coba baso goreng, harga terjangkau kalau di amati dari kata-kata tulisan di artikel ini, kayak sesuai ajib nyyyya dan enakkknya.

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.