[NEW POST] Lezatnya Ragam Seafood Makassar di Restoran Puang Oca

Ada banyak sekali restoran Seafood di Jakarta, dan aku selalu tergoda ketika mendengar kata ‘seafood’. Ya, siapa yang tidak? Penikmat seafood di Jakarta mungkin sudah mengenal Restoran Puang Oca yang berlokasi tepat bersebelahan dengan Hotel Mulia di kawasan Senayan, Jakarta Selatan ini. Restoran Puang Oca memiliki area parkiran yang sangat luas karena ternyata restoran ini juga menempati lokasi yang sama dengan Sekolah Menembak Perbakin (Lapangan Tembak Senayan). Bukan hanya parkiran, tapi area makan di dalam restoran pun sangat luas, terbagi antara smoking room, dan non-smoking room.

Logo Puang Oca by Myfunfoodiary r1 Tampak Depan Restoran Puang Oca Senayan by Myfunfoodiary r1 Suasana di dalam Restoran Puang Oca by Myfunfoodiary r1

Dekorasi minimalis modern di dalam restoran ini cukup mengundang dan adanya cahaya matahari yang masuk melalui jendela kaca restoran membuat suasana di dalam terasa hangat dan nyaman. Restoran Puang Oca yang pertama kali berdiri di Surabaya ini secara khusus menyajikan hidangan seafood dengan olahan bumbu khas Makassar. Bahkan, beberapa bahan dan ikannya sendiri didatangkan langsung dari Makassar. Memang tak heran, karena kota ini terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah dan beragam ikan unik seperti Kudu-kudu, Sukang, Titang, dan lainnya merupakan ikan khas perairan Makassar yang tidak dimiliki oleh perairan laut lainnya.

Tasty Seafood at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

 

Ada banyak pilihan seafood yang terlihat menggoda pada buku menunya, dan kami pun berkesempatan untuk mencoba beberapa menu andalan di Restoran Puang Oca. Menu yang direkomendasikan antara lain adalah Tahu Udang, Bandeng Palumara, Ikan Kudu-kudu, Udang Balado, dan yang tidak boleh ketinggalan yaitu Kepiting Asap Puang Oca. Berbeda dengan kepiting asap pada restoran seafood umumnya, di sini, bumbu kepiting tampak basah namun tetap kaya akan rempah-rempah tradisional, seperti sereh, daun jeruk, dan potongan cabai merah di dalamnya. Rasa bumbu yang begitu lezat meresap ke dalam daging kepiting, membuat kami semua ketagihan menikmatinya. Enak sekali ketika disantap bersama dengan nasi hangat!

Kepiting Asap at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Kepiting Asap Puang Oca

Ikan Kudu Kudu at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Ikan Kudu-kudu

Entah apakah kalian familiar dengan ikan yang satu ini, namun pastikan untuk mencoba Ikan Kudu-kudu ketika kamu berkunjung ke Restoran Puang Oca. Tak sekedar nama yang unik, karena ikan yang berbentuk menyerupai kotak ini juga terasa enak lho! Apalagi ketika penyajiannya digoreng garing seperti ini, bentuknya tampak seperti fish-bites sehingga mudah dimakan oleh dewasa maupun anak-anak. Meskipun daging ikan ini memiliki serat yang sedikit kasar, dan ada after taste sedikit pahit setelah dimakan, tekstur daging ikan tetap lembut dan enak sekali apalagi ketika daging ikan dicelupkan ke saus sambal khas Makassar yang disediakan. Sambal khas Makassar ini terdiri dari sambal tomat ijo, sambal cobek terasi, sambal petis dan sambal rica-rica yang harus dicampur terlebih dahulu untuk menghasilkan olahan rasa sambal pedas bercampur manis yang nikmat! Udang Balado yang diberi topping pete di atasnya juga tak boleh dilewatkan! Warna merah menyala dan bumbu balado yang menutupi udang ternyata sama sekali tidak pedas, malah terasa manis dan gurih!

Udang Balado at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Udang Balado

Special Sambal at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Aneka Sambal Special ala Puang Oca

Selain Ikan Kudu-kudu, kalian juga dapat menemukan Ikan Bandeng Palumara dan Ikan Sukang yang jarang ditemukan di restoran seafood lainnya. Ikan Bandeng Palumara yang juga merupakan masakan khas Makassar ini begitu harum menggoda. Daging ikannya sudah meresap dengan olahan rempah tradisional Indonesia, lengkap disajikan bersama kuah kuning yang terasa asem-asem segar sedikit pedas. Unik! Ikan Sukang pun tampil manis dengan baluran bumbu rica di atasnya, dan ternyata daging ikan sukang ini begitu padat, namun lembut, dan bumbu rica-nya tidak terlalu pedas!

Ikan Bandeng Kuning at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Ikan Bandeng Palumara

Kuah Ikan Bandeng Kuning at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Kuah Ikan Bandeng Palumara

Sayur Bunga Pepaya - Ikan Sukang Rica - Tahu Isi at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Bunga Pepaya – Ikan Sukang Rica – Tahu Udang

Tak hanya itu, ada juga Tahu Udang dan Tumis Bunga Pepaya yang menjadi pelengkap hidangan utama yang menjadi favorit kami. Bagi kalian yang belum pernah mencoba tumis Bunga Pepaya sebelumnya, janganlah kaget karena tumis Bunga Pepaya memang memiliki karakter pahit sama seperti daunnya. Banyak orang yang sangat menyukainya, namun sebagian besar orang pun juga tidak menyukai tumis sayur ini. So, it’s either you like it, or you hate it! Ha-ha.. 😀 Nah, salah satu dessert khas Makassar juga tidak boleh dilupakan! Kesegaran Es Palu Butung yang sebetulnya mirip dengan Es Pisang Ijo ini terasa gurih manis dimana terdapat beberapa potongan pisang kukus, susu, sirup dan santan di dalamnya. Untuk minuman, mereka juga memiliki beberapa minuman favorit seperti aneka pilihan jus segar (Healthy Juice), Barley Choco, dan Kopi Jendral 4 yang ternyata terbuat dari campuran telur ayam kampung dan beberapa bahan unik di dalamnya.

Dessert at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Es Palu Butung

Kopi Jendral dan Healthy Juices at Puang Oca Restaurant by Myfunfoodiary

Kopi Jendral 4 – Healthy Juice – Barley Choco

Overall, kami terkesan dengan kelezatan aneka sajian seafood yang disajikan oleh Restoran Puang Oca, terutama untuk hidangan Kepiting Asap Puang Oca-nya, juara!! Pelayanan yang ramah, suasana yang nyaman dan area parkir yang luas, memungkinkan restoran ini menjadi tempat bersantap seafood bersama keluarga besar, acara kantor, dan acara besar lainnya. Recommended!

SUBSCRIBE NOW on Myfunfoodiary’s YouTube to see our Travel Tips Videos!

Click Here —> Backpacking Itinerary 2 Weeks in Japan Guide for your reference

Japan TIPS <— Click Here

Restoran Puang Oca Jakarta
Komplek Lapangan Tembak Senayan
Jl. Gelora Senayan – Jakarta Pusat
Telp: 021-5785-3680
Opening hours: 10:00 – 22:00
——————————————————–
Add My SnapChat ID: Myfunfoodiary
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through:

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.