[NEW POST] NOW in SEASON Australia – Melbourne Market

Beberapa hari lalu, aku mendapat kesempatan untuk bergabung dalam acara Now in Season Australia – Melbourne Market #MelbourneMarketID yang secara khusus diadakan oleh Victoria Government di Australia. Pesona Victoria, salah satu negara bagian di Australia bukan hanya pada Melbourne sebagai destinasi wisata yang mendunia, tapi juga pada kekayaan hasil perkebunannya yang segar dan berkualitas. Acara Melbourne Market dan Exclusive Food Tasting ini sekaligus menjadi ajang perkenalan akan produk-produk buah segar berkualitas prima yang didatangkan dari Australia. Komisioner Pemerintah Victoria, Brett Stevens, yang turut hadir siang itu menjelaskan bahwa produk dari Australia ini sangat aman untuk dikonsumsi mengingat dekatnya jarak tempuh waktu pengiriman (shipping time) dari Melbourne – Australia, menuju Jakarta tidak terlalu lama bila dibandingkan dengan pengiriman dari negara-negara lain. Selain itu, kualitas tanah, air bersih yang berkualitas, peraturan makanan yang ketat termasuk inovasi dalam cara bercocok tanam yang dilakukan oleh para petani di Victoria State menghasilkan bahan pangan berkelas dunia. Itulah mengapa, kesegaran buah-buahan terbaik Australia masih dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai daerah dengan empat musim, buah-buahan yang tumbuh di Victoria tidak sama dengan buah-buahan yang tumbuh di Indonesia. Memasuki musim gugur dan musim panas, Buah PlumNectarine, BerryStonefruit adalah beberapa buah-buahan yang jarang ditemui di Indonesia tapi sedang berbuah di musim ini. Tidak hanya itu, tapi buah PeachTable GrapesPear, dan Apel Australia juga sedang populer di musim ini. Brett Stevens juga mengatakan bahwa dengan melihat demografi penduduk di Indonesia yang besar dan kebutuhan akan nutrisi yang tinggi, buah-buahan dari Australia ini bisa menjadi pelengkap bagi mereka yang mencari value lebih bagi kehidupan mereka. Entah apakah kalian menyadarinya juga atau tidak, tapi aku pribadi melihat adanya trend pola hidup sehat yang mulai menjadi perhatian masyarakat Indonesia sejak dua tahun terakhir ini. Konsultan NutrisiJansen Ongko, dan Chef Yuda Bustara pun turut serta berbagi ilmu akan pentingnya nutrisi alami yang dapat dihasilkan dari buah-buahan berkualitas prima pada acara talkshow tersebut.

Selain manis, buah-buahan segar Australia juga mengandung nutrisi dan vitamin untuk membuat orang Indonesia lebih sehat. Jansen Ongko menegaskan bahwa setiap orang seharusnya mengkonsumsi buah dengan warna yang berbeda-beda (merah, putih, hijau, kuning, dan ungu) dalam satu hari. Karena rupanya, setiap warna buah memiliki manfaat yang berbeda, seperti contohnya buah berwarna merah bagus untuk mencegah kanker, dan untuk menjaga sel tubuh. Bahkan Chef Yuda Bustara pun turut membenarkan bahwa buah yang secara alami, bila langsung dikonsumsi tanpa proses penggorengan, tentunya memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak. Tanpa berlama-lama bicara, Chef Yuda langsung mengajak peserta yang hadir ke area open kitchen untuk memperlihatkan demo masak bagaimana cara mengolah buah-buahan Australia segar dengan tepat dan menjadikan buah-buah ini sebagai hidangan yang nikmat bagi keluarga di rumah! Yuk intip resepnya di sini..

Recipe: Australian Nectarines & Plums with Soft Cheeses and Toasted Almonds

  • 1/2 almond
  • 2 sdm minyak almond atau extra-virgin oil
  • 4 ons keju kambing
  • 4 ons keju riccota
  • 2 iris/potong Australian nectarine, 1 Australian yellow plum yang sudah dibelah jadi 2
  • 16 biji buah-buahan beri Australia
  • 3 sdm madu

Cara membuat: 

  1. Panaskan almond & minyak di wajan dengan tingkat panas sedang, masukkan almond dan goreng hingga berwarna cokelat terang kira-kira 5 menit.
  2. Letakkan almond di atas piring hingga dingin untuk membuang minyaknya.
  3. Aduk kedua keju lalu tata di piring untuk disajikan, tambahkan keju di tengah piring dan hiasi dengan buah-buahan dan almond panggang.
  4. Tambahkan sedikit madu di atas keju dan sajikan.

Recipe: Australian Peach with Rocket Salad and Buffalo Mozzarella Salad

  • 3 Australian peach, potong-potong
  • 100 gram Australian table grapes
  • 3 cangkir daun roket
  • 2 buah buffalo mozzarella
  • ½ cangkir daun basil
  • 60 ml minyak zaitun extra-virgin
  • 2 sdm balsamic vinegar

Cara membuat:

  1. Olesi nectarine dengan olive oil lalu grill nectarine hingga kecoklatan dan sisihkan
  2. Campurkan rocket vegetables, mozzarella, anggur dan basil dalam mangkuk besar dan sisihkan.
  3. Kocok minyak dan cuka dalam mangkuk kecil dan bumbui dengan garam dan merica. Sajikan dengan salad.

Sayangnya konsumsi buah-buahan di Indonesia masih tergolong rendah. Data dari Departemen Kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia hanya 91 gram per hari, yang sama dengan 6 sendok makan, sementara rekomendasi dari WHO adalah 400 gram buah setiap harinya.

Nah, semoga kedua resep mengolah buah-buahan ala Chef Yuda Bustara di atas dapat menambah semangat dan concern teman-teman funfoodiers akan pentingnya nutrisi dan vitamin alami dari buah-buahan segar Australia ini bagi diri sendiri dan keluarga tentunya. Thank you for reading and don’t forget to subscribe!

Follow my SnapChat to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here:

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: