[KULINER SEMARANG] Nikmatnya Tahu Kopyok dan Gimbal Udang Tahu Pong Karangsaru

Penggemar Tahu Pong sudah pasti tidak boleh melewatkan salah satu tempat kuliner yang sudah melegenda di kota Semarang. Atas rekomendasi dari teman-teman di Instagram, kami pun langsung mengunjungi tempat makan ini karena lokasinya tidak jauh dari Warung Asem-asem Koh Liem dan Lekker PaimoSemarang sendiri dikenal sebagai kota penghasil tahu dengan kualitas terbaik, tak heran bila Tahu Pong juga menjadi makanan otentik di kota ini.

Selain Lumpia Gang Lombok, Tahu Pong Karangsaru juga sudah populer sejak tahun 1940. Area tempat makan di sana memang kecil, sederhana, dan tidak ber-AC, namun cukup ramai saat kami berkunjung saat itu. Disebut Tahu Pong karena tahu goreng ini memiliki bagian tengah yang kosong alias kopong (tidak ada isinya).

Pada umumnya, Tahu Pong versi komplit di Semarang disajikan dengan tahu emplek, telur, dan gimbal udang yang dilengkapi dengan siraman kuah berwarna hitam yang dicampur dengan petis udang. Namun di sana, aku hanya memesan 2 dari 3 menu special mereka, yaitu Tahu Kopyok (IDR 22K) dan

Gimbal Udang (IDR 15K/2 pcs) yang direkomendasikan oleh sang pemilik yang sempat kujumpai di sana. Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya pesanan kami pun diantarkan. Surprisingly, porsi Tahu Kopyok ini ternyata cukup banyak lho, disajikan dengan kuah berwarna hitam berbahan dasar gula jawa dan petis udang, disertai dengan acar lobak sebagai pendamping hidangan.

Untuk menikmatinya, kita dapat mencampurkan kuah yang terasa agak manis ini, dicampur dengan acar lobak bersamaan ke atas Tahu Kopyok. Hidangan ini memang sekilas terasa mirip seperti sedang makan Tahu Telor, tapi rupanya Tahu Kopyok ini terbuat dari satu porsi tahu pong yang dikocok dengan telur ayam, digoreng garing, dan diberi campuran ebi di dalamnya. Rasa kuahnya enak sekali, begitu khas, dan tidak terlalu manis. Tak heran bila kuahnya menjadi kunci kelezatan hidangan Tahu Karangsaru yang selalu dicari pengunjung. Gimbal udangnya juga enak banget, harus kalian coba! Overall, kami puas dengan menu Tahu Kopyok dan Gimbal Udang yang mereka sajikan. So, pastikan Tahu Pong Karangsaru juga ada dalam list wisata kuliner-mu saat mengunjungi kota Semarang. Ada makanan enak apalagi ya di Semarang? Stay tuned for my recommendation in my upcoming post, thank you for reading and don’t forget to share it with your friends.

Follow my SnapChat to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Tahu Pong Karangsaru

Jalan Pringgading Raya 11D, Semarang 

Phone: 0851 0134 7317 

Operating Hours: 11:00 – 21:30 (tutup setiap hari Selasa)

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

2 Comments

  1. Kuliner di kota Semarang ngangeni..tahu pong karangsaru salah satu yg favorit. Meski tidak bisa disebut murah meriah tapi rasanya mantab!

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.