[NEW SPOT] Padang Merdeka Resto dengan Nuansa Perjuangan

MERDEKA!! Mungkin itulah sorakan kebahagiaan para pemilik restoran Padang Merdeka yang baru saja melakukan prosesi pembukaan pada hari Jumat, 30 Maret 2017 kemarin. Berlokasi di Jalan Lada no. 1, kawasan Taman Sari (Jakarta Barat), Restoran Padang Merdeka ini kini resmi dibuka untuk umum, namun restoran ini sedikit tersembunyi tempatnya. Meski demikian, bila kalian familiar dengan kawasan bersejarah Kota Tua, pasti tidak sulit untuk menemukannya karena lokasi restoran ini cukup dekat dengan Museum Fatahillah, persis di seberang gedung Bank BNI. Adapun acara gunting pita yang dilakukan oleh pemilik restoran yang diikuti dengan tarian tradisional Minang, dan kata sambutan dari owner restoran yang didampingi dengan tim design interior, dan brand concept, menjadi satu rangkaian acara dalam pembukaan restoran Padang Merdeka sore itu.

Sesuai dengan namanya, restoran Padang Merdeka tak sekedar menawarkan masakan Padang bercita rasa Indonesia, namun juga sarat dengan tema perjuangan. Hal ini langsung terlihat saat Gunungan Wayang nan cantik menyambut aku di lorong pintu masuk restoran. Tak hanya itu, design interior di dalam restoran Padang Merdeka juga sangat kental dengan nuansa budaya Indonesia untuk mengingatkan kembali akan perjuangan dan kebudayaan Indonesia. Di sini, kita juga dapat menemukan pattern batik Toraja yang menghiasi pilar-pilar gedung, langit-langit bercorak peta Indonesia, dan beberapa spot foto yang Instagramable seperti mural tokoh pahlawan bangsa, dan tulisan Bhinneka Tunggal Ika, yang merupakan semboyan Indonesia. Interesting! 

Cara penyajian makanan dimana pelayan menumpuk lauk di lengan kiri, dan menggunakan tangan kanan untuk menyajikan dalam satu waktu, menjadi sebuah atraksi tersendiri di restoran Padang Merdeka, karena tradisi ini masih dapat dinikmati meskipun suasana restoran dibuat modern! Memang, masakan Padang yang didominasi oleh rasa pedas dan berbumbu, sangat terkenal di tanah air kita.

Di antara semua lauk yang tersedia di restoran Padang Merdeka, aku sempat mencoba beberapa diantaranya seperti Dendeng Balado, Sate Padang, Gulai Kikil, Ayam Pop, Ayam Bakar, Perkedel, Rendang, dan Soto Padang. Satu per satu hidangan mereka terasa menggoyang lidah, karena masakannya kaya rempah, dan tanpa disadari membuat aku tenggelam dalam kelezatan rasa bumbunya.

Menurut pendapatku, diantara semuanya, menu yang juara dan harus kalian coba di restoran Padang Merdeka adalah menu Ayam Pop yang dimasak langsung oleh chef yang berasal dari Padang! Meskipun terlihat pucat, ayam tanpa kulit ini terasa spesial; dagingnya empuk, dan bumbu terasa meresap ke dalam daging! Lebih baik dinikmati saat Ayam Pop masih dalam keadaan panas! Another favorite was the Fried Chicken! Sekilas terlihat serupa dengan ayam goreng pada umumnya, namun daging ayam goreng di sini terasa berbeda. Proses memasak yang tepat, dan racikan bumbu saat merebus sebelum ayam digoreng, serta daging ayam kampung muda yang digunakan, membuat ayam goreng ini terasa begitu renyah, dan bikin ketagihan!

Daging Rendang sapinya pun berukuran besar, tidak terlalu pedas, dan cukup empuk. Menu Gulai Kikil dari kaki daging sapi juga terasa lembut dan kenyal, didukung dengan kuah gulai yang gurih nan sedap, nyaris membuat aku lupa diri ingin menghabiskan 1 bagian utuh kikilnya. Oh no! Sate Padang yang disajikan dengan saus kuning, ternyata tidak pedas sama sekali. For my preference, alangkah baiknya bila sate padang-nya hanya menggunakan bagian daging sapi saja, dan tidak menggunakan jerohan atau bagian lidah sapi.

Bila kalian ingin makanan yang berkuah, jangan lupa untuk mencoba Soto Padang di restoran Padang Merdeka. Di sini, mereka menyajikan Soto Padang dengan paru kering, bihun, dan potongan perkedel kentang. Oh my gosh, it was really good! Aku menyukai kuah soto-nya yang begitu gurih, namun aku prefer bila isinya adalah daging sapi kering sebagaimana Soto Padang pada umumnya. Overall, aneka masakan Padang di restoran Padang Merdeka semuanya terasa nikmat, bumbunya pas, dan berkesan di hati. Pelayanan ramah, dan cepat, serta area makan luas dengan kapasitas 140 pax ini cocok untuk dijadikan tempat makan bersama keluarga, rekan kerja, atau gathering bersama teman-teman. Harga makanan yang ditawarkan mulai dari Rp. 18.000,-. Recommended!

Follow my SnapChat or Insta Stories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Padang Merdeka

Jalan Lada No. 1, Taman Sari, Pinangsia, Jakarta Barat

Operating Hour: everyday from 09:30 pagi – 12:00 malam

Price Range: starts from IDR 18K

Instagram

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.