[NEW] Pantjoran Tea House Cafe Kekinian di Old Chinatown, Kota

Yay! Tak disangka ternyata ada cafe seru nan unik di kawasan Glodok – Pecinan (Kota), Jakarta Barat. Tepat hari minggu lalu, aku mengunjungi Pantjoran Tea House yang menempati sebuah gedung tua yang telah berdiri sejak 380 tahun silam (1635) dan sebelumnya adalah sebuah toko obat tertua di Jakarta (d/h Batavia) yang didirikan sekitar tahun 1928. Tak hanya sejarahnya yang menarik, namun gedung yang dahulu dikenal sebagai Apotheek Chung Hwa ini, merupakan salah satu bagian dari warisan budaya dunia oleh UNESCO, dan setelah direvitalisasi pada tahun 2015 oleh arsitek Ahmad Djuhara, kini beralih fungsi menjadi sebuah kedai teh cantik dengan nama Pantjoran Tea House. It’s really interesting!

Tidak sulit untuk menemukan Pantjoran Tea House karena bangunan ini terletak persis di seberang gedung Glodok City Plaza yang ada di kawasan Chinatown, Kota. Ketika memasuki bangunan ini, arsitektur Tiongkok masih tetap terlihat, dan rumah teh yang terdiri dari 2 lantai ini dihiasi dengan dekorasi minimalis layaknya resto kekinian lainnya yang berada di Jakarta. Suasana yang dibuat senyaman mungkin ini seketika membuat kami merasa betah

berada di sana. Hari pun semakin sore, dan sebetulnya perut kami sudah terisi penuh dengan cemilan-cemilan hasil berkuliner ria di kawasan Chinatown, Glodok. Ha-ha.. Apa daya, pilihan menu yang ditawarkan oleh Pantjoran Tea House semuanya terlihat menggiurkan, dan karena penasaran, kami pun memesan beberapa menu light bites yang ringan dan tidak terlalu mengenyangkan.

Sebagai rumah teh, Pantjoran Tea House menyediakan berbagai pilihan jenis teh, mulai dari Chinese tea, Japanese tea, English tea, dan premium Indonesian tea. Tentu saja, aku memesan teh mereka, dan memilih Genmaicha Tea (IDR 30K), yaitu teh khas Jepang dengan warna khas kuning muda, rasa yang ringan, dan memiliki gabungan dari rasa segar teh hijau dan aroma nasi bakar. Dan untuk makanan, aku memesan beberapa dimsum, diantaranya ada Hakao Udang (Prawn Crystal Dumpling, IDR 28K), Siomay Ayam Kepiting (IDR 28K), dan Lumpia Bola Isi Seafood (Fried Spring Ball with Seafood, IDR 28K), serta Tahu Lada Garam (Fried Beancurd with spices, IDR 25K).

Surprisingly, dimsum yang aku pesan ini enak-enak semuanya, lho! Selain kami berdua, kakak ipar dan keponakanku juga tidak dapat berhenti menikmati Tahu Lada Garam yang renyah di bagian luar, dengan bumbu lada garam yang membuat kami ketagihan. Berbeda dengan lumpia bola di restoran lainnya, di sini, Lumpia Bola Seafood mereka isi dengan olahan daging seafood yang cukup padat berisi dengan lapisan kulit luar yang crispy. Bahkan, Hakao Udang dan Siomay-nya pun padat berisi, enak sekali saat ditemani dengan teh hangat dan dinikmati sore hari bersama keluarga. Overall, kami suka dengan dimsum di Pantjoran Tea House, dan ingin kembali lagi ke tea house ini suatu hari nanti bersama keluarga.

Follow my SnapChat or InstaStories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Pantjoran Tea House

Jalan Pancoran No. 6, Jakarta Barat

Opening Hour: 10am – 9pm

Price: starts from IDR 30K

Phone: 021.690.5904

Instagram

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.