[NEW] Pemenang Blue Band Master Oleh-Oleh 2017

Hari yang dinanti-nantikan oleh 5400 peserta Blue Band Master Oleh-Oleh 2017 pun tiba, siapakah 3 Pemenang Nasional dari ajang kompetisi ini? Tepat pada hari Kamis lalu, tanggal 14 Desember 2017, kami menghadiri konferensi pers Blue Band Master Oleh-Oleh 2017 yang diadakan di Restoran Harum Manis, Jakarta Pusat. Setelah suksesnya kompetisi ini di tahun 2016 dengan jumlah peserta sekitar 3700 (Baca: Pemenang Blue Band Master Oleh-Oleh 2016), kali ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh 2017, dan jumlah peserta yang ikut serta kali ini jauh lebih banyak! Dengan melihat antusiasme dan minat peserta, Unilever Food Solution (UFS) pun memutuskan untuk kembali menggelar acara kompetisi ini, yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BERKRAF).

Saat memasuki restoran, tampak galeri foto hasil karya mayoritas peserta kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh 2017 terpajang di sana. Setiap peserta berusaha keras untuk memberikan hasil kreasinya yang terbaik, baik dari bahan yang digunakan, rasa, dan originalitas dari produk yang diciptakan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang menarik. Sebagaimana dikatakan oleh Managing Director Unilever Food Solution PT Unilever Indonesia Tbk, Thomas Agus Pamudji, kegiatan kompetisi yang diadakan oleh Blue Band Master ini untuk menggiatkan program bakery dan pastry dalam meningkatkan oleh-oleh dari seluruh penjuru Nusantara. Beberapa juri yang hadir, seperti President Indonesia Pastry Alliance, Chef Rahmat Kusnedi, dan Ketua Akademi Gastronomi Indonesia, Vita Datau, pun turut serta berbagi cerita saat proses penjurian berlangsung dalam konferensi pers ini.

Tak hanya para pemenang, tapi semua peserta Blue Band Master Oleh-Oleh 2017 juga diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam memajukan potensi dari daerah masing-masing untuk menunjukkan ragam oleh-oleh lokal yang dapat ditonjolkan, termasuk juga bahan-bahan lokal yang digunakan dapat membantu peningkatan ekonomi kreatif dari berbagai penjuru di Indonesia. Memang, setiap daerah memiliki oleh-oleh yang khas, dan selalu dicari oleh para turis. Dengan standard penjurian yang ketat, baik dari penilaian rasa, tekstur, komposisi perbandingan isi dengan luar, bahan-bahan yang digunakan apakah dari lokal atau tidak, mencerminkan suatu daerah atau tidak, termasuk proses memasaknya, hingga packaging oleh-oleh itu sendiri, akhirnya para juri, termasuk Executive Chef dari Unilever, dan pihak BERKRAF pun memutuskan 3 juara yang menjadi Pemenang Nasional Blue Band Master Oleh-Oleh 2017. Siapakah mereka?

Juara 1 Blue Band Master Oleh-Oleh 2017

Pia Karawo, Gorontalo, dari Toko Cafesera milik Ellyanti Phandeirot

Pia khas Gorontalo ini diberi motif sulaman Karawo di atas permukaan pia, dan menggunakan bahan kelapa yang menjadi ciri khas kuliner Gorontalo.

Juara 2 Blue Band Master Oleh-Oleh 2017

Roti Ontbijtkoek Gula Jawa, Yoygakarta, dari Toko Roti Djakarta milik Andreas Purwanto

Roti Ontbijtkoek merupakan roti andalan turun temurun, namun kali ini dibuat dari campuran gula Jawa dan kayu manis, dengan harapan dapat membantu petani lokal Yogyakarta dalam kreasi oleh-oleh ini.

Juara 3 Blue Band Master Oleh-Oleh 2017

Sorghum Cookies, Nusa Tenggara Barat, dari Yant Healthy milik Nurrahmi Yanti

Yant Healthy Cookies ini terbuat dari Sorghum, tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan dan bahan baku industri. Bukan sekedar terobosan baru, tapi olah pangan lokal asli dari Lombok yang 100% terbuat dari sorghum dan memiliki daya simpan cukup lama.

Congratulations for all the winners! Buat kalian yang penasaran dan ingin ikut serta dalam kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh berikutnya, ayo semangat karena masih ada kesempatan untuk periode berikutnya. Untuk melihat lebih lanjut hasil karya peserta lainnya, kalian dapat mengunjungi website MasterOlehOleh.com. Good luck and thank you for reading!

Follow my Insta Stories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Blue Band Master Oleh-Oleh 2017

Website || Instagram

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: