[KULINER SEMARANG] 8 Rekomendasi Makan Enak & Murah

Berlibur atau sedang traveling ke Semarang tapi bingung ingin kuliner dan makan enak murah dimana di Semarang? Cek rekomendasi terbaru wisata kuliner Semarang yang enak dan murah dari kami, yang meliputi Eastman Coffee House di Simpang Lima Semarang, chinese food enak di Resto Kedai Beringin, Nasi Ayam Bu Pini, aneka masakan Indonesia lezat di Kedai Beringin Lama, Ohana Cafe yang instagramable, Kofitiere yang terkenal dengan 3D Latte Art-nya, Gudeg Ceker Bu Yun, dan Sate Gulai Kambing 29 yang selalu diburu warga lokal dan turis domestik. Bagi kalian yang juga tertarik menjelajah tempat makan enak di Semarang yang sudah populer sejak dulu, seperti Lekker Paimo, Asem-Asem Koh Liem, Angkringan Blendoek, Babat Gongso, dan lain-lain, kamu bisa lanjut click baca postingan kami yang sebelumnya disini.

Read on for where and what to eat in Semarang from my recent trip on October 2018!

1. Eastman Coffee House

Ternyata, perkembangan coffee shop di kota Semarang cukup maju dan sempat membuatku terkagum. Sebut saja salah satunya yaitu Eastman Coffee House yang berlokasi strategis di pusat kota Semarang, tepatnya di Jalan A. Yani no. 140 Simpang Lima Semarang. Meski terbilang baru di kota Semarang, coffee shop ini selalu ramai dipenuhi pengunjung, bahkan sejak pagi hari saat kami tiba di sana. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan beragam, mostly ala western / New York dishes. Surprisingly, harga makanan di sini termasuk murah meriah, berbeda dengan cafe serupa di Jakarta. Rasa makanannya juga enak-enak lho! Untuk brunch, kami memesan Salmon Truffle Scramble Egg (IDR 60K), Acai Berry Bowl (IDR 35K), dan Salted Ice Caramel Mocha (IDR 35K) yang berupa paduan cold brew coffee ice, susu, house blend Java chocolate, dan salted caramel sauce disajikan dengan DIY tray, menarik!

1. Eastman Coffee House

Ternyata, perkembangan coffee shop di kota Semarang cukup maju dan sempat membuatku terkagum. Sebut saja salah satunya yaitu Eastman Coffee House yang berlokasi strategis di pusat kota Semarang, tepatnya di Jalan A. Yani no. 140 Simpang Lima Semarang. Meski terbilang baru di kota Semarang, coffee shop ini selalu ramai dipenuhi pengunjung, bahkan sejak pagi hari saat kami tiba di sana. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan beragam, mostly ala western / New York dishes. Surprisingly, harga makanan di sini termasuk murah meriah, berbeda dengan cafe serupa di Jakarta. Rasa makanannya juga enak-enak lho! Untuk brunch, kami memesan Salmon Truffle Scramble Egg (IDR 60K), Acai Berry Bowl (IDR 35K), dan Salted Ice Caramel Mocha (IDR 35K) yang berupa paduan cold brew coffee ice, susu, house blend Java chocolate, dan salted caramel sauce disajikan dengan DIY tray, menarik!

Eastman Coffee House

Jl. Ahmad Yani No.140, Karangkidul, Semarang Jawa Tengah 50241

Opening Hour: 7AM – 11PM

Phone: (024) 8316343

Instagram

2. Resto Kedai Beringin Poncol

Pernahkah kalian merasa kangen dan ingin makan makanan Chinese food saat sedang bepergian ke luar kota? Nah, di Semarang, ternyata ada satu restoran Kedai Beringin Poncol (berlokasi di Jl Imam Bonjol No. 114 A, depan stasiun Poncol) yang sangat populer akan hidangan dimsum dan aneka masakan Chinese Food-nya. Area resto-nya cukup luas namun begitu kami tiba, restoran tampak ramai sekali dan nyaris full house di jam makan siang. Harga makanan pun tidak terlalu mahal, dan betul saja, dari beberapa dimsum yang kami pesan, rasanya boleh juga dan tidak kalah dengan dimsum favorit di Jakarta. Adapun menu dimsum yang kami pesan antara lain Ceker Ayam (IDR 13K), Sui Kiaw Rebus Szechuan (IDR 20K, hot and sour prawn dumpling), Pangsit Goreng Mayonaise (IDR 15K, deep fried prawn and chicken dumpling), Lumpia Goreng Kulit Tahu (IDR 14,5K), dan Kuo Tiek (IDR 15K). Untuk minuman, kami mencoba Es Beringin (IDR 14K) seperti yang direkomendasikan oleh pelayan disana. Rupanya, es ini terdiri dari campuran es kelapa muda, nata de coco, lychee, puding susu, jelly serut, dan selasih. Rasanya cukup menyegarkan, namun aku prefer dimakan tanpa susu kental manis dan sirup hijau yang terlalu banyak karena rasanya jadi terlalu manis.

Kedai Beringin Chinese Foods Poncol

Jl. Imam Bonjol No.114, Sekayu, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50132

Opening Hour: 8AM – 09:30PM

Phone: (024) 3541829

3. Sate & Gule Kambing 29

Ternyata, di kota Semarang ada juga lho warung Sate andalan yang sangat terkenal dan diminati oleh warga lokal dan para turis yang datang ke kota ini. Berlokasi di jalan Letjen. Suprapto No. 29, di depan Gereja Blenduk, Warung Sate dan Gule Kambing 29 ini mengisi bangunan lama dan telah ada sejak tahun 1968. Jenis sate yang ditawarkan ada beberapa pilihan, mulai dari sate daging saja, sate campur, sate buntel, dan sumsum. Kami mencoba beberapa menu andalan tersebut dan benar saja, daging satenya empuk karena ternyata mereka hanya memakai daging pilihan yang kabarnya hanya menggunakan bagian paha atas dan punggung. Harganya relatif mahal tapi worth to visit if you’re traveling to Semarang!

Sate & Gule Kambing 29

Jl. Letjen Suprapto No.29, Purwodinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50137

Opening Hour: 8AM – 9PM (Sunday closed)

Phone: (024) 3549692

4. Ohana Cafe

Saat berada di Semarang, kami sempat mampir juga ke salah satu cafe sekaligus restoran yang sedang hits banget di kota ini. Desain interior dan arsitektur yang bernuansa monochrome di sini memang bagus dan instagramable dengan banyak penerangan alami dari cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Beberapa menu western food tampak menarik di menu, dan kami memutuskan untuk mencoba Es Cendol Coffee, Affogato, dan Taco dengan filling Beef Bulgogi yang diberi Gochujang Sauce ala Korea. Untuk taste makanannya kami kurang terlalu suka, namun Affogato-nya recommended! Jus alpukat terlihat mengisi gelas full dengan siraman kopi espresso yang cukup strong dan diberi topping es krim Vanilla di atasnya.

Ohana Cafe

Jl. Sisingamangaraja No.36, Kaliwiru, Candisari, Semarang, Jawa Tengah 50253

Opening Hour: Sunday – Thursday 8AM – 10PM / Friday – Saturday 8AM – 12AM

Phone: (024) 76423818

Instagram

5. Gudeg Ceker Bu Yun

Berkat rekomendasi dari teman-teman melalui direct message Instagramku, aku juga berkesempatan untuk mampir ke Warung Gudeg Ceker Bu Yun yang berada di kawasan kuliner simpang lima Semarang. Menurut Bu Yun sendiri yang kebetulan sedang berjualan disana, dia sudah berdagang di sana selama 35 tahun, dan menu yang ditawarkan cukup banyak seperti Gudeg Koyor, Gudeg Komplit, Gudeg Ceker, Babat Gongso, Lontong Opor, dan lainnya. Sesuai dengan namanya, kami pun memesan menu andalan yaitu Gudeg Komplit (IDR 32K) dan seporsi Ceker isi 10 ceker (IDR 20K)! Benar saja, meski daging cekernya tidak gemuk-gemuk, daging cekernya empuk dan cepat lepas dari tulangnya! Kuah opornya gurih manis dan porsi Gudeg Komplit cukup besar. Kreceknya juga empuk dan rasa pedasnya lumayan, uenaaak!

Gudeg Ceker Bu Yun

Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

Opening Hour: 6PM – 5AM

Phone: 0815-7521-4942

6. Kofitiere

Lagi-lagi, kami mencoba salah satu coffee shop nan hits yang jadi tempat nongkrong favorit anak muda di Semarang yaitu Kofitiere yang menyuguhkan design cantik minimalis, elegan nan instagramable. Rasa penasaran itulah yang membuat kami melangkah masuk ke coffee shop ini, kebetulan lokasinya pun cukup dekat dengan tempat kami menginap di Semarang. Awalnya kami ingin memesan 3D Latte Art yang terkenal di sana, namun sayangnya staff yang bertugas belum datang, alhasil kami memesan Mojito Mint Iced Coffee (IDR 36K) dan Beef Lasagna yang direkomendasikan oleh staff disana. Minuman dengan paduan espresso dengan mojito mint racikan Kofitiere terasa sangat menyegarkan, apalagi cuaca di Semarang sangat panas terik! Beef Lasagnanya tidak terlalu spesial buat kami karena selain porsi dagingnya sedikit, rasa dari bumbunya agak bland. But if you’re looking for a place to chill out and have some coffee, you might want to try them.

Kofitiere

Jl. Erlangga Barat 7 No.15, Pleburan, Semarang Sel., Jawa Tengah 50241

Opening Hour: Sunday – Thursday 8AM – 11PM / Friday – Saturday 8AM – 12AM

Phone: 0857-2547-2228

Instagram

7. Nasi Ayam Bu Pini

Tak cuma cafe kekinian, kami pun suka menyusuri makanan kaki lima saat sedang traveling ke luar kota. Sebetulnya sudah beberapa kali kami ingin mencoba Nasi Ayam Bu Pini, sayangnya, beberapa kali datang ke Semarang, tempat mereka tutup karena kami datangnya saat sedang libur Lebaran. Kali ini, upaya kami kesampaian juga mengunjungi Nasi Ayam Bu Pini saat ke Semarang bulan October 2018 kemarin, apalagi ternyata tempat makan ini dekat sekali dengan hotel tempat kami menginap, Novotel Semarang. Meski hanya berupa tenda pinggir jalan, warung tenda ini merupakan salah satu yang legendaris dan paling laris di Semarang. Setelah mencoba 1 porsi Nasi Ayam, alhasil kami nambah lho pesan 1 porsi lagi, saking enaknya! Ha-ha… Porsinya memang kecil sih, tapi harganya murah banget! Seporsi Nasi Ayam Bu Pini seharga IDR 10K, dan untuk lauk, disediakan banyak gorengan dan aneka sate di atas meja (IDR 3K/tusuk sate). Nasi gurihnya khas karena sudah diolah dengan santan, lengkap disajikan dengan sayur labu, 1/2 telur bacem, krecek, suwiran ayam dan kuah opor. Kalau kamu suka pedas, disini kamu bisa minta bumbu pedas! Recommended!

Nasi Ayam Bu Pini

Gg. Pinggir No.75, Kranggan, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50139

Opening Hour: 6AM–1PM, 5:30–11PM

Phone: 0851-0079-4743

8. Kedai Beringin Lama (Indonesian Foods)

Rupanya, restoran Kedai Beringin juga menjual masakan nusantara tapi lokasinya berbeda dengan restoran yang kami kunjungi di depan stasiun Poncol. Untuk menikmati aneka masakan Indonesia ini, kalian harus mengunjungi Kedai Beringin Lama yang berada di jalan Beringin, Semarang. Adapun kami mencoba menu andalannya yaitu Nasi Beringin (IDR 19K), Lontong Opor (IDR 19K), dan Asem-Asem Daun Kedondong (IDR 17K) yang juga merupakan hidangan favorit disana. Dengan harga relatif murah, porsi standard, dan rasa makanan yang enak, pantas saja bila banyak orang yang mampir makan ke Kedai Beringin Lama ini. Taste masakannya cukup gurih dan pas di lidah, worth to visit jika kalian sedang berlibur ke Semarang!

Kedai Beringin Lama (Indonesian Foods)

Jl. Beringin Raya 1 No.11, Sekayu, Semarang Tengah, Jawa Tengah 50132

Opening Hour: 7AM – 3PM

Phone: (024) 3554292

Follow my Insta Stories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.