[RESEP] Bekal Asik Inaco ala Jepang Kyaraben Mickey Bento

Bila berbicara soal tren kuliner di Indonesia, pasti tidak akan ada habisnya. Tapi sadar gak sih teman-teman, tampilan makanan yang instagramable sering membuat kita lebih sering makan di luar ketimbang makan di rumah, betul? Seiring perkembangan zaman, apalagi dengan adanya teknologi digital dan penawaran menarik melalui banyak aplikasi canggih yang menawarkan diskon di sana-sini, tentulah membuat orang jadi lebih sering menghabiskan banyak waktu di luar, tidak lagi masak di rumah untuk keluarga. Padahal, terlalu sering menyantap makanan di luar tidak baik untuk kesehatan, dikarenakan asupan gula dan lemak yang tidak sehat jadi meningkat.

Nah, di sini aku ingin mengajak teman-teman untuk kembali ke dapur yuk! Kalau bisa bikin bekal sendiri, kenapa harus jajan di luar? Yuk, ita masak-masak lagi dan kali ini, aku ingin membagikan resep untuk membuat Bento Box lucu, bekal asik untuk buah hati yang berisi 4 sehat 5 sempurna, lengkap dengan dessertnya. Seperti yang terlihat pada foto, aku akan membagikan resep membuat Kyaraben (bekal berupa character bento, merupakan salah satu yang paling populer di Jepang) berbentuk Mickey Mouse yang menggemaskan. Proses membuatnya mudah dan sudah pasti instagramable; Bukan hanya anak-anak, dijamin orang dewasa pun akan lahap menyantap nasi bekal ala Jepang seperti ini, apalagi dengan menu main coursenya berupa Salted Egg Chicken dan Beef Sausage berwajah happy seperti yang terlihat di foto. Ya kan?

Berikut adalah Resep Praktis membuat Bekal Asik Inaco berupa Kyaraben Character Bento ala Jepang untuk si Buah Hati.

Bahan Kyaraben Bento ala Jepang:
– nasi Jepang atau bisa diganti dengan nasi putih biasa
– sosis sapi berwarna merah
– Inaco Pudding dan Inaco Jelly untuk dessert
– sayur brokoli
– sayur selada
– tomat cherries
– rumput laut kering (NORI) berbentuk lebar
– pinset dan gunting

Bahan Membuat Salted Egg Chicken (Ayam Goreng Telur Asin):
– 1 sachet tepung bumbu serbaguna
– 3 atau 4 butir telur asin matang
– 3 sdm mentega
– 1/2 sdm kaldu ayam bubuk
– 1 sdm gula pasir
– cabe merah
– daun kari (bila tidak ada, dapat diganti dengan daun jeruk)

Cara Memasak Ayam Goreng Saus Telur Asin (Salted Egg Chicken):
1. Siapkan 1 ekor ayam yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong menjadi bagian kecil sesuai selera.

2. Siapkan tepung bumbu serbaguna, bagi ke dalam dua wadah. Satu bagian dibuat menjadi adonan tepung basah, dan sisa tepung yang kering untuk lapisan kedua.

3. Celupkan semua daging ayam ke dalam adonan tepung basah, kemudian pindahkan dan balur di atas tepung bumbu serbaguna yang kering.

4. Goreng semua ayam yang telah dibumbui, masak hingga matang, lalu tiriskan.

5. Belah telur asin yang sudah matang, ambil kuning telurnya saja, dan hancurkan dengan menggunakan sendok.

6. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang, masukkan mentega.

7. Tambahkan kuning telur asin yang telah dihancurkan, dan masak sampai berbuih.

8. Masukkan daging ayam goreng sambil aduk rata + tambahkan kaldu ayam bubuk + gula pasir secukupnya (sesuaikan dengan selera masing-masing) + irisan cabe merah + daun jeruk.

9. Campur semua sampai merata, icip rasa (adjust sesuai selera)

10. Angkat dan sajikan.

Cara Membuat Kyaraben Character Bento Mickey Mouse di rumah:
1. Kepal nasi agar berbentuk bola seukuran kepala Mickey atau Minnie Mouse yang diinginkan
2. Buat dua bulatan nasi berukuran kecil untuk kuping Mickey Mouse
3. Gunting lembar nori untuk membungkus bagian atas kepala Mickey, dan bungkus bagian telinga Mickey full tertutup lembar nori
4. Gunakan gunting untuk membuat bagian mata dan hidung, tata di atas wajah Mickey dengan menggunakan pinset
5. Potong sosis sapi menjadi 2 bagian, rebus sebentar dan beri ukiran senyuman menggunakan pisau kecil
6. Rebus telur puyuh hingga matang. Kemudian siapkan 1 batang pasta kering yang sudah dipotong kecil, gunakan sebagai tusuk untuk memasukkan jagung manis butiran sebagai hidungnya
7. Tata sayuran selada sebagai alas di masing-masing area tempat makan bento sebagai pelengkap
8. Tambahkan menu utama (main course) yang diinginkan: bisa berupa Salted Egg Chicken (Ayam Goreng saus Telur Asin, sesuai gambar), aneka gorengan, ikan, daging sapi, dan lain-lain
9. Tambahkan dessert favoritku yang enak, Inaco Pudding rasa Passionfruit atau Mango yang sudah berisi nata de coco di dalamnya, lengkap dengan Inaco Jelly aneka rasa buah.

Thada!! Mudah banget kan cara membuat Kyaraben Character Bento ala Jepang di rumah! Nutrisinya lengkap dan kebersihan makanan pun terjaga, plus, si kecil juga akan semakin lahap menyantap bekal makan siang untuk ke sekolah pastinya! Selain sehat, bekal nasi ala Jepang ini juga menarik, para ibu pun bisa lebih berhemat dengan membuat sendiri bekal asik seperti ini di rumah! Yay!

Yuk, tunjukkan juga #BekalAsikINACO versi kamu! Jangan lupa lengkapi bekal kamu dengan INACO Mini Jelly atau Inaco Pudding ya… Upload foto bekal asik kamu dan menangkan hadiah menarik dari INACO dengan total hadiah jutaan rupiah!

Caranyaaa……
1. Beli produk INACO Mini Jelly atau pudding INACO ukuran apa saja
2. Foto Kreasi Bekal ASIK INACO versi kamu
3. Upload ke Instagram @sahabatinaco gunakan hashtag #BekalAsikINACO
4. Tulis di kolom caption serunya isi bekal kamu
5. Periode: 15 April – 8 Mei 2019
6. Jangan lupa, follow dan like social media dari INACO ya

Semoga resep praktis membuat Bekal Asik ala Jepang ini dapat menginspirasi teman-teman semua yang membaca artikel ini, thank you for reading! Good luck and I’ll see you next time!

Follow my Insta Stories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

DMCA.com Protection Status
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: