ErrorException Message: WP_Translation_Controller::load_file(): Argument #2 ($textdomain) must be of type string, null given, called in /home1/wabt240aa7b2/public_html/wp-includes/l10n.php on line 838
http://myfunfoodiary.com/wp-content/plugins/dmca-badge/libraries/sidecar/classes/ Bandung Pet Friendly Hotels | myfunfoodiary.com

[PET FRIENDLY] Bandung Hotel & Cafe Hopping with your Dog

Traveling with your dogs – Pet-friendly cafe and hotel Bandung travel guide
Traveling with your dogs is possible, and can be so much fun if you properly prepared it! We’ve been to Jogja with Benji last year, and went to Bogor with him last month. It was the best experience, bonding experience-nya makin erat antara kita dengan anak bulu kita, Benji Taro The Corgi. Dan karena banyak yang request nih, kali ini aku akan share tentang Pet Friendly Hotel di Bandung dan beberapa tempat makan atau cafe yang pet friendly di Bandung. Yes, jadi beberapa hari ini kita terima banyak pertanyaan terkait liburan kemarin ke Bandung bareng Benji Taro the Corgi. “menginap di mana di Bandung yang pet friendly, Ci?” Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman atau kalian yang juga pet lovers untuk mewujudkan liburan bersama binatang peliharaan kalian ke kota Bandung. Jangan lupa, artikelnya dishare juga ya ke teman-teman, atau keluarga yang juga ingin berlibur dengan doggie kesayangannya. Mereka pasti bakalan girang banget deh!

Pet Friendly Hotel / Villa di Bandung

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, dari hasil survei kami, sebetulnya ada beberapa penginapan yang pet friendly di Bandung. Dari semuanya, ada dua penginapan yang jadi pertimbangan kami, yaitu antara Oyo 794 Ln 9 Bandung Guest House atau Bantal Guling Villa yang ada di Lembang. Setelah membandingkan harga kamar, dan ukuran ruangan kamar, akhirnya kami memutuskan untuk menginap di Bantal Guling Villa yang ada di Lembang. Pertimbangannya ketika kami memilih untuk menginap di tempat ini adalah karena ada banyak area taman di Villa ini, jadi Benji bisa puas main lari-lari di atas rumput di alam terbuka, sambil menikmati udara di Lembang sana yang sangat dingin ketimbang bila kami menginap di pusat kota Bandung. And, we’re glad with our decision! Benji was so happy; he enjoyed the scenery in front of our room, the fresh air, the grass, everything I guess!

Untuk tipe kamar, kami memilih Villa Bilik Belakang yang menghadap ke bukit. Karena style-nya villa desa gitu, lampu di dalam kamar memang cenderung remang gelap, tapi kondisi kamar bersih. Kalau kalian terbiasa dengan lampu kamar yang terang, mungkin ada baiknya membawa emergency lamp with battery sebagai penerangan tambahan di kamar. Meskipun kamarnya tanpa AC, udara malam hari di lembang dingin banget lho (kemarin sempat 16 derajat tengah malam, brrr dingin banget!). Sampai-sampai aku harus memakai kaos kaki, mengambil selimut dan jaket tambahan dari mobil agar tidak kedinginan saat tidur. Overall, dengan total biaya kamar sebesar Rp 598,500,- untuk menginap selama 3 hari 2 malam di Triple Room with Terrace dan diperbolehkan membawa Benji ikut tidur di dalam kamar, kami puas menginap di sini. Sebab, kebanyakan tempat tinggal, meskipun boleh membawa peliharaan atau doggie, oleh beberapa penginapan terkadang ada syarat, misalnya, ada penginapan yang doggienya harus disimpan di dalam kandang dan diletakkan di luar kamar (di teras), atau ada juga yang doggie-nya tidak boleh masuk ke kamar, melainkan harus di dalam kandang yang disediakan di area lantai bawah. Nah di villa ini, ada ketentuan bagi tamu yang membawa binatang peliharaan, kita diharuskan menyetor uang deposit sebesar Rp. 200.000,- sebagai jaminan apabila terjadi kerusakan di dalam kamar karena doggie-nya. Bila tidak ada kerusakan di kamar, uang jaminan akan dikembalikan saat check-out.

Aku bersyukur banget, Benji tidak nakal setiap kali diajak berlibur. Meskipun terkadang Benji kami lepas harness-nya di penginapan, Benji tidak kabur-kaburan karena anak buluku ini nurut banget (obey to command), dan tidak menggonggong ke tamu-tamu lain, jadi tamu lain pun tenang, tidak merasa terganggu, malahan mereka gemes melihat aksi Benji yang suka guling-gulingan di atas rumput, terkadang Benji guling-gulingan di atas karpet lobby juga ha-ha… Selama di kamar, Benji tidur di area lantai ruang tengah, dan ketika kami tinggal pergi pun, Benji menanti dengan manis di dalam kamar, tidak merusak, tidak menggigit apapun barang yang ada di kamar penginapan.
Oh, good boy, Benji!

Perlu diingat: pet owners harus responsible dengan anjing atau doggie yang dibawa menginap. Biasakan membawa anjingnya dengan harness, kecuali bila doggienya sangat menurut (obey with command). Jangan lupa, bawa selalu poop bag dan kotorannya diangkat dari rumput atau taman Villa agar tidak mengganggu tamu lain.

Plus point menginap di Bantal Guling Villa Lembang:
– pet friendly villa, doggie boleh masuk ke kamar ikut menginap dengan pet owners
– udara sejuk dan bersih, ada hot shower
– lokasi sangat strategis, dekat sekali ke tempat-tempat wisata di kawasan Lembang (dekat ke Floating Market Lembang, The Ranch, The Great Asia Africa, Farmhouse Susu Lembang, etc)

Minus point menginap di Bantal Guling Villa Lembang:
– kamar tipe bilik belakang bersebelahan dengan tempat sarapan, sehingga pagi hari saat sarapan berisik sekali karena suara pengunjung lain yang sudah mulai mengambil sarapan sejak jam 7 pagi
– lampu di kamar cenderung gelap remang
– menu sarapan standard dan sederhana sekali, soal rasa jangan terlalu diharapkan; ada nasi goreng, bubur ayam, roti bakar, teh dan kopi
– saat breakfast, banyak sekali lalat-lalat yang hinggap di meja makan

Bantal Guling Villa Lembang

Jl. Kolonel Masturi Jl. Kp. Keramat No.1, Jayagiri, Lembang, Bandung

Phone: (022) 4211425

Pet Friendly Cafe & Rumah Makan di Bandung

Meskipun belum begitu banyak tempat yang pet friendly, kami senang pada akhirnya kami berhasil membawa Benji jalan-jalan sekaligus nemenin kita makan siang di Bandung. Yay! Sebelum datang ke restoran atau tempat makan di bawah ini, aku memastikan terlebih dahulu melalui telpon, apakah doggie atau anjing boleh ikut? Biasanya mereka akan menanyakan jenis anjingnya, atau ukuran anjingnya sebesar apa? Baru kemudian mereka memberikan konfirmasi, BOLEH, dengan catatan: anjingnya harus memakai harness, tidak berisik, tidak mengganggu pengunjung lain, dan menjaga kebersihan restoran (anjingnya tidak poop, dan tidak pee sembarangan di dalam restoran).

Kebon Awi Kaffee

Belum lengkap rasanya kalau sudah liburan ke Bandung tapi belum makan masakan Sunda, ya kan? Nah, di Kebon Awi Kaffee, kita boleh lho membawa binatang peliharaan kita dengan catatan, seperti yang sudah aku infokan diatas tadi ya. Di sini, area makannya terbagi menjadi seating indoor dan outdoor yang masing-masing dengan area terbuka non-AC, jadi mau duduk di manapun, tetap dapat menikmati udara sejuk bukit Dago di Bandung. Kami pun memilih duduk di saung bawah agar bisa lesehan dan lebih santai. Yang paling girang adalah Benji, dia happy sekali bisa ikut menemani di saung sambil menggigit tulang mainannya dengan tenang, bahkan anak buluku ini sampai ketiduran saking dingin dan sejuk karena saat itu sedang hujan deras disana. Ha-ha… Bicara soal makanan di sini, ternyata menu masakannya boleh juga lho! Harganya reasonable, porsi sesuai, dan rasanya cocok di lidah kita! Beberapa menu yang kami pesan ada Oseng Buntut khas Kebon Awi yang disajikan dengan emping dan nasi putih, Sate Kambing yang datang sepaket dengan nasi putih, dan Tahu Goreng Merang yang dimasak ala cabe garam namun menurutku kurang renyah, kurang terasa bumbunya, meskipun sebetulnya tahu ini lembut juga teksturnya. Oseng Buntutnya empuk sekali dagingnya, dan paduan bumbu oseng yang terasa manis pedas benar-benar menggugah selera. Daging sate kambingnya juga enak, tidak berbau dan empuk! Recommended! Will revisit next time with Benji again!

Jl. Bukit Pakar Timur No.29, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung

Opening Hour: 11AM – 11PM

Phone: 0877-7997-9199

Choipanku

Meskipun tempatnya sangat kecil, dan area duduk terbatas, pemiliknya memperbolehkan kami untuk membawa anak buluku, Benji Taro The Corgi, masuk ke dalam area tempat makan. Di sini, kami memesan menu andalannya yaitu Choipan (IDR 25K/5pcs). Makanan khas pontianak ini berisi bengkoang, diberi taburan bawang putih goreng berlimpah diatasnya. Enak, ada sensasi kriuk dari bawang putih, wangi, dan isinya padat, namun sambalnya terlalu encer, jadi kurang nendang rasa pedasnya. However, it was a nice experience! Kalau mau sambal yang pedas, tinggal request aja ke mereka, dan makanan ini cocok buat ngemil sore nih…

Choipanku Bandung

Jalan Kalipah Apo No. 59B, Bandung

Opening Hour: 10AM – 8PM

Kuotie Rama

Sejak pertama kali mencoba Kuotie Rama Bandung di tahun 2016, kami suka menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah makan ini lagi bila sedang traveling atau berlibur ke Bandung. Menurutku, Kuotie Rama memiliki tipe isian yang berani tampil beda bila dibandingkan dengan kuotie lainnya di Jakarta. Pilihan cara masaknya pun bervariasi, ada versi panggang, ada versi yang dikukus, dan ada versi yang digoreng, tinggal selera customer masing-masing lebih suka yang mana. Kami pribadi lebih suka versi crispy yang dipanggang, dan selalu memesan Kuotie Superman (IDR 50K/porsi isi 10pcs) yang topping isiannya paling komplit! Senangnya lagi, ternyata di sini boleh lho datang sambil membawa peliharaan kita, tentu saja, pawrents dan doggie yang dibawa harus menjaga kebersihan rumah makan (doggie tidak pipis/pup di dalam rumah makan) dan doggie tidak mengganggu pengunjung lain. Baca dan klik disini untuk lokasi dan informasi lengkap lokasi Kuotie Rama Bandung.

Kantin Qiu

Katanya nih, tempat makan perbabian yang enak di Bandung ada di Kantin Qiu ini. Pas aku konfirmasi by phone, ternyata Benji, anak buluku boleh diajak makan bareng kesana. Yay, senang banget! Dari beberapa cabang, kami mengunjungi Kantin Qiu cabang Kebonjati Bandung, namun sayangnya pas tiba jam 4 sore hari Minggu kemarin, semua menu samcan sudah habis. Rasa penasaran pun membuat kami kembali ke tempat ini di hari Selasa sore sebelum kami meluncur balik ke Jakarta. Yes, menu Samcan yang kami incar masih ada! Alhasil kami pesan beberapa menu andalan yang tertulis di papan tulis mereka: Samcan Sambal Matah, dan Samcan Cabe Garam. Dengan harga sekitar Rp. 40.000,-/porsi, menurutku porsi dagingnya standard, kulitnya masih terasa garing di versi cabe garam, tapi kalau di versi Sambal Matah sudah kena basah bumbu sambal matah jadi bagian kulit samcan gak garing lagi. Sambal matahnya wangi dan lumayan pedas juga, dikasih berlimpah banget lho! Rasa dagingnya sendiri sudah asin gurih, dan empuk, mantap pol deh apalagi sambil minum Beer pas makan ini, ha-ha… Sambil makan banyak banget ojol yang bolak balik ngambil pesanan kesini, gila, tau2 pas ada tamu lain mau duduk makan, mereka kasih tau tamunya sudah habis semua. Saranku, datang kesini jangan kesorean ya, karena memang jam tutup-nya bisa tiba-tiba, asal daging habis, mereka akan tutup!

Jl. Kebon Jati No.173, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung

Opening Hour: 10AM – habis

Phone: 0821-2617-9058

Boda Barn

Lokasi cafe ini sebetulnya cukup dekat dengan penginapan kami, dan saat dikonfirmasi by phone, mereka memperbolehkan kami membawa anak bulu tersayang main ke cafe ini; oleh karena itulah Boda Barn Punclut ini kami sertakan ke dalam pet-friendly cafe yang juga dapat kalian kunjungi di Bandung. Namun berhubung rute hang-out dalam sehari kemarin tidak memungkinkan, Benji tidak kami bawa ke cafe ini. Syukurlah, makanan yang kami pesan cocok di lidah. Mulai dari Tahu Endeus yang digoreng renyah namun tetap lembut di dalamnya, dibumbuin asin pedas gitu seperti bumbu cabe lada garam. Ada juga menu Sop Iga Garang Asam yang recommended! Cireng goreng-nya juga enak, cocok buat ngemil!

Boda Barn Punclut

Jl. Pagermaneuh Desa No.Rt 05/07, Pagerwangi, Lembang, Bandung

Opening Hour: 09:00 – 22:00

Phone: 0878 7500 8882

Pet Friendly Mall di Bandung

Good news nih, ternyata sekarang Mall PVJ (Paris van Java) Bandung juga memperbolehkan pengunjung membawa binatang peliharaan-nya mereka lho! Wow! Banyak sekali perubahan di dalam mall ini, tampak banyak tenant baru yang bagus-bagus dan brand yang seringkali kita temukan di mall-mall Jakarta, semua ada disini lho! Dan rupanya, di lantai paling atas Mall PVJ (di area rooftop) tersedia penitipan doggie, dan area foto-foto selfie nan instagramable dengan puluhan ribu Bunga Matahari di Sky Garden Paris van Java Mall. Anabul-ku, Benji tersayang diperbolehkan ikut masuk ke area ini dengan catatan tidak mengganggu pengunjung lain, dan pet owners menjaga kebersihan taman juga. Yay! Benji girang sekali, ketika masuk dia langsung menghampiri area rumput hijau yang terbentang luas di sisi sebelah kiri pintu masuk. Anakku langsung guling-gulingan, dan kita pun sempat bermain lempar tangkap bola sambil berlari-lari di sana. Ha-ha… Pssst, kalau mau datang ke taman bunga matahari jangan kesorean ya, karena jam operasional-nya hanya sampai jam 7 malam ya…

Paris van Java Mall

Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung

Opening Hour: 10AM – 10PM

Phone: (022) 2060800

Follow my Insta Stories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here:

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^