Festival Jajanan Bango 2013 di Gelora Bung Karno, Jakarta

Tanggal 13 April 2013 lalu aku bersama beberapa teman food blogger melakukan wisata kuliner ke Festival Jajanan Bango 2013 di Gelora Bung Karno. Event ini merupakan event yang rutin diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2005 dan dilaksanakan di beberapa kota, seperti Bandung, Surabaya, Malang, Semarang dan termasuk kota Jakarta itu sendiri. Di FJB ini, kita bisa menemukan aneka ragam makanan tradisional yang legendaris persembahan para penjaja makanan yang juga legendaris. Sengaja aku datang pagi sekitar jam 10-an tiba di lokasi tapi rupanya antusiasme masyarakat terhadap Festival Jajanan Bango ini sangat besar sekali. Area festival yang terbilang sangat luas ini sudah dipadati oleh banyak pengunjung. Terus terang aku sempat pusing ketika tiba di lokasi karena matahari yang begitu terik dan suasana yang terlalu ramai melebihi pasar tradisional.

Suasana Festival Jajanan Bango 2013

Berbekal semangat dan jiwa kuliner, akhirnya kami pun lanjut terus dan langsung mengunjungi area media untuk mengambil 10 buah voucher kupon makanan (untuk VIP dan media) yang diberikan secara cuma-cuma alias Free oleh salah satu agency yang mengurus event ini. Yeaaaay! Memang susah sekali mencari tempat duduk siang itu, hampir saja aku menyerah tapi dengan nekat aku meminta ijin kepada salah satu pasangan muda untuk sharing table dengan mereka. Setelah itu, kami pun bergantian keliling mencari makanan yang diincar dan mengantri dengan sabar di antara pengunjung lainnya. Inilah beberapa menu yang sempat kami coba di sana.

  • Gado-Gado Kertanegara, IDR 15K – recommended! Bumbunya enak sekali, gurih, kentalnya pas dan rasa kacangnya terasa. Warung ini sudah buka sejak tahun 1980 dan masih bisa ditemukan di jalan Kertanegara no. 2, Jakarta

Gado Gado Kertanegara

  • Nasi Goreng Gila Gondrong, IDR 15K – recommended!Pantas saja aku kenal dengan rasanya yang khas, rupanya ini adalah Nasi Goreng Gila yang biasa aku makan di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Racikan bumbunya unik dan campur-campur menggunakan tabasco, saos inggris, kecap manis dan kemiri serta tambahan topping berupa potongan sosis yang dimasak dengan mentega. My favorite! 

 

Nasi Goreng Gila Gondrong

  • Gudeg Asli Yogya Ayam Kalasan “Ibu Laminten”, IDR 15K – favorite and must try! Nasinya memang biasa tapi daging ayam goreng kalasan dimasak Kremes, yang dipadu dengan krecek, suwiran daging dan telur masak kecap 1/2 butir ini terasa gurih dan manisnya enak. Selain di FJB, teman-teman juga bisa mencobanya di daerah Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Gudeg Asli Yogya Ibu Laminten

  • Mie Aceh Sabang, IDR 15K – not our favorite 🙁 Menu ini termasuk salah satu dari 10 Legenda Kuliner yang diclaim enak sekali karena mie-nya dibuat sendiri tanpa bahan pengawet dan bumbu yang digunakan tradisional seperti kunyit, cengkeh, kayu manis dan beberapa bumbu rahasia lainnya. Entah kenapa, kami semua kurang suka dengan rasanya, agak tawar dan aneh menurutku.

Mie Aceh Sabang

  • Siomay Kantin AA, IDR 15K – recommended! Siomay ini sudah exist sejak tahun 2002 dan semuanya dibuat dengan bahan-bahan yang fresh. Pantas saja rasanya enak, tidak bau amis ikan dan bumbu kacangnya juga bagus. Makanan ini bisa juga dijumpai di outlet mereka di Swalayan Harmoni Pondok Aren dan di RS Muhammadiyah Taman Puring.

Siomay Kantin AA

  • Sate Jamur Cak Oney, IDR 15K – recommended! Jajanan ini sudah terkenal di daerah Yogyakarta sejak tahun 1996. Sate Jamur Cak Oney juga merupakan salah satu dari 10 legenda kuliner yang ada dan saya pribadi merekomendasikan jajanan ini untuk teman-teman coba. Aroma bawang putih dan bumbu kacang yang dipadukan dengan kecap manis Bango ini betul-betul enak. Sayang waktu itu aku cuma sempat beli satu porsi saja… :p

Sate Jamur Cak Oney

  • Es Duren Teh Iteung, recommended! Es Duren ini enak, entah duren apa yang digunakan oleh mereka tapi enak daging durennya. Harum dan penyajiannya dengan kuah dengan campuran susu manis dan es batu. Sayang dalam 1 porsi hanya terdapat 2 buah daging duren yang ukurannya kecil.

Es Duren

  • Es Dawet Srikandi, recommended! Selain Es Duren di atas, dessert lainnya yang aku coba adalah Es Dawet Srikandi ini. Antriannya panjang sekali dan cukup memakan waktu. Tapi setelah duduk dan menikmati es dawet ini, rasa lelah mengantri terbayarkan dengan rasa es Dawet yang enak. Isinya ada cendol hijau, dengan gula merah, tape dan beberapa topping isian lainnya.

Es Dawet Srikandi

Usai berburu makanan, pulangnya aku pun membawa banyak souvenir untuk mama, yeaayy… 😀 Jangan heran kenapa ada begitu banyak kecap manis dalam pouch kecil ini, karena setiap yang beli makanan utama selain dessert, akan mendapat 1 kupon untuk ditukarkan dengan kecap manis Bango mini pouch. Seru ya! Sayangnya FJB ini hanya berlangsung 1 hari saja, maka dari itu banyak juga orang lain yang belum kesampaian mampir kuliner di tempat ini.

Tips bagi teman-teman funfoodiers yang ingin datang ke FJB tahun depan, sebaiknya datang lebih awal sekitar jam 10-an agar lebih leluasa untuk memilih makanan yang diinginkan. Dan jangan lupa gunakan pakaian yang nyaman serta dari bahan yang tipis, karena di sana semuanya terbuka, panas dengan teriknya matahari tanpa AC. And for ladies, pakai sendal yang nyaman jika tidak ingin pegal karena lama mengantri.. :p

Souvenir Free Kecap Manis

Festival Jajan Bango 2013 
Plaza Barat Senayan, Parkir Timur Gelora Bung Karno 
One Day Event, opens from 10am until finish 
Price Range :  less than Rp. 30.000,- 

 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

4 Comments

  1. asik bgtttt kalau bisa kumpul-kumpul bareng blogger gitu yah
    i hope my blog can be as cool as yours 😀
    waiting for other new posts! 🙂

    Post a Reply
  2. Hai Hana, thanks for dropping by… 🙂
    Maaf ni bru sempet reply krn lg hectic sama kerjaan, hehe..
    Just visited ur blog, you hv a very nice blog too.. 🙂

    Post a Reply
  3. wadduuhh…enak2 banget liatnya…baru blogwalking udah ketemu makanan, jadi laper dech…kapan2 mau dateng akh kalo ada jajanan bango lagi…thx yah sharingnya…

    Post a Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: