Dinner with Peranakan Cuisine at Madam Kwok Resto

Malam itu aku mengunjungi Restoran Madam Kwok yang berada di area Food Society, Mal Kota Kasablanka untuk mencari masakan Peranakan di sana. Dari tampak depan terlihat restonya sepertinya luas tapi ketika masuk ke area dalam, hanya terdapat beberapa meja makan saja dan suasana di dalam sedikit sumpek rasanya. Akan lebih enak jika kita bisa duduk di area teras depan resto sehingga bisa melihat lalu lalang pengunjung saat menikmati makanan. Namun karena area teras luar resto sudah penuh saat itu, terpaksa aku mengisi salah satu sofa yang ada di dalam resto. Konsep restonya menarik dengan dekorasi interior cantik nan minimalis yang membawa unsur melayu dan chinese modern ke dalamnya.

Suasana di Madam Kwok

Madam Kwok memiliki spesialisasi menu masakan Peranakan yang mengkombinasikan teknik memasak dan bahan masakan Chinese dengan rempah-rempah yang biasa digunakan oleh masyarakat Melayu. Hasilnya membuat masakan Peranakan memiliki aroma dan rasa yang kuat serta berbeda dari masakan pada umumnya. Aku sempat mencoba beberapa menu diantaranya adalah :

  • Madam Sour, IDR 35K 
    Minuman ini merupakan best seller dan favorite drink di Madam Kwok. Rasanya enak sekali ada rasa manis bercampur asem-asem segar. Di dalamnya ada banyak potongan buah, seperti buah strawberry, jeruk nipis, dan jeruk bali. Sayang porsi gelasnya terlalu sedikit, tidak sesuai dengan harganya. Must try! 

Madam Sour

  • Otak Otak Perantau, IDR 26K
    Penyajian otak-otak ini cukup unik. Tercium harum batang serai yang digunakan sebagai tusuk satenya. Daging otak-otaknya dibuat dari daging ikan makarel yang diberi bumbu khusus ala Nonya, dilapis dengan tepung roti dan kemudian digoreng. Porsinya kecil tidak sesuai dengan gambarnya, tapi rasa otak-otaknya enak sekali apalagi ketika dimakan dengan saus cocolan pedas bercampur bawang putih yang disediakan. Recommended! 

Otak Otak Perantau

  • Laksa Nonya Kwok, IDR 37.500,- 
    Untuk main course, aku mencoba menu Laksa Nonya Kwok yang merupakan salah satu speciality menu di sana. Harum aroma rempah-rempahnya begitu kuat dan porsinya ternyata cukup banyak. Mie Laksanya seperti mie telor kuning namun dengan ukuran yang lebih tebal daripada biasanya. Kuahnya berwarna kuning kecoklatan agak kental dengan rasa pedas dan santan di dalamnya. Ada pula daging gurita dan beberapa buah daging udang yang cukup besar, serta sayuran tauge yang cukup banyak di dalamnya. Recommended! 

Laksa Nonya Kwok

  • Nasi Ayam Hainan, IDR 38K
    Menu lainnya yang menjadi pilihanku malam itu adalah Nasi Ayam Hainan yang juga merupakan salah satu speciality menu di sana. Seporsi nasi Hainan disajikan dengan beberapa potong daging ayam rebus, tumis sayuran pakcoy dengan garlic oyster sauce, dan taburan kremes di atasnya. Mereka pun juga menyediakan pelengkap untuk menu ini, seperti Hainan Chilli dan Hainan Ginger untuk dicampur ke dalam kuah kaldu ayam yang sudah disediakan. Rasa nasi Hainan ini tidak sesuai dengan ekspektasi aku. Rasanya kurang wangi dan kurang gurih, tapi daging ayam rebusnya enak juga, ada perpaduan rasa manis dan asin tapi rasa manisnya lebih mendominasi. Satu lagi hal yang disayangkan, porsi ayamnya kecil sekali, jauh berbeda dari gambar yang ada pada buku menu.

Nasi Ayam Hainan

Overall pengalaman makan aku di Madam Kwok ini cukup berkesan, servicenya bagus, pelayanan yang cepat dan rasa makanan yang aku coba semuanya enak. Akan tetapi aku kecewa dengan porsi makanan yang tidak sesuai, berbeda dari penampakan yang ada pada buku menu. Aku berharap hal ini bisa diperbaiki dikemudian hari agar pengunjung lainnya tidak memiliki ekspektasi yang sama seperti saat aku memesan dan menjadi kecewa saat melihat porsi menu yang ada pada gambar berbeda dengan penyajiannya.

Restoran Madam Kwok
Food Society Mal Kota Kasablanka, Lt. UG, Jl. Casablanca Raya Kav.88, Kuningan
Price Range : Rp. 30.000,- – Rp. 50.000,- 
Free Wifi : Yes
Power Plug In : Yes
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through :

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say “Hi”. Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

3 Comments

  1. saya mau sedikit mereview juga, saya pernah mencoba makan di madam kwok
    menurut saya menu yg harus di coba di restaurant ini sop buntutnya
    rasanya enak banget apa lagi buat yang suka pedas dan asam,
    rasanya seger bgt.

    Post a Reply
    • wah makasih ya infonya, lain kali kesana aku cobain deh sop buntutnya hihi.. 🙂

      Post a Reply
  2. I love yummy food, that way i need ur recommend. Thank..

    Post a Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: