[BANDUNG] Dapoer Pandan Wangi, Restoran Sunda Wajib Coba Bila di Bandung

Aku bukanlah orang Bandung, namun sesekali aku suka mengambil liburan singkat dengan melakukan wisata kuliner ke kota kembang ini. Restoran Dapoer Pandan Wangi di Patuha (Bandung) adalah salah satu restoran Sunda yang tidak boleh kalian lewatkan. Hampir saja aku lupa untuk berbagi cerita pengalaman kulinerku saat makan siang di restoran ini pada bulan Agustus 2015 kemarin. Entah restoran Dapoer Pandan Wangi telah berdiri sejak kapan, yang pasti, saat aku datang sudah tampak antrian panjang di depan restorannya.

Exterior Dapoer Pandan Wangi Bandung by Myfunfoodiary

Rasa penasaran pun semakin menjadi karena melihat antrian yang semakin bertambah panjang kala hari semakin siang. Padahal restoran ini berukuran cukup besar dan menampung banyak orang di dalamnya, bahkan ternyata area makan terbagi menjadi dua area. Ada meja-meja kayu sederhana dan ada area lesehan tanpa menggunakan AC di lantai dasar, dan ada pula area lantai 2 yang menggunakan AC. Untung saja, di sana tersedia beberapa kursi tunggu bagi tamu yang mengantri. Dan 1 jam kemudian, akhirnya kami bertiga pun mendapat tempat duduk yang tersedia di area makan lantai 1.

Tampak Antrian di Dapoer Pandan Wangi by MyfunfoodiarySuasana Dapoer Pandan Wangi Bandung by Myfunfoodiary

Karena matahari begitu terik, kami pun memesan Es Jeruk murni seharga Rp. 16.500,- untuk menemani acara makan siang kami.

Minuman at Dapoer Pandan Wangi Bandung by Myfunfoodiary Es Jeruk at Dapoer Pandan Wangi by Myfunfoodiary

Nah, untuk makanan, hampir semua menu ditawarkan dengan harga yang relatif murah menurutku. Meskipun tidak semuanya berupa masakan Sunda yang otentik, pilihan menu yang tersedia banyak sekali! Dan karena tergiur melihat pesanan di meja-meja lain, aku pun langsung bertanya kepada pelayan beberapa rekomendasi makanan andalan di Dapoer Pandan Wangi. Pada akhirnya, kami pun memesan banyak sekali, antara lain Perkedel, Sayur Asem, Ayam Ungkep, Ayam Bakar, Terong Raos, Ceker Bacem, Pepes Tahu dan Nasi Liwet Polos! Bagaikan orang kalap, hahaha.. Bagaimana tidak, menunggu saja sudah satu jam lamanya, dan baru mulai memesan makanan sekitar jam 13:20. Lafar bukan main!!! 🙁

Sambal Pete - Sayur Asem - Perkedel at Dapoer Pandan Wangi by Myfunfoodiary

Sambal Pete – Sayur Asem IDR 9.000 – Perkedel Kentang IDR 8.000

Harus aku akui, semua makanan yang aku pesan benar-benar enak! Perkedel (Bola Kentang) berbentuk bulat kecil-kecil ini enak dan lembut sekali. Meskipun sama-sama perkedel, namun rasanya berbeda bila dibandingkan dengan perkedel kentang pada umumnya. Terus terang saja, semenjak kecil hingga kini, aku tak pernah suka dengan menu masakan apapun yang terbuat dari Terong (EggPlant). Namun, KEAJAIBAN terjadi! Ha-ha.. Satu gigitan pada menu Terong Raos dan aku langsung jatuh cinta pada masakan ini! No kidding, guys! Terong Raos memiliki lapisan luar yang begitu garing dan crispy, gurih, sedikit pedas, dan sedikit manis karena ada lapisan caramel pada bagian luarnya. Bukan hanya itu, irisan cumi yang menjadi taburan bersama potongan cabe merah di atas Terong Raos memberi sensasi asin yang unik! Sungguh nikmat sekali, apalagi ketika disantap selagi masih panas!!! Terong Raos sudah terkenal menjadi menu wajib dipesan di Dapoer Pandan Wangi! Mantaaaaaap pisan euy!!!! A must try!

Terong Raos at Dapoer Pandan Wangi Bandung by Myfunfoodiary

Terong Raos IDR 18.500

Tak ketinggalan, satu porsi Ceker Bacem pun dengan lahap kuhabiskan hingga tak bersisa! Rasa dan bumbu bacem meresap sampai ke dalam lapisan daging ceker ayam, gurih bercampur manis, empuk dan lunak sekali ceker-nya membuat aku ketagihan! Bila kalian juga penggemar Ceker Ayam, pastikan untuk tidak melewatkan menu yang satu ini bila berkunjung ke Dapoer Pandan Wangi. A must try!

Ceker Ayam Bacem at Dapoer Pandan Wangi by Myfunfoodiary

Ceker Bacem IDR 19.500

Awalnya aku memesan Sup Ikan Gurame Kuah Merah, yang merupakan salah satu menu andalan mereka juga. Sayangnya, semua menu Gurame telah sold out siang itu. Maka kami pun mengganti pesanan dengan 2 buah Ayam Ungkep dan 1 buah Ayam Bakar. Meskipun tampak pucat, Ayam Ungkep juga segera menjadi favorit kami. Bumbunya meresap ke dalam daging, dan baik Ayam Ungkep maupun Ayam Bakar, keduanya sama-sama empuk dagingnya!

Ayam Ungkep dan Ayam Bakar at Dapur Pandan Wangi Bandung

Ayam Ungkep IDR 17.500/pcs – Ayam Bakar IDR 17.500/pcs

Pepes Tahu yang sederhana ini pun juga segera menjadi favorit kami. Aroma wangi yang tercium saat membuka daun pisang yang membungkusnya, semakin menambah kenikmatan saat menyantapnya bersama dengan Nasi Liwet yang kami pesan.

Pepes Tahu at Dapoer Pandan Wangi by Myfunfoodiary 01

Pepes Tahu IDR 6.000

Secara keseluruhan, kami puas sekali dengan semua makanan yang telah kami pesan di atas. Namun ada satu kekecewaan dari kami, yaitu pesanan yang datang terlalu lama dan memakan waktu hampir 1 jam lamanya!!! Sampai aku harus sering bolak-balik mengecek dengan pelayan tentang status makanan yang telah aku pesan. Untung saja, tidak ada satu pun hidangan yang membuat kami kecewa. Malah, kami ingin segera kembali lagi ke Dapoer Pandan Wangi sambil mengajak keluarga dan teman-teman, dan mengulang kembali semua pesanan di atas! Rasa makanannya enak, tempat yang nyaman, dan harga yang sangat terjangkau bagi semua kalangan, layak untuk menjadi destinasi kuliner teman-teman funfoodiers bila sedang berkunjung ke Bandung.

SUBSCRIBE NOW on Myfunfoodiary’s YouTube to see our Travel Tips Videos!

Click Here —> Backpacking Itinerary 2 Weeks in Japan Guide for your reference

Japan TIPS <— Click Here

Dapoer Pandan Wangi
JL Patuha, No. 38, Talagobodas, Bandung, Jawa Barat – Indonesia
Operating Hours: 10:00 – 22:00
——————————————————–
Follow Me To Get The Latest Hip Places To Visit through:

Sundanese Food for Lunch at Dapoer Pandan Wangi by Myfunfoodiary

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.