[NEW POST] Serunya #FoodPhilosophy Kuliner Betawi – Hemaviton Cardio & Chef Bara

Masih ingatkah kalian dengan keseruanku yang telah kalian lihat pada akun SnapChat-ku akhir pekan kemarin? Nah, di sini aku ingin berbagi cerita kepada kalian akan serunya trip kuliner #FoodPhilosophy bersama hemaviton Cardio dan Chef Bara Pattiradjawane menuju beberapa tempat kuliner yang legendaris dan tetap menjadi destinasi kuliner masyarakat Jakarta. Jadi, belum lama ini hemaviton Cardio mengadakan sebuah campaign InFoodGraphic dimana setiap peserta dapat mengupload foto makanan mereka setiap harinya untuk memenangkan jalan-jalan kuliner Betawi bersama dengan Chef Bara. InFoodGraphic sendiri adalah sebuah aplikasi (web dan mobile) yang dapat menghitung kadar kolesterol, gula darah, juga kalori dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Uniknya lagi, pengguna juga dapat melihat status kesehatan harian/mingguan/bulanan mereka hanya dengan meng-upload foto atau meng-input nama makanan. Nah, aku berkesempatan menjadi salah satu foodblogger yang menemani para pemenang #FoodPhilosophy untuk mengikuti trip kuliner Betawi ini. Dengan penuh semangat, rombongan #FoodPhilosophy trip dan tim hemaviton Cardio sudah bersiap menuju 4 lokasi kuliner yang telah ditentukan.

Soto Betawi Sambung Nikmat H. Ridwan yang berada di daerah Pondok Pinang, Jakarta Selatan menjadi destinasi kuliner pertama kami. Ternyata di sana, Chef Bara telah siap di lokasi dan menyambut ramah kedatangan semua peserta trip ini. Setelah memperkenalkan diri, Chef Bara kemudian bercerita sedikit tentang sejarah asal muasal Soto Betawi Sambung Nikmat H. Ridwan yang memiliki ciri khas kuah soto berwarna merah dan mereka hanya menggunakan daging has dalam minim lemak. Kuahnya begitu gurih nikmat, dan terasa sedikit pedas, disajikan lengkap dengan jeroannya, potongan tomat, taburan daun bawang, seledri, bawang merah goreng, dan emping. Sambil menikmati soto betawi, Mbak Verawaty Sitorus, selaku ahli gizi yang bekerja di RS Jakarta pun memberikan informasi penting bagaimana kita harus tetap menjaga pola hidup yang sehat meskipun adanya segudang aktivitas yang dilakukan.

Memang gaya hidup metropolitan seperti wisata kuliner yang sedang tren beberapa tahun belakangan ini, membuat banyak orang mengalami kesulitan untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsinya. Jujur, aku sendiri pun mengalaminya! Meski tak lagi sempat berolahraga rutin, aku berusaha untuk mengimbangi aktivitas kuliner dengan menjaga pola makan sehat dan memenuhi asupan gizi melalui suplemen multivitamin. Angka dari WHO menunjukkan bahwa di negara maju, penderita penyakit jantung dan diabetes sangat tinggi. Itulah mengapa PT. Tempo Scan Pacific Tbk menghadirkan produk hemaviton Cardio sebagai suplemen multivitamin yang diperkaya dengan Phytosterol yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, berguna untuk mencegah kolesterol sejak dini.

Setelah puas menikmati sarapan pagi, rombongan pun lanjut menuju destinasi kuliner kedua yaitu Rumah Baba yang berada di Cipete Raya, Jakarta Selatan. Pecinta kuliner Betawi pasti sudah tak asing lagi dengan Rumah Baba yang identik dengan rumah khas Betawi yang dicat hijau dan menghadirkan menu-menu otentik Betawi. Di sana, Chef Bara sempat melakukan demo memasak bagaimana cara membuat Ketupat Sayur Babanci yang masih sarat akan penggunaan rempah-rempah tradisional yang sudah mulai sulit didapat, seperti botor, kedaung, dan segenggam kecil daun tahi angin menjadi kunci kelezatan masakan ini. Masakan hasil kreasi Chef Bara sungguh menggugah selera, dan ternyata mudah sekali cara membuatnya! Konon, dinamakan ‘babanci’ karena bentuk hidangan ini tidak jelas, ujar Chef Bara sambil tertawa.

Namanya sayur, tapi tidak ada sayurnya. Soto bukan, gule bukan, kare pun juga bukan. Ha-ha.. Bahkan, aslinya hidangan ini disiapkan dengan kepala sapi dan ada pula versi yang dihidangkan dengan sate manis. Ternyata, memang dahulunya, menu ini dihidangkan hanya pada hari-hari spesial dan di meja para ‘bangsawan’ Betawi.

Chef Bara

Setelah makan siang dan menyantap beberapa hidangan khas di Rumah Baba, kami pun melanjutkan trip kuliner ke Ragusa Es Italia, salah satu tempat makan es krim legendaris di kota Jakarta yang berdiri sejak tahun 1932. Menu Spaghetti Ice Cream dan es krim Tutti Frutti tidak boleh kalian lewatkan bila berada di tempat ini, namun pastikan untuk memakai pakaian yang nyaman, karena kedai ini tidak menggunakan AC di dalamnya. Tak hanya itu saja, para peserta juga diajak untuk ber-selfie ria di Kota Tua (Old Batavia), salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Karena hujan deras mendadak turun, kami pun tak berlama-lama di sana.

 

Last but not least, trip #FoodPhilosophy ini berakhir dengan makan malam di Santai Malam 1001 Seafood Resto yang berada di Kelapa GadingJakarta Utara. Beragam hidangan seafood disajikan mulai dari Kepiting Saus Padang, Kerang Ijo Saus Pedas, Cumi Goreng Tepung, Udang Saus Tiram, dan beberapa sayuran seperti Tauge Cah Ikan Asin, dan Tumis Kangkung menjadi pelengkapnya. Sebelum santap malam dimulai, tampak semua peserta mengkonsumsi satu butir suplemen hemaviton Cardio lagi sesuai anjuran pemakaian. Mbak Vera menjelaskan bahwa hemaviton Cardio ini paling baik dikonsumsi pada saat atau setelah makan agar kolesterol dari makanan dapat terhalang masuk ke dalam darah. Selain itu, ada pula hemaviton GluCare yang dilengkapi dengan Nicotinenate yang dapat mengurangi kadar gula dalam darah dan menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes melitus.

Banyak sekali tips kesehatan yang diberikan oleh Mbak Vera dan Chef Bara yang membuat kami semakin aware untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dan untuk mencegah terjadinya stroke meski sering makan enak di luar. Kini aku tak khawatir lagi ketika sedang ber-kuliner ria, terutama ketika bersantap hidangan yang memiliki kolesterol tinggi (seperti kepiting, daging, dll) karena kandungan Phytosterol yang terbuat dari bahan alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah. Kandungan vitamin yang terdapat didalam hemaviton Cardio juga dapat menjaga tubuhku agar tetap sehat, tidak mudah sakit, selalu fit, dan tampil prima di setiap kesempatan. Thank you hemaviton Cardio for having us!

Follow my SnapChat to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here:

More info about Hemaviton Cardio

Facebook || Website || Instagram

 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: