[NEW SPOT] Fire Pot Restaurant Suki – New & Unique Concept at PIK Avenue

Hoooreeee! Akhirnya hari ini aku bisa main-main ke mall yang baru buka di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Yup, PIK Avenue yang baru saja dibuka pada tanggal 7 September 2016 lalu ini memang lagi ‘hype’ ceritanya. Sudah hampir 2 minggu sejak mall ini dibuka, siapa yang tidak penasaran coba? Ternyata belum semua toko buka lho, dan restoran yang baru buka saat ini hanya dua saja, yaitu Putien dan Fire Pot Restaurant yang lokasinya bersebelahan. Awalnya aku sudah mengambil waiting list di restoran Putien yang notabene adalah sebuah Michelin Restaurant yang dibawa oleh group GF Culinary. Namun karena melihat jumlah antrian yang begitu panjang, aku memutuskan untuk melirik restoran sebelah yang ternyata juga menarik banget!! Fire Pot Restaurant yang menawarkan aneka menu Suki ini rupanya adalah sebuah brand baru dari manajemen yang sama dengan May Star Restaurant, tentu kalian juga sudah familiar dengan brand tersebut kan?

Restoran tampak sudah penuh dengan pengunjung namun tidak dalam kondisi full house, karena waktu pun sudah menunjukkan jam 3 sore saat aku datang. Bersama dengan suamiku, Andy Pau, dan mama, kami memilih untuk duduk di meja yang terletak di area belakang restoran. Ternyata restoran ini memiliki area makan yang terbilang luas, dan terdapat lukisan mural yang menarik pada bagian depan serta dalam restorannya yang menjadi area photo spot bagi pengunjung Fire Pot PIK Avenue.

Pada masing-masing meja makannya, terdapat ipad dimana setiap pengunjung dapat langsung memilih dan melakukan pemesanan di alat tersebut. Kami semua sudah tergiur dengan pilihan menu suki-suki yang tersedia di sana, dan menurutku, harganya relatif terjangkau. Harga Suki termurah yang ditawarkan di sini adalah paket suki Ayam dengan harga mulai dari IDR 128K++. Ada beberapa pilihan suki dengan menu udang, lobster, dan kepiting rajungan, namun kami memutuskan untuk mencoba paket Suki Beef Special dengan harga 

IDR 138K++. Dan, bagi setiap pembelian set menu Suki, customer berhak untuk mengambil apa saja di area Vegetable Bar, dan free refill kuah Suki yang telah dipilih. Yay! Sayangnya, dari 6 pilihan kuah Suki yang tersedia di Fire Pot Restaurant, masih ada 1 kuah Suki yang belum siap yaitu Kuah Soto Chef Andy, yang bekerja di restoran ini. Dan dari sisa 5 pilihan kuah Suki yang ready; diantaranya ada Kuah Kaldu Ayam, Kuah Laksa, Kuah Tom Yam, Kuah Keju Istimewa, dan Kuah Kimchi, aku memutuskan untuk memesan Kuah Keju Istimewa, yang jarang disediakan oleh restoran suki-suki pada umumnya.

Entah bagaimana seharusnya, namun aku mendengar dari pelayan yang berbicara pada tamu di bagian depan; setiap pengunjung diharuskan untuk memesan satu set Suki. Hmmm, I’m not so sure about that part, tapi karena menurutku satu set Suki saja sudah cukup dan aku ingin mencoba beberapa menu lainnya, akhirnya aku menambah pesanan berupa Vegetable Bar saja seharga IDR 88K++. Pelayan yang bernama Mas Agus menjelaskan bahwa, dengan memesan ini, kami mendapat satu pilihan kuah Suki dan dapat mengambil apa saja di area Vegetable Bar sepuasnya! Nah di area Vegetable Bar ini, tak hanya nasi yang free refill lho, tapi di sana tersedia juga mie, aneka ragam sayuran, beberapa jenis jamur, telur ayam, telur puyuh, dan jagung manis. Yay! Banyak juga pilihannya! Nah, karena kami mendapat satu kuah Suki lagi, kami memilih untuk mencoba Kuah Tom Yam yang juga favorit di restoran Fire Pot.

Kedua kuah Suki yang kami pesan sungguh enak! My mom enjoyed both kinds of soup, but she prefers Tom Yam soup than the cheese one. Ha-ha.. Suamiku berpendapat netral karena dia menyukai keduanya, dan aku pribadi cenderung menyukai Kuah Keju Istimewa-nya! Bahkan saat aku sedang meng-edit foto-foto yang tersedia di dalam artikel ini, sudah membuat aku ingin kembali ke sana lagi demi menikmati kuah Keju Istimewa tersebut, ha-ha.. I love Suki, and the Cheese soup was simply delicious and comforting! Aroma harum keju langsung tercium saat kuah mulai mendidih melalui kompor elektrik yang tersedia di masing-masing meja makan. Kuah Keju Istimewa memang terasa lebih creamy, karena ada campuran susu juga di dalamnya. Namun rasa kejunya tetap ringan, dan tidak membuatku eneq meskipun sudah minum kuahnya dalam jumlah banyak. Sedangkan Kuah Tom Yam juga terasa lezat; ada rasa pedas ringan, asam segar, dan tidak terlalu gurih. Semua kuah pas rasanya di lidah! Bahkan semua daging yang telah matang, baik bakso sapi cincang, daging sapi iris lokal, dan lain-lain terasa enak, apalagi saat dimakan dengan cocolan Saus Suki dan Sambal Pedas yang disediakan.

Selain paket Set Suki Beef Special dan tambahan Vegetable Bar set, aku juga memesan dua buah menu Chef Signature Fire Pot yaitu Bola Kristal 4 Rasa (IDR 74.8K++) dan Ikan Koi Fire Pot (IDR 78.8K++). Ikan Koi-nya memang lucu banget! Sampai-sampai anak kecil di meja sebelah teriak-teriak ke maminya, “Mami…mau itu!” sambil menunjuk ke hidangan Ikan Koi yang aku pesan, Ha-ha.. Ikan Koi ini rupanya terbuat dari olahan daging cumi, dan warna hitam didapat dari tinta cumi, ujar si pelayan menjelaskan kepadaku. Karena ukurannya lumayan besar, kita harus memotong badan ikan dan kemudian memasukkan potongan-potongan ikan ke dalam kuah sup yang diinginkan. Ternyata, setelah matang, tekstur ikan Koi menjadi seperti bakso ikan, tapi karena bahannya dari cumi, aku menyebutnya sebagai Bakso Cumi. Teksturnya kenyal seperti bakso ikan, and surprisingly, tidak bau amis, dan enak juga lho, apalagi saat dimakan juga dengan Saus Suki Fire Pot.

Selain unik, Bola Kristal 4 Rasa juga enak lho! Rupanya, tekstur kulit luar bola kristal ini sama seperti kulit makanan Choipan (makanan khas Chinese dari Pontianak – Kalimantan, yang dikukus, dan berisi bengkoang, kucai, ubi, dan juga kacang). Ke-empat bola kristal memiliki kulit putih lembek nan kenyal seperti kulit Choi Pan, namun isinya berbeda-beda. Ada yang berisi bengkoang saja seperti Choi Pan pada umumnya, ada yang berisi Ayam Charsiu, Ayam Lada Hitam (black pepper chicken), dan Kacang Hijau. Nah, pada Bola Kristal yang berisi Kacang Hijau, tercium aroma pandan yang harum, isinya mirip seperti isian pada bola onde-onde yang biasa kami makan di restoran Nelayan. Enak semuanya!

Overall, kami puas dengan pengalaman makan siang dengan set menu Suki, Ikan Koi Fire Pot, dan Bola Kristal 4 Rasa di restoran Fire Pot PIK Avenue hari ini and we spent a total of IDR 485K for everything! Pelayanan yang ramah, dan rasa makanan yang enak-enak, including the tasty soup, membuat aku ingin segera kembali ke restoran ini bersama keluarga untuk mencoba Kuah Keju Istimewa lagi. And hopefully, Kuah Soto Chef Andy will be ready by that time. Bila kalian penggemar makanan Suki seperti ini, dan mencari sebuah pengalaman yang seru atau berbeda, Fire Pot Restaurant bisa dijadikan salah satu pilihan destinasi kuliner bersama keluarga ataupun pasangan di daerah PIK (Pantai Indah Kapuk), Jakarta Utara.

Follow my SnapChat to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Fire Pot Restaurant, PIK 

Mall PIK Avenue, Jl. Pantai Indah Kapuk (PIK), Kamal Muara, Penjaringan, Jkt Utara

Phone: +62 21 22570833

Operating Hour: 10:00 – 22:00

Instagram || Facebook

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say “Hi”. Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers: