10 Kuliner Bakmi Favorit & Enak Wajib Kamu Coba di Jakarta

Yay! Akhirnya setelah 2 minggu berpetualang hunting spot kuliner tempat makan Bakmi enak-enak baik yang mengandung Babi (Noodle Pork) Non-Halal maupun Bakmi HALAL enak di Jakarta, inilah hasilnya! Nah, sebelumnya aku mau tanya dulu nih, pernahkah kalian merasa bosan dengan makanan-makanan ala cafe di Jakarta? Bila ya, toss dulu donk! Akhir-akhir ini pun aku mengalaminya, dan saat tetiba kangen makan bakmi, kami berdua malah jadi keranjingan makan bakmi terus! Alamak, entah kenapa (mungkin karena belakangan sering traveling ke luar), dalam 2 minggu terakhir ini aku dan suami jadi lebih sering craving for pork noodle yang ada di Jakarta! Ha-ha.. Dan berkat banyaknya rekomendasi yang masuk dari teman-teman via Direct Message di Instagram-ku minggu lalu, kami berhasil mencoba beberapa spot kuliner tempat makan Bakmi Non-Halal dan sebagian tempat makan Bakmi HALAL juga – yang enak dan jadi favorit kalian di Jakarta. Yay, senangnya! Nah di sini, semua rekomendasinya dan beberapa bakmi yang jadi favorit kami, aku kumpulkan jadi satu agar teman-teman juga bisa ikut mencobanya. Dan seiring berjalannya hari-hari, aku akan melakukan update untuk list kuliner bakmi di bawah ini. So, happy hunting guys!

1. Mie Asiu, Kelapa Gading

Sudah bukan rahasia lagi bahwa di area Kelapa Gading, banyak sekali tempat makan bakmi enak, dan inilah salah satunya, Bakmi Asiu yang menempati posisi teratas untuk bakmi paling favorit saat ini di antara semua Bakmi yang pernah kami coba di Kelapa Gading! Dengan harga yang kurang lebih sama dengan pedagang bakmi karet lain, kami menemukan bahwa porsi bakmi karet disini lebih banyak terutama bila kalian memesan Bakmi Karet Istimewa (IDR 48K size M). Tekstur bakmi karetnya memang enak, kenyal, dan tidak lembek, dengan aroma minyak wijen tercium harum, dan toppingnya super generous! Dalam porsi istimewa ini terdapat 4 macam topping yang menggiurkan mulai dari Babi Panggang yang kulitnya garing banget, Chasiu Merah, Bak You Phok (garingan minyak babi kecap), dan Babi Cincang, mantap banget! It’s porky goodness, setelah pertama kali mencobanya tahun lalu di 2017, kami jadi sering mampir ke tempat ini, makan di tempat, dan bungkus beberapa untuk keluarga di rumah. Pssst, suikiaw kuah dan pangsit rebusnya juga favorit! Highly recommended!

Bakmi Asiu

Jalan Kelapa Kopyor Raya Blok Q 1 No. 10, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara

Opening Hour: 6:30AM – 4:30PM (Close on TUESDAY!)

Price: starts from IDR 45K

Phone: 0838-7129-5954

2. Bakmi Holiaw, Kelapa Gading

Yay, akhirnya kesampaian makan di Bakmi Holiaw! Untung saja saat tiba hari Sabtu ini, tempat makannya tidak terlalu rame dan kami masih mendapat table untuk makan di sana. Di sini, kami mencoba menu signature-nya yaitu Mie Campur Komplit + Bacon (IDR 45K) satu porsi dengan bakmi karet, dan satu porsi lagi dengan bakmi keriting. Di antara keduanya, aku pribadi lebih menyukai tekstur bakmi karetnya daripada yang keriting. Tidak terlalu keras, pas kenyalnya dan bumbunya enak, sekali makan langsung suka! Topping baconnya banyak, dan semua dagingnya enak-enak meskipun potongan siobak-nya agak kecil-kecil untuk harga segini, still it’s fine for me! Bakso gorengnya standard, tapi lebih enak daripada yang dijual oleh Bakmi Gading Permai, karena di sini bakso gorengnya digoreng lagi dan disajikan hangat, dan siomay babinya juga not bad, will revisit next time!

Bakmi Holiaw

Jalan Kopyor Raya Blok Q1 No. 14, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara

Opening Hour: 8:00 AM – 02:00 PM (Close every Monday!)

Price: starts from IDR 45K

Phone: 0813-1058-1188

3. Bakmi Aliang Gg 14, Pademangan

Aha, tempat makan ini sungguh hidden gem banget dan ternyata mereka sudah memulai usahanya sejak 28 tahun lalu. Dimulai dari rumah kecil di gang sempit no. 14 pademangan, kini Bakmi Aliang Gg 14 menempati rumah besar terdiri dari 2 lantai, dan juga sudah memiliki beberapa cabang lain, yaitu di Mangga Dua, dan Kelapa Gading (sederetan Gereja Tiberias)! Rasa penasaran semakin menjadi saat memasuki gang sempit namun banyak sekali mobil yang mengantri parkir hanya untuk makan siang di sini. Tempatnya full house meskipun kami berkunjung di hari biasa (bukan weekend), dan di sini kami pesan Bakmi Komplit (lengkap dengan Pangsit dan Baso Fukian, IDR 49K) dan seporsi Tahu Kok (IDR 35K) yang juga merupakan menu andalan mereka. Berbeda dengan tempat makan lainnya, Bakmi khas Bangka ini memiliki tekstur halus, kecil-kecil, disajikan hanya dengan daging babi cincang di atasnya. Sekali coba bakminya, kami langsung ketagihan akan aroma minyak babi yang cukup strong, dan flavorful taste pas di lidah, tidak keasinan. Tahu Kok-nya juga enak, apalagi saat diberi taburan bawang goreng, sambal tauco, dan jeruk nipis yang tersedia di setiap meja. Alhasil, kami membeli 2 bungkus Bakmi Pangsit (IDR 28K each) untuk dimakan lagi di rumah. Ha-ha… Harga bakmi yang murah dan mengenyangkan, dengan citarasa bakmi yang enak, Highly recommended!

Bakmi Aliang Gg 14 Pademangan

Jalan Pademangan II Gang 14 No.26, Pademangan, Jakarta Utara

Opening Hour: 7:00 AM – 05:00 PM (Close every Monday!)

Price: starts from IDR 28K

Phone: (021) 640.2356

4. Ncek Legenda Noodle Bar, Kelapa Gading

Bakmi Ncek Legenda cepat menarik perhatian penggemar bakmi karena di sini disediakan porsi menu dengan nama unik, mulai dari porsi Camat, Gubenur, Presiden, dan Kaisar, cocok sekali untuk teman-teman yang hobi makan banyak! Karena speciality mereka adalah mie karet, kami pun memesan Bakmi Karet Spesial ukuran Camat (110gram, IDR 37K). Porsi Camat memang standard untuk 1 orang tapi kami surprise, menurutku ini banyak lho bahkan bisa dibagi berdua! Mie karetnya tidak setebal umumnya, terasa biasa bagi kami dan rasanya sedikit keasinan, namun toppingnya yang penuh menutup di atas bakmi langsung jadi primadona, mulai dari daging ayam, babi cincang, bacon, charsiu, dan babi panggang! Nah, Suikiaw Kuah (IDR 15K)-nya malah enak banget; seporsi dapat 3 buah Suikiaw yang terbuat dari kombinasi daging babi cincang dan udang yang padat, rasa gurih pada kuahnya juga pas karena mereka menggunakan kaldu tulang babi!

Ncek Legenda Noodle Bar

Jalan Hybrida Raya Blok QK 1 No. 16, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Opening Hour: 7:00 AM – 09:00 PM (Monday close early at 4PM)

Price: starts from IDR 37K

Phone: (021) 4527.824

5. Pangsit Mie Palu Babi Tore, Kelapa Gading

Saat tiba di sini, tempatnya lagi dalam keadaan full house padahal kami datang 30 menit terakhir sebelum tempat makannya tutup. Setelah mengantri kurang lebih 15 menit, akhirnya kami pun mendapat meja. Pilihan menunya terbagi menjadi 2, ada yang versi special (topping daging lebih banyak), dan ada juga versi biasa. Untuk porsi dapat dipilih, mulai dari porsi kecil, besar, dan jumbo. Di sini kami memesan Mie Pangsit Kecil Spesial (IDR 45K) dan benar saja, meski yang dipesan ukuran kecil, ternyata size penyajian mienya cukup banyak. Tekstur mie khas Sulawesi ini agak gendut dan kenyal, mirip seperti mie spaghetti, agak licin gitu. Topping ayam, babi merah, dan babi panggang yang dimasak dengan cara Tore khas Palu berlimpah ruah di atas mangkok, lengkap dengan pangsit goreng dan pangsit rebusnya. Waw! Aku pribadi kurang menyukai tekstur mie yang seperti ini, but we loved all the toppings, apalagi babi tore-nya kriuk banget saat dimakan!

Pangsit Mie Palu (Babi Tore)

Jalan Kopyor Raya Blok W1 No. 7, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Opening Hour: 7:30AM – 4:30PM

Price: starts from IDR 45K

Phone: 0813-4055-3322

6. Bakmi Gading Permai, Kelapa Gading

Meskipun restoran Bakmi Gading Permai baru buka awal tahun 2018 ini, tapi menu bakminya sudah menarik perhatian para penggemar porky noodle. Menu andalan mereka yang kami pesan tentu saja Mie Ujung Pandang, tersedia dalam 2 jenis mie: bisa pesan mie kecil halus, atau yang normal. Kami memesan sesuai standardnya, dan ternyata porsinya besar lho! Tekstur mienya mirip seperti mie karet, dan yang menarik perhatian kami adalah topping babi merah yang diiris memanjang ini masih tercium harum aroma panggang-nya! Karena aku pesan yang Mie Ujung Pandang Besar Special (IDR 40K), mie ini disajikan lengkap dengan topping ayam rebus, pangsit goreng, pangsit rebus dengan daun selada. Untuk topping tambahan, kami juga memesan bakso goreng namun bakso ini tidak garing dan rasanya biasa saja. Selain Mie Ujung Pandang, kami juga memesan menu lain seperti Bihun Siram, porsinya banyak tapi tidak terlalu spesial bila dibandingkan dengan Mie Ujung Pandangnya!

Bakmi Gading Permai

Jalan Boulevard Raya Kelapa Gading Blok PD 1 No.5 – 6, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Opening Hour: 7:00 AM – 12:00 AM

Price: starts from IDR 30K

Phone: (021) 4585-3059

7.Bakmi Ayam Rebus Phak Cam Kee, Kelapa Gading

Untuk penggemar bakmi ayam kampung, mungkin sudah tak asing lagi dengan tempat makan yang satu ini, Bakmi Ayam Rebus Phak Cam Kee. Meskipun lokasinya agak tersembunyi, dan harus masuk ke kompleks perumahan di seberang Al Azhar Kelapa Gading, tempat makan bakmi legend yang sudah exist sejak 30 tahun lalu ini selalu penuh pengunjung dan cepat habisnya, maka dari itu jangan datang kesiangan kalau mau makan di sini. Tekstur bakminya khas, agak tebal, garing dan kenyal seperti mie karet, disajikan dengan topping ayam kampung yang besar-besar dan banyak potongannya! Topping ayamnya juara, bisa pilih mau potongan daging paha atau dada, berasa banget gurih kaldu ayamnya, dan kita selalu pesan kuah sayurnya juga, enak banget! Highly recommended!

Bakmi Ayam Rebus Phak Cam Kee

Jl. Kelapa Puan Timur IV, Blok NF 4 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Opening Hour: 6:00 AM – 13:00 PM

Price: starts from IDR 45K

Phone: (021) 452-8151

8. Bakmi Karet Krekot, Kelapa Gading & Krekot (Pasar Baru) – HALAL

Ini dia nih salah satu tempat makan bakmi langganan bokap! Tempat makan bakmi ini sudah terkenal lama sejak mereka membuka usahanya pertama kali di jalan Samanhudi (Sawah Besar, Pasar Baru), dan kami mengunjungi cabang mereka yang ada di Kelapa Gading. Menu yang ditawarkan memang hanya Bakmi Ayam saja dengan pilihan jenis mie yang bervariasi; bisa keriting, lebar, atau karet, tapi di sini, kami mencoba menu andalan mereka yaitu Bakmi Ayam Karet dan Bakmi Ayam Karet Halus (masing-masing seharga IDR 35K). Tekstur mie seperti ini yang kami suka, boleh dibilang bakmi karetnya dimasak al-dente, tidak terlalu lembek, alot dan agak kenyal namun tetap enak saat dimakan! Kuahnya pun gurih karena dimasak dari rebusan ayam kampung, dan yang kami suka, potongan daging ayam kampung yang empuk dapat kami pilih, antara bagian paha, atau dada! Meskipun jumlah daging ayamnya tidak seimbang dengan jumlah bakminya yang banyak, but still this place is recommended buat teman-teman yang ingin kuliner Bakmi Ayam di Kelapa Gading!

Bakmi Karet Krekot

Blok No. 7 Kelapa Gading -Tanjung, Jl. Boulevard Raya Blok PA No.19, Jakarta Utara

Opening Hour: 7:00 AM – 6:00 PM

Price: starts from IDR 35K

Phone: (021) 4504393

9. Huang Noodle Bar, Pantai Indah Kapuk (PIK)

Nah, ini dia salah satu brand bakmi yang terbilang masih baru, tapi ternyata bikin puas lho, baik dari segi rasa maupun porsi penyajiannya. Meskipun tempatnya kecil, tapi suasana di sini nyaman dan ber-AC karena mereka gabung dengan coffee shop HeBrews yang berlokasi di PIK 2. Bila dilihat harganya, memang seporsi Bakmi Spesial (IDR 60K) cukup mahal, tapi ini sebanding dengan jumlah porsi bakminya yang banyak, dan topping berlimpah, mulai dari ayam kampung suir, charsiu manis, samcan gurih dan tidak terlalu berminyak, babi cincang, dan bastik yang garing! Kami memilih bakmi karet dan suka dengan tekstur bakminya yang kenyal pas tidak terlalu keras. Sayangnya saat itu mereka kehabisan telur, jadi kami diberi extra bastik lagi sebagai compliment. Bastiknya garing dan kriuk banget, ini sebetulnya bakso goreng tapi mereka potong-potong dan goreng lagi sehingga teksturnya kriuk saat digigit! We’re satisfied with their noodle, highly recommended!

Huang Noodle Bar

Jl. Pantai Indah Utara 2, Ruko Metro Broadway Plaza No. 9AA, Pantai Indah Kapuk (PIK)

Opening Hour: 8:30 AM – 15:30 PM

Price: starts from IDR 50K

10. Bakmi Ahau Lanang, Taman Ratu – Greenville

Bakmi Ahau Lanang ternyata merupakan cabang dari Lampung, dan mereka baru saja pindah dari lokasi lama di Tanjung Duren (Jkt Barat) ke tempat baru berupa ruko kecil di daerah Taman Ratu, Greenville. Di sini, kami pesan Bakmi Komplit (IDR 50K) dan isinya super komplit lho, mulai dari charsiu, babi panggang, bakso, pangsit kuah, potongan pangsit goreng yang kriuk, dan bak you phok-nya (ampas gorengan minyak babi)! Tekstur mie Lampung ternyata tipis mirip seperti mie Bangka, namun dengan citarasa gurih yang nikmat! Porsi banyak, rasa enak, dan harga terjangkau!

Bakmi Ahau Lanang

Jl. Taman Ratu Indah No.22, RT.9/RW.13, Greenville, Jakarta Barat

Opening Hour: 6:00 AM – 07:00 PM

Price: starts from IDR 50K

Phone: 0856-9569-3633

Bicara kuliner bakmi sepertinya gak akan ada habisnya, karena masih banyak tempat makan Bakmi enak di Jakarta nih, guys! Berikut ini aku akan share beberapa tempat makan bakmi enak that we’ve tried in the past but still good until now, check it out! Bila bakmi favoritmu belum masuk ke dalam list ini, yuk share di bagian comment ya..

11. Bakmi Tambo, Muara Karang

13. Bakmi LamLo, Muara Karang

15. Bakmi Kepiting Ahok 36, Pangeran Jayakarta

17. Bakmi Keriting Pematang Siantar, Pluit Sakti Raya

12. Bakmi Agoan, Puri Indah

14. Bakmi Keriting Siantar Ahan, Pasar Puri Indah

16. Bakmi Asui, Tanjung Duren

18. Bakmi Siantar 19, Muara Karang

Kalau kamu punya Bakmi favorit yang belum masuk list ini, langsung komen di bawah ini ya…

Follow my Insta Stories to see the live updates: MyfunfoodiaryMas

or FIND ME here: 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Leave a Reply

DMCA.com Protection Status
Follow

Get every new post on this blog delivered to your Inbox.

Join other followers:

%d bloggers like this: