[KULINER SEMARANG] 5 Tempat Makan Enak Murah Wajib Dicoba

Semarang memang terkenal akan kuliner khasnya seperti Lumpia Semarang, Tahu Pong, kuliner malam Semawis, Lekker Paimo, dan lain-lain. Nah kali ini, kami mencoba sesuatu yang lain; masih dengan makanan yang murah, meriah, enak dan harus kamu coba saat berlibur ke Semarang. Seperti biasanya, setiap kali pergi traveling road trip ke pulau Jawa, kita selalu mampir mengunjungi tempat makan yang hits di kotanya, termasuk saat kami mengunjungi kota Semarang di bulan Juli 2018 lalu. Sebagai kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, kota Semarang menawarkan aneka ragam kuliner seru dan menarik untuk dicoba. Oleh karena itu, khusus di artikel ini, kami akan share pengalaman kuliner kami mengunjungi beberapa tempat makan yang selalu ramai oleh penduduk lokal dan dicari oleh wisatawan.

1. Java Loenpia

Dulu kami sering sekali membeli Lumpia Gang Lombok No. 11 yang boleh dibilang pelopor lumpia di ibu kota Jawa Tengah itu. Namun belakangan, cita rasa lumpia ini kurang sesuai lagi; jadi kurang enak dan terlalu berminyak ketika digoreng. Akhirnya kami mencoba satu tempat makan lumpia yang direkomendasikan oleh followersku melalui DM Instagram, dan memang, lumpia semarang di sini boleh dibilang fotogenik, lihat saja penampilannya. Ukurannya juga termasuk besar, isinya padat, tidak terlalu berminyak, dan yang pasti, aroma rebung di dalam adonannya tidak berbau pekat. My mom in law who doesn’t even like eating Lumpia Semarang, she finished 1 plate alone and she loved it! We all enjoyed it, and will come back next time!

Java Loenpia

Jalan Dokter Cipto No.115A, Karangturi, East Semarang, Semarang City

Opening Hour: 5am – 9pm

Price:
– Loenpia Basah/Goreng Ori = Rp. 13.000,-/pcs
– Loenpia Paket Hemat = Rp. 45.000,-/5 pcs

Phone: 0812-2867-8999

Instagram

2. Waroeng Kaligarong

Sebagai penggemar bebek goreng, tentunya kalian tidak boleh melewatkan tempat makan ini. Waroeng Kaligarong ini terbilang rumah makan yang masih baru di kota Semarang namun selalu ramai oleh pengunjung lokal maupun wisatawan dari luar kota. Tempatnya luas, dan harga makanan cukup terjangkau, seperti menu andalan yang kami pesan di sini: Paket Combo Mangga 2 Bebek seharga IDR 35K, dan Bebek Mangga Muda (setengah ekor, IDR 31K). Di paket combo tersebut, kami sudah mendapat potongan bebek goreng, tahu, tempe, telor, dan sambal mangga. Kedua potongan bebek ini ternyata super empuk sesuai dengan slogan yang mereka jual, tidak berbau, dan enak sekali rasanya, apalagi saat dimakan dengan sambal mangganya yang aduhai pedasnya! Untuk minuman, kami juga mencoba Es Kelapa Jeruk (IDR 15K) dan Ice Asem Aren (IDR 12K) yang keduanya recommended untuk dicoba, seger banget! Adapun Bebek Sambal Matah juga merupakan menu andalan di sini, sayangnya saat itu sambal matah-nya habis dan tidak ready lagi, alhasil kami hanya sempat mencoba menu Bebek Sambal Mangga. Will return back again for more!

Waroeng Kaligarong

64, Jl. Mayor Jend. D.I. Panjaitan, Brumbungan, Kota Semarang

Opening Hour: 10am – 10pm

Price: starts from IDR 35K

Phone: (024) 355 5300

Instagram

3. Angkringan Blendoek

Ada yang sudah pernah mampir ke Angkringan Blendoek? Bila ya, tentu kalian sudah tak asing lagi. Berkat lokasi yang strategis dan jam operasional yang panjang (buka hingga tengah malam setiap hari), tempat makan ini jadi langganan nongkrong anak muda Semarang. Saat tiba malam itu, suasana di Angkringan Blendoek ini tampak ramai sekali, sulit sekali mendapat meja makan. Antrian panjang pun terlihat dari kejauhan, semua dengan sabar menanti giliran untuk memilih aneka hidangan yang disediakan. Rupanya, menu di sini berupa nasi kucing seperti nasi cumi, nasi ayam bumbu rujak, oseng kikil, ayam balado, babat gongso, aneka sate, dan beberapa makanan tradisional, seperti kue lapis, kue apem, dan lain-lain. Pastinya, harga makanan dan minuman di sini serba murah!! Citarasa masakan di nasi kucingnya mostly enak-enak dan cenderung pedas, tapi porsi nasi kucingnya memang kecil sekali dengan topping isian hanya 1-2 potong daging saja di masing-masing menu; tidak murah juga, tapi seru juga apabila dinikmati bersama teman-teman.

Angkringan Blendoek

Jl. Gajahmada no 138, Semarang (ex Hotel Telomoyo)

Opening Hour: 5pm- 12am

Price: starts from IDR 4.000,-

Phone: 0856-4039-0776

Instagram

4. Kue Bandung Thien Thien Lay

Nah ini dia martabak yang aku cari! Berkat rekomendasi dari followersku di Instagram, akhirnya kesampaian juga kami memenuhi craving Martabak enak saat berlibur ke Semarang. Kedai martabak yang notabene merupakan kedai martabak manis tertua di Semarang ini sudah terkenal sejak 1981, dan sekilas tidak terlihat istimewa, karena lokasinya hanya di pinggir jalan Thamrin dengan gerobak khas-nya. Untung saja meski lagi libur Lebaran, mereka tetap buka, yes!! Di sini tidak tersedia meja makan lho, jadi hanya ada bangku plastik tempat orang duduk mengantri pesanan dan saat kami tiba, memang ramai sekali. Alhasil, kami menunggu 45 menit demi seporsi Martabak Hitam Manis dengan topping separuh-separuh: separuh keju, separuh cokelat kacang dengan harga total Rp. 100.000,-. Selain wangi, tekstur dan ukuran kue bandung yang biasa kita sebut Martabak ini berukuran cukup tebal, dan yang paling kita suka adalah topping berlimpah di dalamnya. Bahkan meski dibiarkan lama, martabak hitam manis ini masih empuk sekali, garansi 24 jam kata penjualnya! Wah, recommended banget deh! Mereka juga terkenal akan kue pukisnya, namun sayangnya kami tidak sempat mencobanya saat itu, but we’ll return back again soon!

View this post on Instagram

πŸ†•πŸŽ₯ #mffdvideo 😍 Finally! We went to one of the best & popular spots for #kuebandung to satisfy our late night cravings in #semarang 🀀 . Recommended: We tried the HITAM MANIS version with chocolate & peanuts (IDR 110K) + cheese (IDR 80K), and because we ordered half-half, it costs IDR 95K in total. The martabak was absolutely delish! #martabakmanis nya tebal, dengan filling toppings yang generous melimpah ruah. A bit pricey but it’s worth to pay! πŸ’• . #myfunfoodiary #myfunfoodiarySemarang #TravelwithMyfunfoodiary . . . . . . #thienthienlay #martabak #igvideo #foodvideo #sweettoothsatisfied #videoftheday #videoshow #exploresemarang #videokuliner #vloggers #contentcreators #votd #semarangfood #semarangculinary #instavideos #videograms #bestvideooftheday #videodiary #videoviral #forahappymoment #travelvlog #kulinersemarang #semaranghits

A post shared by Mullie & Andy |Food ✈️ Blogger (@myfunfoodiary) on

Kue Bandung Thien Thien Lay

Jl. MH Thamrin No.67, Miroto, Semarang Tengah, Jawa Tengah

Opening Hour: 5pm- 10.30pm

Price: starts from IDR 50K

Phone: 0816-4880-207

Instagram

5. Nasi Goreng Babat Gongso Pak Taman

Tahukah kamu, di Kota Semarang juga terkenal akan masakan Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso? Nah, di kota ini, sebetulnya ada banyak penjual Nasgor Babat, salah satunya yang terkenal adalah Nasi Goreng Babat Pak Taman yang lokasinya ada di selatan Stadion Diponegoro (depan kantor BPN), dan bukan main, saat kami datang ke sini, tempat makannya sudah full house meski hanya berupa tenda pinggir jalan. Menu andalan yang kami pesan tentu saja Babat Gongso dan Nasi Goreng Babat-nya. Jeroannya bisa kalian pilih sendiri, dan bumbunya memang enak, masih gaya Jawa dengan rasa manis yang kental, namun pedas yang bisa disesuaikan dengan permintaan pembeli. Aroma masakan begitu harum, apalagi saat disajikan di atas piring yang diberi alas daun pisang. Porsinya pas, namun harganya terbilang cukup mahal, sekitar Rp.

Nasi Goreng Babat Gongso Pak Taman

Jl. Stadion Selatan, Karangkidul, Semarang Tengah, Jawa Tengah

Opening Hour: 6:30AM – 4PM

Price: starts from IDR

Phone: 0818-243-979

Overall, it was really a fun culinary trip to Semarang again. I will share more recommendations in my upcoming post, stay tuned and thank you for reading!

Follow my Insta Stories to see the live updates: Myfunfoodiary

or FIND ME here: 

Author: myfunfoodiary

Myfunfoodiary as Indonesian Food and Travel Blog was born in July 2012 and has become one of the valuable online source for locals, tourists, food enthusiasts and industry professionals. It is a Jakarta based Food and Travel Blog managed by Mullie Marlina, a young, lovely, cheerful and blessed wife who loves to share her culinary and travel experiences through her writing. You’ll find her honest reviews, valuable suggestions, objective ratings and recommendation of eateries in Jakarta and selected cities in Indonesia and abroad. Her curated restaurant reviews are based on her meticulous inquiries and her rich dining experience in various restaurants in Jakarta. She has also traveled to different cities and countries where she finds interesting and inspiring dishes, cuisines and excellent dining ambience which she also included in the list. From recommendations, restaurant experiences, events, travel destinations, and recipes, readers will find anything food related in this website. She would really appreciate your feedback, and would love to hear about any suggestions, events regarding food, or just to drop in to say "Hi". Again, thank you so much for dropping by, and she hopes you enjoy reading her journal. Thank you so much for all your supports! God bless you! ^_^

Share This Post On

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.